Anjlok 34%, Cek Kinerja Kripto WAVES Coin 4 Juni 2024

Waves Diluncurkan pada Juni 2016 setelah salah satu mata uang kripto paling awal di industri melakukan Initial Coin Offering (ICO).

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 04 Jun 2024, 14:38 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2024, 14:38 WIB
Ilustrasi Kripto. (Foto By AI)
Ilustrasi Kripto. (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta Waves adalah platform blockchain multiguna yang mendukung berbagai kasus penggunaan termasuk aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan smart contract. Kripto asli Waves adalah WAVES Coin.

Dilansir dari Coinmarketcap, Waves Diluncurkan pada Juni 2016 setelah salah satu mata uang kripto paling awal di industri melakukan Initial Coin Offering (ICO). Token asli Waves adalah WAVES, token dengan suplai tidak terbatas yang digunakan untuk pembayaran standar penambang di blockchain Waves seperti imbalan blok.

Pada perdagangan Selasa (4/6/2024), harga WAVES Coin alami penurunan besar. Berikut pergerakan harga WAVES Coin selama 24 jam terakhir. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, WAVES Coin anjlok 34,29 persen dalam 24 jam terakhir. Harga WAVES Coin saat ini berada di level Rp 25.058 dengan volume perdagangan 24 jam terakhir sebesar Rp 7,1 triliun.

WAVES Coin memiliki kapitalisasi pasar sekitar Rp 2,8 triliun. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 109,6 juta WAVES Coin dari maksimal suplai tidak tersedia.

Waves pada awalnya dibuat untuk meningkatkan platform blockchain pertama dengan meningkatkan kecepatan, utilitas, dan keramahan pengguna. Platform ini telah mengalami berbagai perubahan dan menambahkan fitur baru untuk membangun desain aslinya.

Pendiri Waves

Waves identik dengan pendirinya, yaitu ilmuwan kelahiran Ukraina Alexander Ivanov (dikenal juga sebagai Sasha Ivanov).

Sebelum menciptakan Waves, Ivanov sudah aktif di dunia mata uang kripto, setelah merilis bursa instan Coinomat dan situs pengindeksan Cooleindex yang sekarang sudah berhenti beroperasi. Dia juga menciptakan versi awal stablecoin, CoinoUSD, yang terikat dengan dolar AS.

Ivanov aktif mempromosikan Waves secara terbuka, sering melakukan wawancara tentang platform ini dan tren di industri blockchain yang lebih luas.

Menurut literatur pemasaran Waves, perusahaan ini kini mempekerjakan lebih dari 180 orang di berbagai lokasi termasuk Moskwa dan Swiss.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harga Bitcoin Menguat Terbatas, Investor Cermati Langkah The Fed

Ilustrasi Kripto. (Foto By AI)
Ilustrasi Kripto. (Foto By AI)

Harga Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan tipis pada akhir pekan lalu, membalikkan sebagian kerugian sebelumnya dan berhasil menembus level USD 68.000. Data aliran pasar ETF Bitcoin spot AS pada Jumat lalu mendorong permintaan pembeli terhadap BTC. 

Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menjelaskan meningkatnya taruhan investor pada penurunan suku bunga The Fed di bulan September mempengaruhi minat terhadap ETF BTC spot. 

“Menurut CME FedWatch Tool, kemungkinan keputusan The Fed untuk menurunkan suku bunga pada bulan September turun dari 50,2% menjadi 45,2% dalam pekan yang berakhir pada tanggal 31 Mei,” kata Fyqieh dalam siaran pers, dikutip Selasa (4/6/2024).Pada Mei, pasar ETF BTC spot AS mencatat total arus masuk bersih sebesar USD 2.095 juta, setelah mengalami total arus keluar bersih sebesar USD 344 juta pada bulan April. 

Cermati Langkah The Fed

Fyqieh menuturkan meskipun pasar ETF BTC spot AS mencatat arus masuk selama empat minggu berturut-turut, pekan depan bisa menjadi masa yang bergejolak bagi pasar keuangan global. 

“Data IMP Jasa ISM AS dan pasar tenaga kerja AS akan mempengaruhi prospek suku bunga The Fed,” jelasnya

Dimulainya kembali arus keluar bersih di pasar ETF BTC spot AS dan kebijakan The Fed yang lebih hawkish dapat memberikan dampak negatif bagi pasar kripto. Volatilitas Bitcoin terus memikat investor di seluruh dunia, dan perkembangan ekonomi terkini di Amerika Serikat mungkin akan menentukan langkah besar selanjutnya. 

Menurutnya, ketika ekspektasi beralih ke rilis data inflasi dalam waktu dekat, korelasi antara Indeks Harga Konsumen (CPI) dan fluktuasi Bitcoin menjadi sorotan. 

 


Inflasi AS Melambat Dapat Dorong Harga BTC

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Fyqieh mengungkapkan Bitcoin dapat mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa jika inflasi di Amerika Serikat, yang diukur dengan data CPI, cukup melambat. Jika inflasi mencapai 3,3% atau lebih rendah, Bitcoin berpotensi mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa. 

Data CPI AS akan dirilis pada 12 Juni. CPI bulan Mei tercatat sebesar 3,4%, sedikit menurun dari bulan sebelumnya. Namun, angka ini masih terlalu tinggi untuk memungkinkan kenaikan signifikan pada Bitcoin. Dalam dua minggu menjelang rilis data bulan Mei, arus masuk ke ETF Bitcoin tetap kuat dengan harapan inflasi yang lebih rendah. 

Jika hasil CPI melebihi ekspektasi, momentumnya bisa melemah, seperti yang terjadi pada awal tahun ini. Jika CPI bulan Juni berada di bawah perkiraan, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan investor dan memicu gelombang baru pembelian BTC,”  

“Inflasi yang lebih rendah tidak hanya mendukung Bitcoin tetapi juga meningkatkan persepsi aset digital sebagai lindung nilai terhadap inflasi,” pungkasnya.

Adapun sentimen Crypto Fear & Greed Index menunjukkan level Greed pada 73 poin, sedikit menurun dari pekan lalu yang berada di 74 poin. 

Meskipun ada penurunan kecil dalam optimisme, pasar kripto masih berada dalam fase yang cukup bullish. Investor tampaknya tetap percaya diri meskipun ada beberapa fluktuasi harga, menandakan keyakinan bahwa tren naik jangka panjang akan terus berlanjut. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya