6 Bahan Alami Ini Ampuh Buat Hilangkan Bekas Luka, Mudah Didapat

Kamu dapat menghilangkan bekas luka pada kulitmu dengan bahan alami seperti lemon, madu, minyak kelapa hingga soda kue. Kamu dapat mengaplikasikannya setiap hari sampai bekas lukamu memudar.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 25 Agu 2024, 10:05 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2024, 10:05 WIB
Bekas Luka
Ilustrasi luka. (Foto: Unsplash/Diana Polekhina)

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu pernah terjatuh dari sepeda dan berdarah, besar kemungkinan lukamu itu akan membekas di kulit. Apa yang kamu pikirkan ketika melihat bekas luka pada bagian kulitmu? Kamu mungkin berpikir untuk menghilangkan bekas luka itu dengan cepat.

Bekas luka sebetulnya bagian dari proses penyembuhan untuk menggantikan kulit yang rusak. Semakin parah lukamu maka akan semakin besar bekas luka yang terbentuk. Hal ini yang membuat lama sebentarnya kulitmu kembali seperti semula. Namun, ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka seperti dikutip dari Healthline, Senin (06/02/2023) berikut ini

1. Lidah Buaya

Jika kamu memiliki luka pada bagian kaki atau tanganmu, gunakanlah lidah buaya untuk membantu menyembuhkan luka tersebut. Selain membantu penyembuhan, lidah buaya juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan bekas luka secara alami. Kamu dapat mengoleskan lidah buaya ke dalam bekas lukamu sebanyak dua kali sehari.

Cara untuk mengaplikasikannya adalah dengan mengambil gel yang ada pada lidah buaya. Kemudian, oleskan gel lidah buaya ke dalam luka dengan melakukan gerekan memutar. Tunggu hingga setengah jam dan bilaslah dengan air bersih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Madu

ilustrasi manfaat madu hitam/unsplash
ilustrasi manfaat madu hitam/unsplash

Selain dijadikan obat untuk sakit tenggorokan, madu juga dapat digunakan untuk membersihkan luka akibat jatuh dan sebagainya. Meskipun madu adalah obat peradangan, tetapi tetap aman bila dioleskan ke permukaan tubuh yang mengalami luka. Kamu dapat mengaplikasikan madu ini sebelum tidur.

Kamu dapat mengolesi lukamu dengan madu yang ditutupi perban. Kemudian, jangan dulu dibilas biarkan satu malaman lukamu dilumuri oleh madu. Setelah kamu bangun pagi hari bukalah perban tersebut dan bilas dengan air bersih.


3. Kentang

Kentang
Ilustrasi Kentang Credit: unsplash.com/Andrey

Sayuran yang biasanya dijadikan sebagai bahan makanan sop ini juga dapat menghilangkan bekas luka. Kentang memiliki khasiat untuk dapat menyembuhkan bekas luka bakar. Untuk menghilangkan bekas luka tersebut kamu dapat mengaplikasikan ke luka mu selama satu kali sehari.

Langkah untuk mengaplikasikannya adalah dengan mengiris kentang menjadi bentuk bulat dengan jumlah secukupnya. Kemudian, gosok bulatan kentang ke dalam bekas lukamu hingga mengering. Lakukan hal tersebut beberapa kali selama 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air dingin.

 


4. Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa
Ilustrasi minyak kelapa. (dok. Unsplash.com/Tijana Drndarski @izgubljenausvemiru)

Minyak kelapa dapat membantu untuk menghilangkan bekas luka dalam kulit. Beberapa khasiat dari minyak kelapa seperti mengurangi peradangan, memperbaiki penghalang kulit. Jika kamu ingin menyembuhkan bekas lukamu dengan minyak kelapa, kamu dapat mengaplikasikannya sebanyak empat kali sehari.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah memanaskan beberapa sendok minyak kelapa hingga cair. Setelah cair oles minyak kelapa ke dalam lukamu dan pijat-pijat selama 10 menit. Kemudian, diamkan selama satu jam hingga minyak kelapa menyerap ke permukaan kulit.


5. Soda Kue

Contoh ilustrasi soda kue
Soda kue dapat menjadi pilihan kamu untuk membersihkan mesin cuci di rumah (Foto: Unsplash.com/Daiga Ellaby)

Bahan makanan satu ini juga dapat digunakan untuk penyembuhan bekas luka pada kulit. Soda kue dapat mengangkat sel kulit mati. Sehingga, warna hitam pada luka dapat memudar. Kamu dapat menggunakan soda kue untuk menghilangkan bekas luka dengan diulangi setiap hari.

Untuk pengaplikasiannya kamu perlu mencampurkan 2 sendok makan soda kue dengan air yang merebus perlahan hingga membentuk pasta. Kemudian, basahi lukamu dengan sedikit air hangat, lalu oleskan soda kue tersebut dengan cara dikompreskan. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih.


6. Lemon

lemon
ilustrasi lemon/copyright unsplash/Caroline Attwood

Lemon juga mampu meneyembuhkan bekas luka pada kulit. Khasiatnya jika digunakan pada luka adalah mampu mengurangi peradangan dan kerusakan pada kulit. Kamu dapat mengaplikasikan setiap hari dalam waktu yang bersamaan.

Untuk mengaplikasikannya iris terlebih dahulu lemon yang masih segar. Peras sari lemon dan airnya kemudian oleskan ke bekas lukamu. Tunggu hingga olesan mengering kurang lebih 10 menit lamanya. Lalu bilas dengan air dingin.

Infografis Mudanya Korban Tewas & Luka Tragedi Pesta Halloween Itaewon Korea Selatan
Infografis Mudanya Korban Tewas & Luka Tragedi Pesta Halloween Itaewon Korea Selatan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya