Pluto Dianggap Bukan Bagian Sistem Tata Surya

Pluto dinilai tak memiliki pengaruh gravitasi pada gerak planet lain dan memiliki orbit yang berbeda dengan delapan planet tata surya lainnya. Pluto kini dikategorikan sebagai planet kecil di luar sistem tata surya.

oleh Liputan6 diperbarui 25 Agu 2006, 07:51 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2006, 07:51 WIB
250806alnpluto.jpg
Liputan6.com, Praha: Planet Pluto resmi dikeluarkan dari kelompok kosmik yang membentuk sistem tata surya. Benda luar angkasa ini memiliki orbit yang berbeda dengan delapan planet tata surya lainnya. Keputusan ini diambil melalui perdebatan panjang yang diikuti sekitar 2.500 astronom dari 75 negara di Kota Praha, Republik Ceko, Kamis (24/8).

Sebagian ilmuwan juga beralasan Pluto tak memiliki pengaruh gravitasi pada gerak planet lain. Meski demikian, tak sedikit dari ilmuwan yang memprotes putusan ini dan meminta diadakan penelitian lanjutan atas Pluto. Namun hasil pemungutan suara akhirnya mengukuhkan pencabutan Pluto dari tata surya meski hanya diikuti 300 dari 2.500 peserta.

Hasil pertemuan para astronom sedunia ini sekaligus mengakhiri predikat Pluto sebagai planet paling buncit di sistem tata surya. Predikat ini telah melekat sejak Pluto ditemukan pada 1930. Pluto kini hanya dikategorikan sebagai planet kecil di luar sistem tata surya.(TOZ)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya