6 Kebiasaan Simpel yang Pas Dilakukan di Pagi Hari agar Semangat Sepanjang Hari

Salah satunya adalah membaca setidaknya satu kalimat motivasi di pagi hari, untuk meningkatkan mood dan semangat.

oleh stella maris pada 22 Sep 2024, 15:00 WIB
Diperbarui 22 Sep 2024, 15:05 WIB
Ilustrasi minum kopi di pagi hari
Ilustrasi minum kopi di pagi hari/Istimewa.

Liputan6.com, Jakarta Percayakah Anda jika semangat beraktivitas sepanjang hari secara umum ditentukan dengan bagaimana cara seseorang beraktivitas di pagi hari? Jika dimulai dengan hal yang negatif dan tak produktif, kemungkinan besar harinya juga akan berlangsung dengan lesu, lelah, dan kurang bersemangat. Karenanya, usahakan untuk melakukan beragam hal positif di pagi hari agar terhindar dari hilangnya semangat sepanjang hari. 

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa dilakukan sebagai kebiasaan di pagi hari agar lebih bersemangat menjalani hari. Biasanya, kebanyakan orang memilih untuk meneguk segelas kopi atau teh. Alasannya karena kedua jenis minuman tersebut memiliki kandungan kafein yang mampu meningkatkan stamina tubuh dan fokus untuk beraktivitas.

Tapi, tahukah Anda jika terdapat beragam kebiasaan simpel lainnya yang bisa dilakukan di pagi hari agar semangat dan motivasi meningkat? Tanpa panjang lebar lagi, simak 6 kebiasaan simpel yang bisa meningkatkan energi dan semangat di pagi hari berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Baca 1 Kalimat Motivasi

Kebiasaan simpel pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan mood dan semangat di pagi hari adalah membaca setidaknya 1 kalimat motivasi. Kata-kata motivasi penuh makna mampu membuat pikiran lebih positif dan menghilangkan ketakutan ataupun kekhawatiran. Jadi, Anda pun bisa lebih siap menjalani hari dengan semangat tinggi dan berenergi.

 


2. Lebih Awal Memulai Hari

Selain membaca kalimat motivasi, hari Anda akan terasa lebih bersemangat jika dimulai lebih awal. Misalnya, bangun tidur 15 atau 30 menit lebih awal agar tubuh memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan segala hal yang harus dilakukan sepanjang hari. Jadi, Anda pun bisa lebih siap dan maksimal menyambut segala hal yang bakal terjadi di hari tersebut. 

Sebaliknya, tanpa ada jeda waktu yang cukup untuk memulai hari setelah bangun tidur, apalagi sampai dibuat panik dan terburu-buru, energi tubuh akan menjadi lebih cepat terkuras. Semangat untuk menjalani hari pun akan mudah pudar, bahkan ketika matahari belum memuncak sekalipun. Karenanya, siasati hal tersebut dengan lebih awal memulai hari agar ada lebih banyak waktu mempersiapkan segala hal dengan tenang dan fokus.

 


3. Minum Segelas Air Putih

Meski kerap dianggap sepele, tapi meminum segelas air putih sesaat setelah bangun tidur bisa memberi banyak dampak positif bagi tubuh. Setelah semalaman tertidur, cairan dalam tubuh akan terkuras. Oleh sebab itu, segera ganti cairan tersebut dan menjadikan tubuh terhidrasi dengan minum segelas air putih di pagi hari. 

Tidak hanya berdampak baik bagi kondisi kesehatan, kebiasaan ini juga mampu membangkitkan energi saat pagi hari. Dengan begitu, semangat dan motivasi menjalani hari akan terpupuk lebih sempurna. 

 


4. Lakukan Olahraga Ringan

Tips lainnya, agar lebih bersemangat melalui segala aktivitas sepanjang hari, Anda juga bisa memulai pagi dengan berolahraga ringan. Sekadar menggerakkan tangan dan kaki di pagi hari, atau jalan santai mengelilingi kompleks sekitar rumah bisa membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Otak pun bisa menjadi lebih aktif dan meningkatkan semangat dalam beraktivitas. 

Secara ilmiah, kebiasaan berolahraga saat pagi hari terbukti mampu melepaskan hormon kortisol dan adrenalin dalam tubuh. Selain itu, hal tersebut juga bisa memicu tubuh memproduksi hormon endorfin agar lebih bersemangat dan berenergi. 

Olahraga pagi juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang selama ini merasa sulit tidur di malam hari. Nah, agar bisa mendapatkan beragam manfaat tersebut, jangan ragu untuk mulai membiasakan diri berolahraga di pagi hari sebelum beraktivitas. 

 


5. Hibur Diri Sebelum Beraktivitas

Hal lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan energi dan semangat di pagi hari adalah dengan menghibur diri. Lakukan aktivitas yang bisa meningkatkan mood dan suasana hati sebelum mulai beraktivitas. Beberapa contohnya adalah mendengar lagu favorit, maupun mengobrol santai bersama anggota keluarga. 

Dengan melakukan hal ini, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih rileks dan santai. Alhasil, diri Anda akan lebih siap dalam beraktivitas dan mengatasi tantangan apa pun di sepanjang hari nanti. 

 


6. Jangan Lupa Sarapan Bergizi

Terakhir, tak peduli sesibuk apa hari Anda, jangan pernah melewatkan sarapan, Sebab, terdapat paling tidak 2 manfaat penting yang bisa didapatkan dari membiasakan diri untuk sarapan. 

Manfaat yang pertama adalah untuk memberi energi agar bisa beraktivitas sepanjang hari. Lalu, untuk manfaat yang kedua, sarapan mampu menurunkan tingkat stres dan membuat mood menjadi lebih baik. Tentunya, manfaat sarapan tersebut bisa didapatkan ketika Anda mengonsumsi makanan yang sehat, semisal, nasi, buah, susu, maupun roti dan sayur. 

 


Awal yang Baik Bisa Menjadikan Hari Lebih Positif

Itulah 6 kebiasaan simpel yang bisa dilakukan di pagi hari agar lebih bersemangat dan berenergi. Intinya, awal yang baik bisa membuat hari terasa lebih positif pula. Karenanya, jika merasa pagi hari kurang bersemangat, jangan ragu melakukan 6 hal di atas agar energi dan semangat menjalani hari lebih terjaga.

 

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya