Kontribusi Metaverse Diprediksi Sentuh Rp 22.035 Triliun terhadap Pertumbuhan Ekonomi Asia

Laporan baru Deloitte, berjudul “The Metaverse in Asia: Strategies for Accelerating Economic Impact,” meneliti potensi pengaruh metaverse pada 12 ekonomi Asia.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 18 Nov 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 18 Nov 2022, 06:00 WIB
Metaverse
Ilustrasi metaverse. (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Liputan6.com, Jakarta - Meta taruhan besar pada metaverse mungkin telah menempatkan perusahaan dalam kesulitan, tetapi laporan Deloitte baru menunjukkan realitas virtual dapat memiliki efek transformasional pada ekonomi Asia.

Mengutip CNBC, Kamis, 17 November 2022,  kontribusi metaverse terhadap produk domestik bruto (PDB) di Asia bisa mencapai antara USD 800 miliar atau sekitar Rp 12.582 triliun (asumsi kurs Rp 15.739 per dolar AS) dan USD 1,4 triliun atau sekitar Rp 22.035 triliun per tahun pada 2035, kata perusahaan konsultan tersebut.

Itu akan menjadi sekitar 1,3 persen hingga 2,4 persen dari keseluruhan PDB, tambahnya, dengan asumsi ada investasi teknologi berkelanjutan yang dilakukan dalam lima hingga sepuluh tahun ke depan.

Metaverse dapat didefinisikan secara longgar sebagai dunia virtual tempat orang tinggal, bekerja, dan bermain. Dengan cryptocurrency, pengguna dapat membeli dan mengembangkan tanah virtual atau mendandani avatar mereka sendiri.

Laporan baru Deloitte, berjudul “The Metaverse in Asia: Strategies for Accelerating Economic Impact,” meneliti potensi pengaruh metaverse pada 12 ekonomi Asia.

Duleesha Kulasooriya selaku direktur pengelola Deloitte Center for the Edge di Asia Tenggara, mengaitkan besarnya dampak prakiraan dengan gravitasi demografis wilayah tersebut.

"Jika Anda melihat para pemuda, mereka adalah orang-orang yang berinteraksi dan terlibat dalam metaverse kebanyakan saat ini, dan 60 persen pemuda dunia tinggal di Asia,” katanya.

Selain itu, ada 1,3 miliar gamer seluler di Asia, yang merupakan basis pemain terbesar di dunia, menurut laporan tersebut.

"Metaverse bukan lagi fiksi ilmiah. Platform metaverse awal sudah digunakan oleh jutaan orang,” tulisnya.

Menurut ia, bermain game adalah salah satu cara awal di mana seseorang diperkenalkan ke metaverse.

"Segmen itu dan ekspektasi mereka akan mendorong banyak perilaku tentang bagaimana internet selanjutnya berkembang," kata dia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Bank Terbesar di Jepang MUFG Bakal Buka Layanan di Metaverse pada 2023

Metaverse
Ilustrasi metaverse. (Pexels.com/ThisIsEngineering)

Sebelumnya, MUFG, bank terbesar di Jepang, memproyeksikan untuk menawarkan layanan keuangan melalui metaverse pada 2023. Layanan ini merupakan kerja sama bank dengan ANA Holdings.

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (15/11/2022), ANA Holdings adalah sebuah konsorsium kepemilikan yang berfokus pada perusahaan transportasi udara, untuk menjadi bagian dari metaverse Granwhale ANA, dan menjajaki kemungkinan menjual produk keuangan pada platform ini tahun depan.

Platform metaverse, yang disebut ANA Granwhale, diproyeksikan akan beroperasi pada 2023. Pelanggan perusahaan akan dapat menjelajahi dunia 3D dengan avatar mereka dan berinteraksi dengan berbagai toko dan stand di dunia virtual. 

MUFG, ANA, dan Sompo Japan, sebuah perusahaan asuransi, akan menjajaki kemungkinan melakukan aktivitas spesifik mereka di metaverse ini.

MUFG bertujuan untuk dapat menawarkan layanan keuangannya kepada pengguna platform metaverse ini. Sompo Japan juga berharap dapat menjual asuransi untuk kemungkinan kerugian terkait dengan transaksi yang dilakukan di metaverse.

 

Kendaraan Memikat Generasi Baru

Metaverse
Ilustrasi metaverse. (Pexels.com/Alexandr Podvalny)

Metaverse Merupakan Kendaraan untuk Memikat Generasi Baru

Tujuan dari beberapa perusahaan ini dalam memasuki dunia metaverse sebagai kendaraan untuk menarik audiens yang akan sulit dijangkau. MUFG tidak berbeda, karena diharapkan untuk memikat pengguna muda dengan langkah ini, sebuah demografi yang sulit dijangkau oleh institusi semacam itu.

Pada saat yang sama, perusahaan-perusahaan ini harus menyesuaikan operasi mereka dengan metaverse dan memasukkan verifikasi KYC dan proses lainnya untuk mematuhi aturan dan peraturan di dunia digital di mana avatar tidak terkait dengan identitas penggunanya.

Bank-bank lain di Asia juga mulai bergerak ke dunia maya. Pada September, DBS, salah satu bank terbesar di Asia Tenggara, mengumumkan pembelian sebidang tanah di Decentraland sebagai bagian dari dorongan metaverse.

 

Microsoft Bikin Divisi Cloud Khusus Metaverse

Niantic
Niantic ingin wujudkan metaverse di dunia nyata dengan Lightship. (Doc: Niantic)

Sebelumnya, raksasa perangkat lunak dan komputasi, Microsoft berusaha untuk mengadaptasi bagian layanan perangkat lunaknya ke metaverse.

CMO Microsoft UAE, Ihsan Anabtawi, menyatakan perusahaan sedang berupaya membuat divisi cloud-nya kompatibel dengan pengalaman metaverse.

Divisi ini memungkinkan perusahaan menggunakan data yang diperoleh sebagai sumber daya untuk aplikasi spesifik mereka.

Bagi Anabtawi, kebangkitan metaverse tidak bisa dihindari. Alat baru ini harus diperlakukan sebagai kejadian alami yang datang untuk melengkapi internet seperti yang dikenal saat ini. 

“Kita harus melihat metaverse sebagai langkah selanjutnya dalam evolusi internet, yang dimulai sebagai internet data pada 1990-an dan 2000-an, internet manusia pada 2010-an, dan sekarang menjadi internet segala sesuatu,” ujar Anabtawi dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (1/11/2022). 

Microsoft sekarang bekerja untuk menjembatani cloud dan divisi lainnya dengan berbagai pengalaman metaverse untuk memungkinkan konsumen dan perusahaan membangun aplikasi yang kaya.

Aktivitas Metaverse Microsoft

Microsoft bertujuan membawa lebih banyak pengguna ke metaverse, secara aktif berinvestasi untuk menyediakan alat yang diperlukan untuk mewujudkannya dalam jangka panjang. Anabtawi menjelaskan ini lebih dari sekadar tren bagi perusahaan. 

"Ini bukan investasi jangka pendek ini membawa kekuatan penuh dari pekerjaan kami di beberapa area untuk memungkinkan masa depan komputasi di metaverse untuk bisnis dan konsumen,” ujar Anabtawi.

Bagian dari komitmen metaverse ini berkaitan dengan penawaran alat virtual reality dari perusahaan, Hololens 2, yang akan memungkinkan perusahaan lain untuk memproduksi prototipe holografik alih-alih yang fisik, dan membuat perhitungan yang berbeda, sebagai contoh, desain produk sebelumnya. 

Dalam hal ini, divisi cloud Microsoft akan menyediakan analitik, data, dan kecerdasan buatan yang diperlukan untuk tugas ini sebagai bagian dari backendnya.

 

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya