Penambang Bitcoin Ionic Digital Tunda IPO, Ada Apa?

Penambang bitcoin, Ionic Digital juga tidak memberikan jadwal IPO yang tertunda.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 09 Agu 2024, 16:00 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2024, 16:00 WIB
Penambang Bitcoin Ionic Digital Tunda IPO, Ada Apa?
Penambang Bitcoin asal Amerika Serikat, Ionic Digital menunda rencana untuk go public.(Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Penambang Bitcoin asal Amerika Serikat, Ionic Digital menunda rencana untuk go public setelah pengunduran diri CEO dan auditornya.

Ionic Digital sendiri menjadi sorotan beberapa waktu lalu setelah membeli aset pertambangan milik pemberi pinjaman kripto, Celsius yang bangkrut.

"Ketiadaan auditor sementara telah mencegah Perusahaan untuk dapat memperbarui pengajuan SEC-nya, yang pada gilirannya telah menunda upaya Ionic Digital untuk menjadi perusahaan pelaporan publik," jelas pernyataan resmi perusahaan, dikutip dari Coindesk, Jumat (9/8/2024).

Pihak Ionic Digital juga tidak memberikan jadwal IPO yang tertunda.

Pada Juli 2024, mantan CEO Ionic Digital Matt Prusak mengatakan kepada jajaran perusahaan bahwa ia tidak akan bertahan setelah masa kerjanya berakhir pada 14 Agustus mendatang.

Ionic sendiri telah mulai mencari CEO baru dan menunjuk CFO yang baru direkrutnya, John Penver, sebagai pimpinan sementara.

Penver dipekerjakan pada Juli untuk menggembalakan rencana perusahaan untuk go public. Ionic Digital mengatakan, meskipun terjadi perubahan kepemimpinan, perusahaan tersebut masih bermaksud untuk melakukan penawaran umum perdana dan optimis Penver akan dapat memimpin perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut.

Namun, waktu yang dibutuhkan adalah masalah lain.

Ionic juga mengatakan bahwa auditornya, RSM US, memutuskan hubungan dengan penambang tersebut, dengan mengutip keputusan strategis oleh firma akuntansi untuk mengakhiri layanan kepada perusahaan-perusahaan yang terkait dengan kripto.

"Keputusan RSM bukan merupakan hasil dari ketidaksepakatan dengan Perusahaan mengenai prinsip, praktik akuntansi, pengungkapan laporan keuangan, atau ruang lingkup atau prosedur audit," kata Ionic dalam keterangannya, seraya menambahkan bahwa perusahaan telah membuat kemajuan yang baik dalam mencari penggantinya.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Penundaan IPO Ionic Digital Terjadi di Tengah Kompetisi Penambangan BTC

Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Thought Catalog)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Unsplash/Thought Catalog)

Berita tentang penundaan tersebut muncul pada saat lanskap pertambangan menjadi lebih kompetitif setelah Bitcoin baru-baru ini berkurang separuhnya, yang memotong hadiah blok yang dibayarkan secara teratur kepada para penambang hingga setengahnya.

Ketersediaan ETF Bitcoin juga telah menghalangi banyak investor dari industri pertambangan, menutup beberapa pintu modal bagi para penambang.

Hal ini telah memberi tekanan pada beberapa perusahaan yang mencoba untuk membawa perusahaan mereka ke publik.

Baru-baru ini, perusahaan jasa keuangan Bitcoin, Swan Bitcoin, yang berencana untuk go public, juga membatalkan IPO-nya, menghentikan bisnis hosting mining-nya, dan memangkas staf di beberapa unit, dengan alasan pendapatan yang berkurang.


Donald Trump Siap Bersaing Dengan China Jadikan AS Pusat Kripto

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan dalam konferensi bitcoin pada Sabtu AS harus mendominasi sektor kripto atau China akan melakukannya. 

Ini merupakan langkah terbarunya untuk menarik para pendukung mata uang kripto, yang telah dibatasi oleh Beijing dan yang pernah ia sebut sebagai penipuan.

Berbicara di konvensi Bitcoin 2024 di Nashville, Trump memposisikan dirinya sebagai kandidat pro-mata uang kripto menjelang pemilihan presiden 5 November, dengan mengatakan ia akan menjadikan Amerika Serikat sebagai pemimpin mata uang kripto dunia dan menerima peraturan yang lebih bersahabat.

Partai Republik telah menjanjikan peraturan yang lebih ringan untuk mata uang kripto, dan Trump telah mengecam upaya Demokrat untuk mengatur sektor tersebut.

"Jika kita tidak menerima teknologi kripto dan bitcoin, China akan melakukannya, negara lain akan melakukannya. Mereka akan mendominasi, dan kita tidak bisa membiarkan China mendominasi. Mereka telah membuat terlalu banyak kemajuan," kata Trump dalam konferensi tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (31/7/2024).

China telah menindak mata uang kripto dan ada kontrol ketat terhadap pergerakan modal melintasi perbatasannya.

Namun, orang-orang di sana masih dapat memperdagangkan token seperti bitcoin di bursa kripto, dan investor Tiongkok juga dapat membuka rekening bank di luar negeri untuk membeli aset kripto.


Donald Trump Dapat Sumbangan Rp 341 Miliar Usai Pidato di Konferensi Bitcoin

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, Minggu lalu, Donald Trump menjadi kandidat partai besar pertama yang berpidato di Bitcoin Conference di Nashville. Ia bergabung dengan Robert F. Kennedy, yang pertama kali berpidato di konferensi tersebut tahun lalu di Miami dan kembali sebagai pembicara pada 2024.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (2/8/2024), setelah pidatonya di konferensi tersebut, Donald Trump mengadakan penggalangan dana di mana ia dilaporkan mengumpulkan USD 21 juta atau setara Rp 341,1 miliar (asumsi kurs Rp 16.261 per dolar AS).

Ia juga telah menjual tiket untuk pertemuan tertutup seharga USD 800.000 per tiket. Pidatonya mewakili perubahan dari posisi sebelumnya terhadap kripto. Ia berjanji bahwa di bawah pemerintahannya, AS tidak akan menjual cadangan bitcoinnya.

Para penggemar Bitcoin dan kripto juga terdorong oleh fakta calon wakil presidennya, J.D. Vance, telah secara terbuka mengungkapkan kepemilikan setidaknya USD 100.000 dalam bentuk bitcoin pada 2022.

Trump mengumumkan pada Mei kampanyenya akan mulai menerima sumbangan kripto, dan telah mengumpulkan USD 4 juta melalui aset digital, persentase kecil dari total lebih dari USD 200 juta yang telah dikumpulkannya.

Trump bukan satu-satunya kandidat presiden yang mendukung bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Sebelum Konferensi Bitcoin, muncul laporan Kamala Harris juga tertarik untuk berbicara di acara tersebut.

Para pembantu kampanyenya dan para petinggi Demokrat juga dilaporkan telah bertemu dengan para pemimpin industri untuk mencoba dan mengatur ulang hubungan antara partai Demokrat dan industri tersebut.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya