5 Manfaat Durian untuk Kesehatan, Tingkatkan Mood Hingga Kurangi Risiko Hipertensi

Selain citarasa dan aromanya yang kuat, durian kaya akan khasiat. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 25 Okt 2024, 10:03 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 10:03 WIB
5 Manfaat Durian untuk Kesehatan, Tingkatkan Mood Hingga Kurangi Risiko Hipertensi
5 Manfaat Durian untuk Kesehatan, Tingkatkan Mood Hingga Kurangi Risiko Hipertensi (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Durian menjadi salah satu buah yang dikenal dengan rasa manis dan legitnya, disertai sedikit rasa pahit. Namun, yang paling mencolok dari buah ini adalah aroma khasnya yang menyengat saat kulitnya dibuka.

Selain citarasa dan aromanya yang kuat, durian kaya akan khasiat. Buah ini mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, konsumsinya harus diperhatikan, disarankan untuk mengonsumsi durian dalam jumlah sedang agar manfaatnya optimal.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat durian untuk kesehatan, seperti melansir dari Mount Elizabeth, Rabu (23/20/2024)"

1. Meningkatkan suasana hati

Mengonsumsi durian dapat membantu meningkatkan mood atau suasana hati. Durian mengandung asam amino triptofan, yang saat dicerna, diubah menjadi serotonin—neurotransmitter yang berperan penting dalam meningkatkan suasana hati.

Mengonsumsi satu hingga dua biji durian dapat memberikan efek relaksasi dan kebahagiaan. Anda juga dapat mengonsumsi buah ini bersama teman-teman Anda untuk menciptakan suasana hati yang bahagia.

2. Mengatur tekanan darah

hipertensi
Ilustrasi cek tekanan darah/Copyright unsplash.com/Mufid Majnun

Selain dikenal mampu meningkatkan suasana hati, buah durian juga memiliki manfaat penting dalam kesehatan, terutama dalam mengurangi risiko hipertensi.

Menurut penelitian yang dilakukan di Singapura, hampir satu dari empat penduduk berusia 30 hingga 69 tahun mengalami hipertensi. Penyakit ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Durian mengandung kalium dan elektrolit yang dapat membantu mengatur tekanan darah. Dengan mengonsumsi durian secara teratur, Anda dapat menjaga kadar tekanan darah dalam batas normal, sehingga mengurangi risiko terkena hipertensi. Namun, penting untuk memperhatikan jumlah konsumsi agar tidak berlebihan.

 

3. Menjaga kualitas tidur

Ilustrasi tidur nyenyak, bermimpi
Ilustrasi tidur nyenyak, bermimpi. (Image by prostooleh on Freepik)

Bagi Anda yang mengalami masalah tidur, buah durian bisa menjadi solusi menarik. Kualitas tidur yang baik sangat bergantung pada kadar melatonin dalam tubuh. Untuk menjaga kadar melatonin, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan triptofan, dan durian adalah salah satu pilihan yang baik.

Kandungan triptofan dalam durian dapat membantu meningkatkan kadar melatonin, yang berperan penting dalam mengatur siklus tidur. Dengan mengonsumsi durian dalam jumlah yang cukup, terutama menjelang waktu tidur, Anda dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

 

4. Mempercantik kulit dan mencegah kerutan

Menyamarkan Flek Hitam dan Mencerahkan Kulit Wajah
Ilustrasi Wajah bebas Flek Hitam Credit: pexels.com/Shia

Durian bukan hanya dikenal karena rasanya yang unik, tetapi juga memiliki manfaat luar biasa untuk kecantikan kulit. Buah ini kaya akan vitamin C, yang memiliki sifat antioksidan yang kuat untuk melawan sel kulit mati.

Kandungan vitamin C dalam durian dapat membantu menjaga kulit tetap segar, mengurangi kerutan, dan mengatasi pigmentasi. Dengan rutin mengonsumsi durian, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

5. Mendukung kesehatan tulang

ilustrasi tulang sehat/pexels
ilustrasi tulang sehat/pexels

Durian bukan hanya lezat, tetapi juga kaya akan mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Buah ini mengandung zat besi, tembaga, dan kalium, yang semuanya berperan dalam memperkuat tulang.

Sebuah penelitian dari Pusat Informasi Bioeknologi Nasional di Amerika Serikat menunjukkan bahwa asupan zat besi yang tinggi dapat meningkatkan kepadatan tulang. Ini mengindikasikan bahwa untuk menjaga kesehatan tulang, tubuh kita tidak hanya memerlukan kalsium, tetapi juga mineral lainnya, seperti yang terdapat dalam durian.

 

6. Meningkatkan energi

Ilustrasi matahari, sinar matahari, semangat, motivasi
Ilustrasi matahari, sinar matahari, semangat, motivasi. (Photo by Jude Beck on Unsplash)

Jika Anda memerlukan tambahan energi, mengonsumsi buah-buahan adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan mengandalkan kopi atau alkohol. Salah satu pilihan terbaik adalah durian. Buah ini kaya akan karbohidrat yang dapat memberikan dorongan energi instan.

Mengonsumsi dua biji durian setara dengan energi yang diperoleh dari satu pisang ukuran sedang, menunjukkan bahwa durian merupakan sumber energi yang lebih melimpah. Selain itu, durian juga mengandung kalium, mineral yang membantu mencegah kelelahan dan meredakan kecemasan.

 

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran
Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran (Liputan6.com/M. Iqbal)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya