Apakah Alis Bisa Tumbuh Kembali? Ini Cara Menumbuhkan Alis Secara Alami

Beberapa orang memiliki keraguan untuk merapikan alis dengan cara mencukurnya. Hal ini karena ketakutan bahwa alis yang dicukur atau dicabut tidak akan bisa tumbuh kembali. Dapatkah alis tumbuh kembali dan bagaimana caranya? Yuk, simak jawabannya di sini!

oleh Ega Ayu Agustin diperbarui 24 Apr 2024, 20:50 WIB
Diterbitkan 24 Apr 2024, 20:43 WIB
Tips memakai eyeliner sebagai pensil alis dengan benar
Memakai eyeliner sebagai pensil alis dengan benar untuk tampilan sempurna. (Foto: Freepik/master1305)

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, kecenderungan untuk memiliki alis tebal dan simetris semakin populer, terutama di kalangan wanita dari berbagai latar belakang. Merapikan dan membentuk alis sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Tetapi, beberapa orang mungkin masih ragu dan bertanya-tanya, "Apakah alis bisa tumbuh kembali?" Jawabannya singkat: ya, alis dapat tumbuh kembali selama folikel rambut tidak mengalami kerusakan. Lalu, bagaimana cara untuk mempercepat pertumbuhan alis?

Berikut ini beberapa tips untuk membantu pertumbuhan kembali alis, dikutip dari health.com (23/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apakah Alis Bisa Tumbuh Kembali?

Memang benar bahwa rambut alis yang telah rontok atau dicabut memiliki kemungkinan untuk tumbuh kembali seiring berjalannya waktu. Pertumbuhan kembali rambut alis terjadi apabila kondisi kesehatan rambut masih baik, sehingga mengurangi risiko kerontokan, dan asalkan folikel rambut tidak mengalami kerusakan. Rambut alis akan secara alami tumbuh kembali dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, terdapat beberapa tips dan metode yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut alis tersebut.


Cara Menumbuhkan Alis

Memakai eyeliner untuk pensil alis
Menggunakan eyeliner sebagai pengganti pensil alis. (Foto: Freepik/diana.grytsku)

Berikut beberapa langkah untuk membantu mengisi dan memperkuat alis :

1. Menyesuaikan Pola Makan: Menambahkan lebih banyak makanan yang kaya akan zat besi dan protein ke dalam pola makan dapat mempercepat pertumbuhan rambut, termasuk alis.

2. Menggunakan Perawatan Alami: Minyak zaitun dan rosemary telah terbukti dapat merangsang pertumbuhan kembali rambut yang rontok, termasuk alis. Penggunaan perawatan alami ini dapat membantu memperkuat dan mengisi alis.

3. Memperkuat Rambut Alis: Gunakan serum alis yang umumnya berbahan dasar gel untuk membantu memperkuat rambut alis. Serum ini dapat memberikan nutrisi tambahan dan membantu mempertahankan kelembapan rambut alis.

4. Konsultasi dengan Penyedia Layanan Kesehatan: Saat mengunjungi penyedia layanan kesehatan untuk masalah rambut rontok, Anda mungkin akan menerima rekomendasi seperti obat-obatan, transplantasi rambut, atau suntikan kortikosteroid. Konsultasikan dengan profesional medis untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan. 


Penyebab Rambut Alis Rontok

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kerontokan rambut alis :

1. Penuaan: Bertambahnya usia dapat menyebabkan kehilangan rambut di tubuh dan wajah, termasuk alis.

2. Alopecia: Jenis alopecia seperti alopecia areata dan front fibrosing alopecia (FFA) bisa mempengaruhi rambut alis.

3. Penyakit tiroid: Gangguan hormon ini dapat memengaruhi rambut, kuku, dan kulit, termasuk rambut alis.

4. Trikotilomania: Gangguan kejiwaan ini bisa menyebabkan seseorang mencabut rambutnya sendiri secara terus menerus, yang akhirnya mempengaruhi pertumbuhan rambut secara permanen.


Berapa Lama Alis Akan Tumbuh?

Rambut alis tumbuh secara aktif selama tiga sampai empat bulan, diikuti dengan fase istirahat, setelah itu rambut akan rontok dari kulit.

 

 


Apakah Alis Bisa Tumbuh Tebal?

Brow enhancement seperti sulam alis (microblading) dan brow laminating jadi pilihan banyak perempuan karena dapat membuat alis terlihat tebal dan rapi dalam waktu singkat; hasilnya pun dapat bertahan cukup lama.


Bisakah Lidah Buaya Menumbuhkan Alis?

Lidah buaya atau dikenal dengan Aloe Vera terkenal dengan khasiatnya yang dapat merangsang pertumbuhan rambut dan merawat kulit, termasuk untuk menumbuhkan alis.


Apakah Alis yang Rontok Bisa Tumbuh Lagi?

Siklus berkelanjutan di mana rambut alis bisa tumbuh kembali dikarenakan folikel rambut kaya akan sel punca. Sel punca dapat membuatnya tumbuh berulang dan memperbarui diri. Adapun faktor lain yang berpengaruh pada tumbuh kembali atau tidak rambut alis yakni penuaan, perubahan hormonal, dan kerusakan fisik.


Apakah Baby Oil Bisa Untuk Alis?

Melebatkan alis merupakan salah satu manfaat dari baby oil yang jarang diketahui. Cara menggunakannya cukup oleskan baby oil pada alis, lalu ratakan sesuai dengan bentuk alis. Rutinitas tersebut bisa dilakukan setiap menjelang tidur.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya