Meta Bakal Gandeng Google untuk Promosi ETF Bitcoin di Facebook hingga Instagram

Dengan iklan ETF Bitcoin yang ditayangkan awal minggu ini di laman penelusuran Google dan YouTube, pemain lain seperti Meta kemungkinan akan segera bergabung.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 05 Feb 2024, 08:12 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2024, 08:12 WIB
Meta Bakal Gandeng Google untuk Promosi ETF Bitcoin di Facebook hingga Instagram
Raksasa teknologi besar sudah mulai melakukan pemanasan di pasar kripto dengan produk yang diatur dengan baik seperti ETF Bitcoin.(Unsplash/Dima Solomin)

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa teknologi besar sudah mulai melakukan pemanasan di pasar kripto dengan produk yang diatur dengan baik seperti ETF Bitcoin.

Dengan iklan ETF Bitcoin yang ditayangkan awal minggu ini di laman penelusuran Google dan YouTube, pemain lain seperti Meta kemungkinan akan segera bergabung.

Dalam pengamatannya, Presiden ETF Store, Nate Geraci telah menyarankan Facebook dan Instagram akan segera mengizinkan tampilan iklan untuk ETF Bitcoin. Wawasan Geraci mengisyaratkan potensi perubahan dalam kebijakan periklanan di platform media sosial populer, dengan harapan platform tersebut akan terbuka terhadap iklan yang terkait dengan ETF Bitcoin spot dalam waktu dekat.

Mengacu pada Facebook sebagai “boomer honeypot” yang potensial, Geraci menyiratkan bahwa basis pengguna raksasa media sosial tersebut, yang mencakup demografi individu berusia lanjut yang signifikan, dapat memainkan peran penting dalam memperluas jangkauan iklan ETF Bitcoin.

Melansir Coingape, Minggu (5/2/2024), ketika lanskap mata uang kripto dan ETF terus bersinggungan, prospek platform media sosial utama yang menggunakan iklan ETF Bitcoin dapat menandai perkembangan signifikan bagi industri kripto.

Selain itu, meluncurkan iklan ETF Bitcoin di FB dan Instagram mungkin menarik karena platform ini memiliki basis pengguna milenial dan GenZ yang besar, yang lebih terbiasa dengan dunia kripto.

Namun, tidak semua orang bersedia menawarkan iklan kripto. Induk Facebook, Meta, tampaknya memiliki kisah perubahan haluan karena harga saham Meta melonjak secara mengejutkan sebesar 20 persen pada Jumat, 2 Februari kemarin, setelah mengumumkan rencana pembayaran dividen pertama perusahaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Umumkan Buyback

Meta
Facebook baru saja mengumumkan perubahan nama menjadi Meta. (Foto: Facebook)

Perusahaan telah mengizinkan pembelian kembali saham (buyback) senilai USD 50 miliar dan mengumumkan dividen triwulanan sebesar 50 sen per saham. Hal ini terjadi karena hasil yang kuat serta keuntungan yang besar dari investasinya pada teknologi baru seperti metaverse. Raihan ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan investor terhadap Meta yang telah berjuang selama beberapa waktu.

Di sisi lain, rencana restrukturisasi perusahaan tampaknya membuahkan hasil yang baik. Meta telah berfokus pada pengurangan biaya selama setahun terakhir, yang mengakibatkan pemecatan lebih dari 21.000 karyawan sejak akhir tahun 2022. Pimpinan perusahaan Mark Zuckerberg menyebut tahun 2023 sebagai tahun efisiensi.

Menariknya, Meta juga akan bersaing dengan raksasa teknologi besar yakni Microsoft dan Alphabet di bidang AI. Perusahaan telah menunjukkan kemajuan dalam AI dengan peluncuran model Llama 2 , dan Llama 3 mendatang menunjukkan inovasi berkelanjutan di bidang ini.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Anggota Parlemen AS Pertanyakan Proyek Kripto dan Blockchain Meta

Threads Meta
Threads Meta. (Unsplash/Julio Lopez)

Sebelumnya diberitakan, Komite Layanan Keuangan DPR Amerika Serikat, Maxine Waters memberikan tekanan pada Meta untuk terbuka tentang rencana terkait blockchain atau kriptonya. Ini karena lima aplikasi merek dagang terkait cryptocurrency dan blockchain milik META masih aktif sejak 2022.

Dilansir dari Cointelegraph, Rabu (24/1/2024), Maxine Waters menyatakan dalam surat pada 22 Januari kepada pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg dan kepala operasi META, Javier Olivan permohonan merek dagang yang diajukan pada 18 Maret 2022 mewakili niat berkelanjutan untuk memperluas keterlibatan perusahaan dalam ekosistem aset digital.

Waters mengatakan, aplikasi tersebut menunjukkan Meta sedang mengerjakan aset digital meskipun Meta memberi tahu staf Komite Jasa Keuangan Demokrat pada 12 Oktober 2023,  tidak ada aset digital yang sedang dikerjakan di Meta.

Meta membatalkan rencana pembayarannya kripto stablecoin Diem (sebelumnya Libra) pada pertengahan 2019 karena tekanan dari anggota parlemen. Ia menjual Diem seharga USD 200 juta atau setara Rp 3,1 triliun (asumsi kurs Rp 15.658 per dolar AS pada Januari 2022 ke Silvergate Bank yang sekarang bangkrut.

Rencana Meta pada pertengahan 2019 untuk merilis dompet digital, Novi (sebelumnya Calibra), pada 2020 juga gagal tanpa ada indikasi tanggal rilis baru. 

Pengajuan merek dagang META menunjukkan berbagai layanan untuk perdagangan kripto, aset blockchain, pertukaran, pembayaran, transfer, dompet, dan infrastruktur perangkat keras dan perangkat lunak terkait.

Meta memiliki waktu paling cepat hingga 15 Februari untuk merespons surat pertama yang dikirimkan. NOA terbaru dikirimkan pada 16 Januari, artinya masih ada waktu hingga 16 Juli untuk merespons.

 


Thailand Peringatkan Meta untuk Kendalikan Iklan Penipuan Kripto

Ilustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer
Ilustrasi Kripto atau Crypto. Foto: Unsplash/Traxer

Sebelumnya diberitakan, Kementerian Ekonomi dan Masyarakat Digital Thailand  (DES) telah meminta Meta (META) Facebook untuk mengekang jumlah penipuan investasi kripto yang diiklankan di situs tersebut, atau berisiko diusir dari negara tersebut.

Dilansir dari CoinDesk, Sabtu (26/8/2023), iklan penipuan kripto ini telah berdampak pada lebih dari 200.000 orang, menurut pernyataan yang dipublikasikan di situs Kementerian. 

Menteri yang bertanggung jawab atas DES, Chaiwut Thanakmanusorn telah meminta pengadilan Thailand untuk menyiapkan perintah yang akan menutup Facebook pada akhir bulan jika platform tersebut tidak mematuhinya.

Selama tiga tahun, Facebook yang sekarang dikenal sebagai META secara bertahap melonggarkan pembatasannya pada iklan terkait cryptocurrency dan blockchain, CoinDesk telah melaporkan sebelumnya, memperluas kriteria dan menerima lisensi peraturan untuk menjalankan iklan semacam itu.

Pada Maret 2022, perusahaan tersebut digugat oleh Komisi Persaingan dan Konsumen Australia karena diduga terlibat dalam tindakan yang salah, menyesatkan, atau menipu dengan menerbitkan iklan kripto penipuan yang ditautkan ke selebritas terkemuka Australia.

 


Cukup Ketat Atur Kripto

Aset Kripto
Perkembangan pasar aset kripto di Indonesia. foto: istimewa

Thailand menjadi salah satu negara yang cukup ketat dalam mengatur kripto. Pada Juli 2023, Thailand mengumumkan larangan pertukaran kripto untuk menawarkan layanan pinjaman, demi meningkatkan perlindungan investor, sebagai strategi Thailand dalam mengatur kripto. 

Pengumuman ini disampaikan oleh Komisi Sekuritas dan Pertukaran Thailand pada 3 Juli 2023. Pengumuman itu memperjelas larangan tersebut juga berlaku untuk layanan penyimpanan yang menawarkan pengembalian kepada deposan dan pemberi pinjaman, sehingga langsung melarang pertukaran dari menawarkan layanan peminjaman dan taruhan.

Operator bursa harus memastikan pengguna mengetahui risikonya sebelum menyetujui untuk menggunakan layanan ini. Selain itu, penilaian kesesuaian investor akan menentukan seberapa banyak pengguna berhak berinvestasi di kripto.

Regulator Thailand tahun lalu melarang pembayaran kripto, tetapi membiarkan pintu terbuka bagi konsumen untuk berinvestasi kripto sebagai aset.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya