Pelaku Industri Sambut Baik Penetapan Bursa Kripto Indonesia

Dengan adanya Bursa kripto, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri aset kripto.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 22 Jul 2023, 14:10 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2023, 14:10 WIB
Ilustrasi Kripto atau Penambangan kripto. Foto: Freepik
Ilustrasi Bursa Kripto atau Crypto. Foto: Freepik

Liputan6.com, Jakarta CEO Tokocrypto, Yudhono Rawis sebagai salah satu pelaku industri kripto di Indonesia menyambut baik penetapan Bursa Aset Kripto oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). 

Yudhono mengatakan dengan kelembagaan ekosistem industri aset kripto melalui bursa kripto yang lengkap bisa menyediakan kepastian hukum, transparansi, dan perlindungan bagi para pelaku bisnis serta investor di dalamnya.

“Penetapan ini merupakan langkah penting dalam memperkuat posisi Indonesia menjadi salah satu pusat perdagangan dan inovasi aset kripto di wilayah Asia Tenggara,” kata Yudhono kepada Liputan6.com, Jumat (21/7/2023).

Dia menambahkan, dengan adanya Bursa kripto, Kliring, dan Pengelola Tempat Penyimpanan Aset Kripto yang diatur oleh Bappebti, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri aset kripto. Melalui regulasi yang jelas dan terpadu, para pelaku bisnis dapat beroperasi secara legal dan terhindar dari praktik-praktik yang merugikan.

Memperluas Aksesibilitas Aset Kripto

Selain itu, menurut Yudhono keberadaan kelembagaan ini juga dapat memperluas aksesibilitas terhadap aset kripto bagi masyarakat umum. 

Sebagai salah satu pelaku industri, Yudhono  mendukung dan menunggu arahan strategis lainnya berkenaan dengan penetapan kelembagaan ini di mana Tokocrypto akan tetap mengedepankan kenyamanan dan keamanan pengguna, jika ada perubahan atau penyesuaian yang harus dilakukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harapan Pelaku Industri

Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.
Koin Kripto atau Crypto. Disimak harga kripto hari ini.

Adapun Yudhono berharap penetapan ini akan mendorong pertumbuhan ekosistem aset kripto di Indonesia. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menciptakan peluang baru untuk inovasi teknologi, investasi, serta pengembangan ekonomi yang berkelanjutan.

“Terima kasih kepada Bappebti atas komitmen mereka dalam mengembangkan dan mengatur industri aset kripto yang bertanggung jawab,” pungkas Yudhono.

Kepala Badan Pengawas Bappebti, Didid Noordiatmoko sebelumnya menyampaikan, setelah melalui proses panjang serta sesuai ketentuan peraturan yang berlaku, Bappebti menetapkan pendirian bursa kripto melalui Keputusan Kepala Bappebti Nomor 01/BAPPEBTI/SP-BBAK/07/2023 tertanggal 17 Juli 2023 tentang Persetujuan Sebagai Bursa Berjangka Aset Kripto kepada PT Bursa Komoditi Nusantara. 

 


Hal Diatur Bappebti

Ilustrasi bursa aset kripto Tokocrypto
Ilustrasi bursa aset kripto Tokocrypto

Selain itu, Bappebti juga menerbitkan Keputusan Kepala Bappebti Nomor 01/BAPPEBTI/SP-LKBAK/07/2023 tertanggal 17 Juli 2023 tentang Persetujuan Sebagai Lembaga Kliring Berjangka untuk Penjaminan dan Penyelesaian Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto kepada PT Kliring Berjangka Indonesia. 

Hal lain yang juga diatur oleh Bappebti adalah Pengelola Tempat Penyimpanan Aset Kripto melalui Keputusan Kepala Bappebti Nomor 01/BAPPEBTI/SP-PTPAK/07/2023 tertanggal 20 Juli 2023 Tentang Persetujuan Sebagai Pengelola Tempat Penyimpanan Aset Kripto kepada PT Tennet Depository Indonesia. 

DisclaimerSetiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya