7 Pertanyaan yang Penting Diajukan Saat Kencan Pertama Menurut Pakar Hubungan

Para ahli hubungan asmara menyarankan beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada pasangan saat kencan pertama.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 27 Nov 2023, 10:09 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2023, 10:09 WIB
Ilustrasi
Berkencan ala si Leo (Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Kencan pertama memiliki arti penting bagi seseorang karena menjadi sebuah kesempatan dalam membangun kesan positif dan hubungan emosional dengan pasangan. Kesan positif yang Anda berikan saat kencan pertama dapat menjadi penentu apakah hubungan yang Anda jalani akan berlanjut atau tidak. Dengan demikian, kencan pertama dapat membantu Anda dan pasangan untuk lebih dekat satu sama lain.

Mengenal seseorang memang memerlukan waktu. Bahkan, seorang teman yang sudah dikenal sejak lama pun masih belum tahu banyak tentang kepribadiannya. Alih-alih merasa khawatir, anggap saja ini sebagai kesempatan untuk belajar tentang seseorang yang baru.

Cara terbaik untuk mengenal seseorang lebih dalam dapat dilakukan dengan bertanya. Bukan tanpa alasan, pertanyaan yang bijaksana memungkinkan pasangan Anda untuk mengekspresikan dirinya yang sebenarnya. Namun, Anda juga harus memprioritaskan diri Anda sendiri. Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sebuah hubungan asmara. Artinya, jika Anda menginginkan pasangan hidup, Anda dapat bertanya kepada pasangan Anda apakah dia siap menjalin hubungan, atau tidak tertarik dalam menjalin hubungan jangka panjang.

Untuk menciptakan percakapan yang natural dan mengalir, pastikan untuk menjaga keseimbangan antara menanyakan cara pasangan Anda dalam menghabiskan waktu dan mengetahui seluk beluk kehidupannya, seperti cara pasangan Anda menangani konflik.

Oleh karena itu, para ahli hubungan asmara menyarankan beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada pasangan saat kencan pertama. Berikut ulasannya seperti melansir dari Women Health pada Kamis (23/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Tanyakan Hal yang Membuatnya Tertarik

Ilustrasi kencan
Valentine di masa pandemi tetap seru dengan aktivitas yang menerapkan social distancing. Penasaran apa saja?. ( Foto: Unsplash)

Menanyakan hal yang menarik kepada pasangan menjadi salah satu cara untuk lebih memahami pasangan secara mendalam, membantu menciptakan ruang untuk berbagi minat, serta menumbuhkan rasa saling pengertian dan dukungan satu sama lain.

2. Tujuan dari Berkencan

Inti dari pertanyaan ini adalah untuk melihat apakah tujuan Anda selaras dengan pasangan. Baik Anda mencari pasangan biasa atau pasangan hidup, tanggapan pasangan Anda akan memberi petunjuk tentang apa yang mereka cari. Pertanyaan seperti ini akan berguna untuk mengetahui bagaimana kisah asmara pasangan Anda sebelumnya. Jangan takut untuk berterus terang mengenai tujuan kencan Anda, karena dengan hal ini waktu Anda tidak akan terbuang sia-sia.

3. Tanyakan Hal yang Penting dan Menarik Bagi Pasangan

Mengajukan pertanyaan yang terlalu spesifik seperti ‘apa hobimu?’ dapat secara tidak sengaja memutuskan percakapan karena mungkin saja pasangan Anda tidak memiliki hobi tertentu. Namun, menanyakan apa yang penting dan menarik bagi mereka pasti membuat mereka tertarik dan memberi tanggapan yang antusias.


4. Tanyakan Keseimbangan Antara Kehidupan Pribadi dan Bekerja

Ilustrasi pasangan cinta, romantis, pacaran, kencan
Ilustrasi pasangan cinta, romantis, pacaran, kencan. (Photo by Vladimir Kudinov on Unsplash)

Pertanyaan ini sangat berkaitan untuk mencari tahu apakah pasangan Anda memiliki keterampilan untuk menjalin hubungan yang sehat dan untuk mengetahui apakah pasangan Anda bersedia meluangkan waktu untuk menjalin hubungan. Hal ini penting untuk Anda ketahui karena Anda tidak mungkin ingin bersama dengan seseorang yang terus-menerus membatalkan kencan karena urusan pekerjaan.

5. Tanyakan Kegiatan di Waktu Luang

Pertanyaan seperti ini akan memberi gambaran mengenai apa yang pasangan Anda lakukan di waktu luang. Mungkin pasangan Anda suka berjalan santai di sebuah taman kota, atau mungkin memilih untuk mengabiskan waktunya di rumah dengan beristirahat. Pertanyaan ini akan membuka percakapan dengan memberikan pertanyaan lain dan membuat percakapan tetap mengalir.


6. Bagaimana Cara Menangani Konflik

kencan pertama
ilustrasi orang lagi kencan pertama. (Foto: Unsplash/Jarritos Mexican Soda)

Jawaban atas pertanyaan ini memberi tahu Anda apakah seseorang memiliki kesadaran diri untuk mengenali kapan mereka telah menyakiti seseorang dan di mana perilaku yang mungkin perlu diubah. Meskipun tidak ada orang yang sempurna dan setiap orang dapat menyelesaikan setiap konflik dengan cara yang berbeda-beda, namun penting untuk mengetahui bagaimana cara pasangan Anda dalam menyelesaikan masalah.

7. Tanyakan Hal Apa yang Perlu Diperbaiki dalam Hubungan Masa Lalu

Jawaban atas pertanyaan ini akan memberi tahu Anda apakah teman kencan Anda melakukan refleksi atau tidak dalam hubungannya di masa lalu. Jika pasangan Anda menyalahkan orang lain, hal itu adalah tanda bahaya dan Anda harus menghindarinya. 

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya