PSM UMB Ikuti 2ND Bali Choir International Championship

Universitas Mercu Buana melalui PSM UMB merupakan UKM yang didirikan sejak 1988 untuk mengakomodasi siswa yang tertarik bidang olah vokal.

oleh Liputan6 diperbarui 16 Jul 2013, 13:48 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2013, 13:48 WIB
130716bps.jpg
Citizen6, Jakarta: Universitas Mercu Buana (UMB) sebagai salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya baik hard skill maupun soft skill. Kedua kompetensi ini sangatlah diperlukan dalam mendukung kiprah alumni untuk sukses di masa depan.

Universitas Mercu Buana melalui Paduan Suara Mahasiswa (PSM UMB) merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang didirikan sejak 1988 dalam rangka untuk mengakomodasi siswa yang tertarik di bidang olah vokal. Selain itu tentu saja sebagai forum praktis untuk belajar soft skill, terutama dalam hal kerjasama tim, kepemimpinan, dan membangun prakarsa.

Berkat latihan yang konsisten, prestasi yang telah diraih oleh PSM UMB antara lain meraih Juara 1 dan medali emas untuk kategori Mixed Choir dan Folklore pada event Internasional, Guangzhou Open Choir Championship 2012. Selain itu mendapatkan 1 medali platinum untuk kategori Folklore pada event 1st Xinghai Prize Internasional Choir Championship 2012 .

Setelah prestasi yang membanggakan itu, manajemen UMB memberikan kesempatan bagi PSM UMB untuk mengikuti  kompetisi paduan suara tingkat internasional di Bali, yakni ikut serta dalam 2ND Bali Choir International Championship pada 20-27 Juli 2013 di Jalan Nusa Indah, Denpasar, Bali.

Tahun ini Bali International Choir Festival akan diikuti sekitar 100 grup paduan suara dari berbagai negara. Setiap kelompok paduan suara yang ikut serta akan mempersembahkan lagu-lagu dalam sebuah acara konser dan workshop musik dan tarian bali. Setiap peserta juga akan berkolaborasi dengan kelompok paduan suara lain, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dr Ir Arissetyanto Nugroho selaku Rektor UMB dalam sambutannya mengungkapkan,"Saya berharap melalui kesempatan ini dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga PSM UMB benar-benar bisa unggul di tingkat internasional, membawa nama besar UMB serta nama harum bangsa Indonesia. Pada akhirnya juga bisa mendorong UKM lain untuk berbuat yang sama, yaitu berlomba-lomba menjuarai event internasional."

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana (PSM UMB) adalah paduan suara yang mewadahi mahasiswa–mahasiswi dan alumni Universitas Mercu Buana yang terbentuk pada 23 oktober 1988. Tempat para mahasiswa serta alumni PSM UMB mengasah bakat serta kecintaan mereka dalam bidang musik khususnya paduan suara. PSM UMB tidak hanya menekuni dalam musik tradisional, melainkan juga musik yang berasal dari era dan zaman yang berbeda. Melalui berbagai kompetisi dan kegiatan internal maupu eksternal kampus, kini telah berhasil mengahantarkan PSM UMB menjadi kelompok paduan suara yang menduduki ranking 3 Nasional dan 46 Dunia.

Team PSM UMB yang ikut dalam 2ND Bali Choir International Championship terdiri dari 42 orang. Mereka nantinya akan membawakan lagu Ave Verum Corpus (Francis Poulenc), Hosana (Knut Nystedt), Ditirambo (Karl Friedrich Curachmann), Mande Mande (Maluku Folk Song Arr : Farman Purnama), Ma Rencong Rencong (Bugis Folk Song Arr : Budi Susanto Yohanes and Agustinus Bambang Jusana) dan, Kincir-Kincir (Betawi Folk Song Arr: Marthin Tupanno). (Citra Sentosa/Mar)

Citra Sentosa adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya