5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Pasangan Berselingkuh

Jika Anda berada dalam posisi diselingkuhi oleh pasangan Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut.

oleh Camelia diperbarui 20 Nov 2023, 10:24 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2023, 10:00 WIB
Memulai Perselingkuhan
Ilustrasi Pertengkaran Hubungan Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada seorang pun yang pantas untuk ditipu dan diselingkuhi. Itu salah satu hal terburuk yang bisa dilakukan pasangan jika Anda berada dalam hubungan asmara bahkan pernikahan.

Sederhananya, melanggar perjanjian kepercayaan bukanlah sesuatu yang layak diterima oleh siapa pun. Jika Anda berada dalam posisi ini dan sudah berkali-kali diselingkuhi oleh pacar Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut. Ini yang bisa kamu lakukan jika pasangan kerap berselingkuh dilansir dari Hack Spirit, Senin (20/11/2023).

1. Ketahuilah bahwa Anda tidak bisa disalahkan

Hal pertama yang perlu diketahui ialah fakta bahwa Anda telah diselingkuhi bukanlah kesalahan Anda. Fakta bahwa hal itu terjadi berkali-kali juga bukan salah Anda. Anda tahu bahwa Anda tidak melakukan kesalahan apa pun yang menyebabkan dia selingkuh.

Bukan salah Anda jika hal ini terjadi pada Anda. Meskipun Anda dan pasangan sempat bertengkar hebat sebelum perselingkuhan terjadi, hal itu tetap bukan alasan untuk itu.

Tidak ada alasan untuk berselingkuh. Anda mungkin menyadari bahwa Anda menyalahkan diri sendiri karena perkataan Anda saat bertengkar, atau bahkan berpikir bahwa mungkin secara umum Anda bukanlah pasangan yang cukup baik. Tapi ini hanya memberinya izin atas perilakunya.

Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam pemikiran bahwa mungkin Anda tidak memberikan apa yang dia butuhkan atau Anda tidak cukup sempurna untuk pasangan.

Sebenarnya, hal terbaik yang bisa dia lakukan adalah berbicara dengan Anda tentang perasaannya dan mengungkapkan bahwa dia tidak bahagia atau membutuhkan sesuatu yang lain dari hubungan tersebut.

Itu akan memberi Anda kesempatan untuk memperbaiki berbagai hal dan membuat keputusan tentang masa depan hubungan. Di sisi lain, perselingkuhan kemungkinan besar membuat Anda bingung saat Anda mencoba mencari tahu mengapa hal ini terjadi.

Kemungkinan besar, Anda bertanya-tanya mengapa dia tidak hanya melakukan ini sekali tetapi berkali-kali. Sekali lagi, jangan salahkan diri Anda sendiri. Kesalahan ada pada dirinya. Itu kesalahannya dan keputusan buruknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Luangkan waktu untuk diri Anda sendiri

Kata Bijak Wanita Sabar (Sumber: Pixabay)
Kata Bijak Wanita Sabar (Sumber: Pixabay)

Berada dalam suatu hubungan membutuhkan usaha dan menavigasi hubungan di mana terjadi perselingkuhan membutuhkan lebih banyak usaha. Sekarang, ini menghabiskan seluruh energi Anda yang berharga. Kenyataannya adalah, kita hanya punya begitu banyak energi setiap hari dan jika masalah hubungan menghabiskan banyak waktu maka Anda akan kehilangan semua energi yang bisa Anda berikan pada diri Anda sendiri.

Biarkan diri Anda istirahat dari semua masalah, dan luangkan waktu untuk diri sendiri. Bentuknya bisa bermacam-macam, Anda bisa berjalan-jalan di alam, berhenti sejenak dari media sosial, menghadiri kelas meditasi atau yoga. 

Ya, Anda dapat menemukan waktu untuk diri sendiri dengan berbagai cara. Terlebih lagi, menggabungkan hal ini dengan tingkat perawatan diri akan memungkinkan Anda memulihkan tenaga serta membantu Anda mendapatkan perspektif tentang cara menghadapi situasi tersebut.

Perawatan diri sangat penting dalam masa pemulihan jika pacar selingkuh. Soalnya, jika Anda terus-menerus terlibat dalam drama dan berdiskusi dengan pacar Anda, hal itu tidak akan memberi Anda waktu untuk mendapatkan kejelasan. Meluangkan waktu untuk diri sendiri merupakan tindakan yang memberdayakan.


3. Jangan biarkan rasa takut memengaruhi keputusan Anda

Ilustrasi Wanita
Ilustrasi wanita (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Kita semua hidup berdampingan dengan rasa takut. Beberapa dari kita memiliki pemahaman yang lebih baik tentang rasa takut dibandingkan yang lain, namun kita semua memilikinya.

Sejak pasangan Anda selingkuh, Anda mungkin merasa takut dengan masa depan Anda. Ini wajar, jadi istirahatlah jika Anda pernah merasa seperti ini. Soalnya, mungkin Anda punya banyak visi masa depan dengan pasangan Anda tentang kehidupan yang ingin Anda bangun bersama.


4. Rehat sejenak dari media sosial

Memblokir Kontak
Ilustrasi Penggunaan Ponsel Credit: pexels.com/pixabay

Media sosial mempunyai reputasi merusak kesehatan mental kolektif kita. Hal ini bisa membuat kita langsung merasa buruk tentang diri kita sendiri, ketika kita melihat seberapa baik kinerja orang lain dan betapa menyenangkannya mereka dalam hidup.

Banyak pasangan juga suka memposting foto hubungan bahagia dan pencapaian mereka, seperti pertunangan, pernikahan, dan bayi. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menjauhi media sosial segera setelah mengetahui bahwa pacar Anda selingkuh.

Tidaklah bijaksana untuk melihat konten dari orang lain yang menggambarkan mereka berkembang dan sedang jatuh cinta. Sebaliknya, berikan diri Anda waktu untuk hadir bersama diri sendiri dan melihat apa yang Anda rasakan, tanpa pengaruh media sosial.


5. Carilah bantuan profesional

Ilustrasi psikolog
Menyimak tahapan menjadi psikolog (Foto: unsplash.com/Charles Deluvio)

Selain berbicara dengan teman tentang keberadaan Anda dan menerima dukungan dari mereka, ada baiknya Anda mencari bantuan profesional. Tidak ada salahnya mencari terapi.

Berbicara dengan seorang profesional konseling dapat membantu Anda mendapatkan kejelasan tentang situasi Anda saat mereka memandu Anda tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Konselor memiliki cara luar biasa untuk memberikan ruang bagi Anda dan memungkinkan Anda berbicara dengan bebas. Ingat, tugas mereka adalah mendorong hal ini!

Dengan kata lain, mereka akan memungkinkan Anda untuk melihat banyak hal dan Anda tidak akan terlalu kewalahan dengan situasi tersebut. Terlebih lagi, saat ini, Anda bisa mendapatkan konseling profesional secara online sehingga Anda bahkan tidak perlu keluar rumah!

Ada banyak cara untuk mendapatkan dukungan. Dan, hal ini kemungkinan besar akan memberikan dampak yang lebih besar dari yang pernah Anda bayangkan, sekaligus memberikan dampak positif di semua bidang kehidupan Anda.

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel
Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya