Bukan Pakai Gantungan Plastik Isi Air, Ini Trik Usir Lalat dari Meja Makan dengan 1 Jenis Daun

Tak hanya bisa menambah cita rasa masakan, jenis daun yang satu ini juga dapat digunakan untuk mengusir lalat, lho! Yuk cari tahu penjelasan selengkapnya!

oleh Eka Fadhila Kharisma Putri diperbarui 07 Mei 2024, 12:15 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2024, 11:18 WIB
lalat hinggap di makanan
photo copyright by Barnaby Chambers (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Aroma masakan maupun buah-buahan yang diletakkan di meja makan seringkali mengundang lalat untuk datang. Hal ini sangat mengganggu karena lalat yang beterbangan di meja makan membuat tidak bisa menikmati makanan dengan tenang. 

Ditambah lagi, lalat merupakan salah satu sumber bakteri dan penyakit karena sering hinggap di tempat-tempat yang kotor. Maka dari itu, perlu untuk segera melakukan pembasmian jika lalat mulai datang. 

Salah satu akun YouTube bernama Pak Sam Guru Desa membagikan trik sederhana yang efektif mengusir lalat di meja makan. Cukup pakai daun pandan, berikut penjelasannya dirangkum pada Selasa (7/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Bahan dan Alat yang Diperlukan

Langkah pertama, siapkan bahan dan alat yang dibutuhkan, yaitu daun pandan dan 2 wadah, bisa mangkuk kecil atau piring. Untuk jumlah daun dan ukuran wadah bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan luas meja masing-masing. 


2. Iris-Iris Daun

Langkah kedua, Cuci bersih, lalu iris-iris daun pandan. Sebaiknya diiris agak tipis agar aromanya semakin mudah keluar. Aroma daun pandan inilah yang nantinya bisa mencegah lalat untuk datang. 


3. Taruh Irisan Daun di Sisi Meja

Langkah ketiga, taruh irisan daun pandan di wadah yang sudah disiapkan. Kemudian, letakkan di kedua sisi meja dekat tudung saji. Cara sederhana ini bisa mencegah lalat mendekati meja makan karena terganggu oleh aroma daun pandan. 


Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

Selain bisa meningkatkan cita rasa masakan dan mengusir lalat, daun pandan juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Diantaranya:

  1. Sebagai anti aging
  2. Mencegah terjadinya sunburn 
  3. Melembapkan kulit
  4. Mengatasi jerawat
  5. Meringkas pori
  6. Mengatasi mata panda

Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan

Dari sisi kesehatan, berikut beberapa khasiat yang bisa diperoleh dari konsumsi daun pandan:

  1. Mengurangi nyeri sendi
  2. Mencegah penyakit jantung
  3. Mengobati luka bakar ringan
  4. Menyehatkan mata
  5. Mengendalikan kadar gula darah
  6. Mencegah kanker 

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Trik Mengusir Lalat


Pakai Apa Biar Lalat Pergi?

Gabungan cuka sari apel, sabun pencuci piring, dan gula terbukti efektif untuk menghalau lalat. Taruh perangkap ini di lokasi yang sering dikunjungi oleh lalat seperti dapur, kamar mandi, atau bagian lain di dalam rumah. Gula dan cuka sari apel akan menarik dan membunuh lalat.


Lalat Takut pada Apa?

Seperti halnya nyamuk, lalat juga merasa takut terhadap beberapa jenis tanaman herbal dan bunga, seperti lavender.


Bau Apa yang Tidak Disukai Lalat?

Letakkan potongan jeruk dengan cengkeh ditempelkan di tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh lalat. Aroma cengkeh akan membantu mengusir mereka.


Apa yang Membuat Lalat Datang?

Lalat dapat berkembangbiak di tumpukan kompos, saluran pembuangan yang tersumbat, area sampah terbuka, serta sisa makanan yang terbuang.


Lalat Takut dengan Warna Apa?

Terdapat situasi di mana banyak individu berupaya mengusir hama tersebut dengan memanfaatkan sinar lampu yang berwarna kuning, oranye, dan merah lebih banyak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya