Alasan Mengapa Menghabiskan Waktu di Luar Rumah Bermanfaat Bagi Kesehatan

Berada di luar ruangan meningkatkan aktivitas fisik sekaligus mengurangi stres, tekanan darah, dan detak jantung juga.

oleh Camelia diperbarui 09 Jul 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi jalan kaki di pagi hari
Ilustrasi jalan kaki di pagi hari. (Photo by Kate Joie on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan waktu di luar rumah diperlukan untuk kesejahteraan kita karena bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik kita. Berada di luar ruangan meningkatkan aktivitas fisik sekaligus mengurangi stres, tekanan darah, dan detak jantung juga. 

Para peneliti bahkan telah menemukan bukti bahwa tinggal di dekat ruang hijau dapat mengurangi kemungkinan memperoleh tekanan emosional. Namun, meski tidak banyak tanaman hijau di sekitar, mendapatkan sinar matahari dan udara segar dapat membuat Anda merasa lebih baik secara fisik dan mental. Dilansir dari Health Fitness Revolution berikut ini sederet manfaat kesehatan menghabiskan waktu di luar ruangan yang bisa kalian dapat:

Meredakan Stres

Beristirahat dari pekerjaan sangat penting untuk kesejahteraan Anda. Menurut New York Times, beristirahat dari rutinitas yang membuat stres dapat meningkatkan kreativitas, produktivitas, dan perhatian seseorang. 

Sebaliknya, bekerja tanpa istirahat dapat menyebabkan stres dan kelelahan kronis. Ketika Anda menggabungkannya dengan keuntungan kesehatan dan pengurangan stres dari menghabiskan waktu di luar, Anda bisa melakukan tamasya luar ruangan yang ampuh, menghilangkan stres, dan memicu kreativitas. Tingkat aliran darah dari hormon stres kortisol diturunkan setelah menghabiskan waktu di luar juga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Mengurangi Lemak Usus
Ilustrasi Tubuh Sehat Credit: pexels.com/pixabay

Berada di dalam rumah terus menerus mungkin berbahaya bagi sistem kekebalan Anda. Ketika sistem kekebalan ditantang secara teratur, ia bekerja secara optimal. Itu tidak terjadi saat kita berada di dalam ruangan.

Sebuah studi melihat efek dari mandi hutan pada fungsi imunologi. Perjalanan tiga hari ke hutan meningkatkan jumlah sel darah putih dalam darah sekelompok orang Jepang. 

Jumlah sel darah putih ini meningkat selama lebih dari 30 hari setelah pengalaman mereka di hutan. Sel darah putih adalah komponen penting dari sistem kekebalan tubuh Anda. Mereka membantu tubuh Anda melawan infeksi dengan mengidentifikasi penyakit dan penyerbu berbahaya menggunakan antibodi. 

Berjalan-jalan di luar ruangan dapat membantu memperkuat kekebalan Anda dan membuat Anda tetap sehat. Peningkatan kekebalan adalah keuntungan utama dalam gaya hidup sehat untuk orang dewasa yang aktif dan anak-anak yang sedang berkembang. Liburan rutin ke alam liar dapat membantu kemampuan melawan kuman bawaan tubuh Anda.


Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengubah Posisi Tidur
Ilustrasi Mendapat Mimpi Buruk Credit: pexels.com/pixabay

Biasanya, jam internal tubuh Anda mengikuti matahari, membuat Anda merasa terjaga di siang hari dan lelah di malam hari. Meskipun pencahayaan buatan dapat mensimulasikan cahaya alami, sinar matahari langsung memiliki intensitas 200 kali lipat dari lampu kantor di lingkungan terbatas.

Akibatnya, sinar matahari memiliki pengaruh lebih besar pada siklus sirkadian Anda daripada lampu listrik. Mengekspos diri ke sinar matahari dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dengan membuat Anda merasa lebih lelah di malam hari, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur, dan meningkatkan kualitas tidur Anda.


Meningkatkan Konsentrasi

Orang Produktif Fokus Pada Satu Pekerjaan, Orang Sibuk Berusaha Multitasking
Ilustrasi Fokus Pada Pekerjaan Credit: pexels.com/pixabay

Studi telah menunjukkan bahwa paparan ke area alami meningkatkan perhatian pada populasi umum. Menurut sebuah studi tahun 2009, hal ini juga berlaku untuk anak-anak yang memiliki gangguan pemusatan perhatian. Anak-anak dengan ADHD tampil lebih baik pada tes fokus setelah dua puluh menit berjalan-jalan di taman terdekat. 

Dugaan "dosis alam" ini mungkin terbukti menjadi metode yang lebih efektif untuk mengobati gangguan defisit perhatian anak. Efek yang sama terlihat pada orang dewasa. Pemandangan alam dari jendela kantor, serta istirahat dari pekerjaan di alam, ternyata dapat meningkatkan produktivitas dan fokus. 

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk melarikan diri ke hutan untuk waktu yang lama untuk meningkatkan perhatian dan kreativitas secara substansial. Setelah menghabiskan beberapa hari menjelajahi alam terbuka, pemecahan masalah secara kreatif dan kinerja kognitif dapat meningkat sekitar 50%.

 

 


Meningkatkan Suasana Hati

Bukan Balasannya, Tetapi Perasaan Cinta Itu Sendiri yang Membuat Bahagia
Ilustrasi Kisah Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Credit: pexels.com/pixabay

Berada di luar sangat penting untuk mencapai kedamaian dan kejernihan mental. Depresi musiman dan berat dapat diobati dengan pengobatan ringan. Setelah beberapa hari, jika Anda menderita depresi musiman, Anda akan merasa lebih baik. 

Mungkin diperlukan waktu hingga dua hingga lima minggu sebelum Anda mulai merasa lebih baik jika mengalami depresi yang signifikan. Para ilmuwan masih belum yakin tentang bagaimana sinar matahari memengaruhi suasana hati. Karena sinar matahari dapat membantu produksi vitamin D tubuh, beberapa orang berpikir itu memiliki dampak perlindungan. Dapat dibayangkan juga bahwa sinar matahari membuat tidur lebih nyenyak, yang mengurangi gejala depresi berat.


Membantu Menurunkan Berat Badan

Memulai Topik Pembicaraan dengan Mengomentari Bentuk Tubuh
Ilustrasi Timbangan Berat Badan Credit: pexels.com/pixabay

Lebih dari sepertiga orang Amerika, menurut penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), mengalami obesitas. Dua pendekatan terbaik untuk mencegah penyebaran obesitas adalah olahraga teratur dan diet sehat. Berjalan di taman akan membakar 149 kalori setiap setengah jam, sedangkan bersepeda akan membakar 372 kalori setiap setengah jam.

Temukan aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan sebagai keluarga untuk mendorong anak muda berolahraga di luar. Risiko obesitas Anda akan berkurang jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di luar dengan bersepeda, berjalan kaki, jogging, dan bermain. Nikmati semua manfaat kesehatan yang ditawarkan alam dengan berolahraga di luar ruangan, bukan di gym.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya