Laporan Terbaru Ungkap 96% Proyek NFT Dinyatakan Mati

Masa depan NFT masih belum pasti, membuat banyak orang bertanya-tanya apakah NFT benar-benar telah sentuh titik terendah.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 05 Sep 2024, 06:00 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 06:00 WIB
Laporan Terbaru Ungkap 96% Proyek NFT Dinyatakan Mati
Laporan baru oleh nftevening mengungkap keadaan pasar Non Fungible Token (NFT) yang mengkhawatirkan. (Foto: Unsplash by Pawel Czerwinski)

Liputan6.com, Jakarta - Laporan baru oleh nftevening mengungkap keadaan pasar Non Fungible Token (NFT) yang mengkhawatirkan, dengan 96 persen NFT sekarang dianggap mati. Analisis tersebut menyoroti tingginya tingkat ketidakuntungan di antara para pemegang dan umur pendek sebagian besar NFT.

Dilansir dari Bitcoin.com, ditulis Kamis (5/9/2024), sebanyak 96 persen NFT dianggap mati yang berarti tidak ada volume perdagangan, terjual dalam waktu minimal 7 hari, dan hampir tidak ada di platform media sosial seperti X. 

Pengungkapan yang mengganggu ini menggarisbawahi volatilitas pasar dan posisi yang tidak pasti dari banyak proyek NFT.  Lebih jauh, laporan tersebut menyoroti beban keuangan yang dihadapi oleh investor NFT, dengan lebih dari 43 persen pemegang saham dalam kondisi rugi. 

Rata-rata, investor ini menghadapi penurunan investasi sebesar 44,5 persen. Khususnya, umur rata-rata NFT sekarang hanya 1,14 tahun, yang jauh lebih pendek daripada proyek aset kripto tradisional.

Lebih jauh, analisis nftevening.com menyoroti kontras yang mencolok dalam profitabilitas berbagai koleksi NFT. Sementara beberapa, seperti koleksi Azuki, telah berkembang pesat berkat keterlibatan komunitas yang kuat dan pemasaran yang cerdas, yang lain, seperti koleksi Pudgy Penguins, telah jatuh, dengan pemegang melihat penurunan nilai sebesar 97 persen.

Masa depan NFT masih belum pasti, membuat banyak orang bertanya-tanya apakah mereka benar-benar telah mencapai titik terendah. 

Sementara area lain dari ruang kripto dan blockchain telah melihat pertumbuhan selama bull run 2024, NFT sayangnya telah mengalami tren ke arah yang berlawanan, dengan penurunan yang stabil sejak awal tahun ini. 

Namun, menurut metrik Cryptoslam.io, penjualan NFT telah mencapai nilai total penjualan sebesar USD 66,128 miliar atau setara Rp 1.028 triliun.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Koleksi NFT Keempat Donald Trump Sudah Terjual Rp 33,4 Miliar

NFT. Foto: Freepik
NFT. Foto: Freepik

Sebelumnya, koleksi Non Fungible Token (NFT) mantan presiden AS dan kandidat presiden saat ini, Donald Trump, tengah menjadi perbincangan hangat di pasar kripto. Diluncurkan pada 27 Agustus, koleksi keempat NFT Trump telah mencapai lebih dari 22.000 penjualan melalui jaringan Polygon hanya dalam satu hari.

Dilansir dari Coinmarketcap, Jumat (30/8/2024), penjualan luar biasa melalui jaringan Polygon mencapai USD 2,17 juta atau setara Rp 33,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.464 per dolar AS), dengan setiap NFT dihargai USD 99.

Penjualan awal hanya mencapai 6% dari total 360.000 NFT. Dengan NFT yang belum dirilis di pasar sekunder, yang ditunda hingga 2025, seluruh koleksi memiliki potensi pendapatan sebesar USD 35 juta.

Donald Trump sebelumnya mengumumkan di platform Truth Social miliknya pada Selasa perilisan seri keempat kartu perdagangan digitalnya, berjudul "The America First Collection." Ia menyatakan seri baru non-fungible token (NFT) diluncurkan karena permintaan populer.

Koleksi tersebut mencakup 50 kartu perdagangan digital yang unik. Dalam sebuah video promosi, Trump menjelaskan kartu-kartu ini memperlihatkan dirinya yang sedang menari dan bahkan saya memegang beberapa bitcoin.

Donald Trump menjelaskan pembelian 15 atau lebih kartu perdagangan digital disertai dengan keuntungan tambahan kartu fisik akan dikirimkan kepada pembeli, setiap kartu berisi sepotong setelan yang dikenakannya selama debat presiden Juni dengan Joe Biden, yang disebut oleh beberapa penggemar sebagai setelan yang memukau.


Donald Trump Luncurkan Koleksi NFT Keempat, Berapa Harganya?

Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)

Sebelumnya, Mantan Presiden AS Donald J Trump mengumumkan di platform Truth Social miliknya pada Selasa perilisan seri keempat kartu perdagangan digitalnya, berjudul "The America First Collection." Ia menyatakan seri baru non-fungible token (NFT) diluncurkan karena permintaan populer.

Koleksi tersebut mencakup 50 kartu perdagangan digital yang unik. Dalam sebuah video promosi, Donald Trump menjelaskan kartu-kartu ini memperlihatkan dirinya yang sedang menari dan bahkan memegang beberapa bitcoin.

Trump menjelaskan pembelian 15 atau lebih kartu perdagangan digital disertai dengan keuntungan tambahan kartu fisik akan dikirimkan kepada pembeli, setiap kartu berisi sepotong setelan yang dikenakannya selama debat presiden Juni dengan Joe Biden, yang disebut oleh beberapa penggemar sebagai setelan yang memukau. 

Setelan tersebut akan dipotong-potong dan disertakan dengan setiap kartu. Selain itu, lima dari kartu fisik ini akan dipilih secara acak untuk ditandatangani oleh Trump. Trump menambahkan pembelian 75 kartu perdagangannya termasuk undangan ke jamuan makan malam gala di klub negaranya di Jupiter, Florida.

Mantan presiden tersebut mengonfirmasi kartu-kartu tersebut akan tetap dihargai USD 99 atau setara Rp 1,52 juta (asumsi kurs Rp 15.464 per dolar AS) masing-masing.

 

 


SEC Bersiap

Kantor U.S. Securities and Exchange Commission. Foto: SEC
Kantor U.S. Securities and Exchange Commission. Foto: SEC

Ia mencatat pembelian kartu-kartu tersebut mudah, hanya memerlukan alamat email dan kartu kredit atau mata uang kripto. Trump juga kembali menunjukkan reputasinya di dunia kripto dalam pengumuman peluncuran NFT tersebut.

“Mereka memanggil saya presiden kripto. Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, tetapi banyak orang mengatakan demikian,” kata Trump, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (30/8/2024).

Di sisi lain Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) tengah bersiap untuk mengambil tindakan penegakan hukum terhadap NFT. 

SEC dilaporkan telah mengeluarkan pemberitahuan Wells kepada Opensea, yang menuduh bahwa beberapa NFT di pasar diklasifikasikan sebagai sekuritas. Trump telah berjanji untuk memecat Ketua SEC.

 

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: 5 NFT termahal di Dunia (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya