4 Cara Alami Menghilangkan Bulu Halus di Wajah Tanpa Sakit

Penasaran bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk membuat masker yang membantu mengurangi bulu halus di wajah.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 04 Agu 2024, 19:03 WIB
Diterbitkan 04 Agu 2024, 19:03 WIB
4 Cara Alami Menghilangkan Bulu Halus di Wajah Tanpa Sakit
4 Cara Alami Menghilangkan Bulu Halus di Wajah Tanpa Sakit - Credit: unsplash.com/Marine

Liputan6.com, Jakarta - Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang sehat, bersih, dan bercahaya. Namun, masalah bulu halus di wajah seringkali membuat beberapa wanita merasa tidak nyaman. Karena itu, banyak yang memilih perawatan seperti waxing atau threading untuk mengatasi masalah ini.

Namun, sebelum kamu menyiksa diri dengan perawatan yang menyakitkan tersebut, ada cara alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bulu halus di wajah. Memang, metode alami ini mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk menunjukkan hasilnya, tapi cara ini aman dan tidak akan merusak kulitmu.

Penasaran bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk membuat masker yang membantu mengurangi bulu halus di wajah? Berikut ini ulasannya, seperti melansir dari Boldsky, Minggu (4/8/2024).

1. Pepaya dan kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, senyawa anti-inflamasi alami yang tidak hanya meningkatkan kesehatan kulit, tetapi juga membantu menghilangkan rambut yang tidak diinginkan.

Saat dioleskan pada kulit, kunyit bertindak seperti lem lembut yang dapat menarik rambut dari akarnya. Dengan penggunaan rutin, kunyit dapat membantu mengurangi pertumbuhan rambut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: 2 sendok makan pepaya tumbuk mentah dan 1/2 sendok makan bubuk kunyit. Campurkan kedua bahan ini hingga menjadi pasta halus.

Oleskan pasta tersebut ke wajahmu dan pijat dengan gerakan memutar selama lima menit. Biarkan masker ini bekerja selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang optimal, gunakan masker ini 2-3 kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Pepaya dan susu

Pasteurisasi
Ilustrasi Produk Susu Hasil Pasteurisasi Credit: unsplash.com/EnginAkyurt

Susu memiliki manfaat luar biasa untuk kulit berkat kandungan asam laktatnya. Asam laktat ini membantu mengelupas lapisan luar kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga tidak hanya menghilangkan bulu wajah, tetapi juga mengatasi komedo.

Untuk membuat masker ini, kamu hanya membutuhkan 2 sendok makan pepaya yang sudah diparut dan satu sendok makan susu. Campurkan kedua bahan ini hingga membentuk pasta halus.

Oleskan pasta tersebut ke wajahmu dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, gosok dengan jari yang basah dan bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang lebih cepat, gunakan masker ini 4-5 kali seminggu.


3. Pepaya, kunyit, tepung gram dan lidah buaya

ilustrasi pepaya
ilustrasi pepaya (sumber: Unsplash)

Pepaya dikenal sebagai buah ajaib yang sangat efektif untuk menghilangkan bulu halus di wajah. Kandungan papain dalam pepaya membantu memecah folikel rambut, sehingga mencegah pertumbuhan rambut kembali.

Selain itu, pepaya juga memiliki khasiat pencerah kulit yang dapat mengurangi pigmentasi dan noda, membuat kulit tampak lebih cerah dan lembut.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, kamu bisa mencampurkan pepaya dengan beberapa bahan alami lainnya. Campurkan 2 sendok makan pepaya yang sudah ditumbuk, 2 sendok makan gel lidah buaya, satu sendok teh bubuk kunyit dan 2 sendok makan tepung gram hingga membentuk pasta halus.

Oleskan pasta ini ke wajahmu dan biarkan selama 20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Gunakan masker ini 4-5 kali seminggu untuk hasil yang optimal.


4. Pepaya, minyak mustard, kunyit, lidah buaya dan tepung gram

[Fimela] Ilustrasi Jamu Kunyit
Ilustrasi Jamu Kunyit | unsplash.com/@foodism360

Minyak mustard bukan hanya memberikan efek relaksasi, tetapi juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan rambut wajah.

Untuk membuat masker ini, kamu memerlukan bahan-bahan berikut: 2 sendok makan pepaya tumbuk mentah, satu sendok makan gel lidah buaya, satu sendok makan tepung gram, 1/2 sendok teh bubuk kunyit, dan 2 sendok makan minyak mustard. Campurkan semua bahan hingga membentuk pasta halus.

Oleskan pasta ini ke wajahmu dan biarkan hingga benar-benar kering. Setelah kering, gosok wajahmu perlahan menggunakan jari yang sudah dibasahi, pijat dengan gerakan melingkar hingga pasta terlepas dari kulit.

Bilasa dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, gunakan masker ini dua kali seminggu.

Infografis perawatan kecantikan
Infografis Macam-Macam Perawatan Kecantikan Terkini. (Dok: Liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya