Kongres AS Pertanyakan Imbas Kemunculan CBDC ke Kripto

The Fed sebelumnya telah mengeksplorasi konsep mengeluarkan dolar digital selama bertahun-tahun.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 09 Mar 2023, 11:21 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2023, 11:21 WIB
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Kongres AS, Stephen Lynch menyatakan keprihatinan terhadap dampak dari terbitnya Central Bank Digital Currency (CBDC) untuk kripto jenis stablecoin yang saat ini telah beredar.

“Saya khawatir tentang banyak stablecoin dan mata uang kripto lainnya. Apakah mereka menjadi nol ketika kita membuat CBDC yang memiliki kepercayaan penuh dan pujian dari Amerika Serikat di belakangnya,” kata Lynch, dikutip dari Decrypt, Kamis (9/3/2023).

The Fed sebelumnya telah mengeksplorasi konsep mengeluarkan dolar digital selama bertahun-tahun, menerbitkan penelitian sejak 2016. CBDC mirip dengan token digital yang digunakan saat ini seperti stablecoin yang dipatok harga mata uang fiat, tetapi dikelola oleh masing-masing pemerintah bukannya dikeluarkan oleh perusahaan swasta di jaringan terdesentralisasi.

Ketua, The Jerome Powell, menunjukkan tidak jelas baginya mengapa mata uang kripto apa pun yang tidak “mengandalkan kredibilitas dolar” seperti Bitcoin atau Ethereum memiliki nilai sama sekali, terlepas dari rilis CBDC. 

Dia menahan diri untuk tidak berkomentar tentang bagaimana mereka mungkin terpengaruh oleh CBDC sebagai hasilnya.

"Saya tidak pernah memahami penilaiannya, tidak memiliki nilai intrinsik, namun demikian, diperdagangkan dengan angka positif,” ujar Powell. 

Dia juga mengungkapkan sulit untuk menilai bagaimana stablecoin akan terpengaruh, mengutip kurangnya regulasi di AS yang membuat cadangan beberapa stablecoin buram.

Stablecoin seperti Tether telah menghadapi hukuman pada masa lalu di AS karena membuat pernyataan palsu tentang dukungan token mereka. Bulan lalu, Paxos mengatakan sedang mempersiapkan potensi gugatan dari Securities and Exchange Commission atas stablecoin BUSD bermerek Binance.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya