Picu Halusinasi, Video Ini (Tidak) Boleh Ditonton

Sebuah video YouTube yang diunggah oleh akun ScienceForum dapat mengundang halusinasi bagi pemirsanya.

oleh Alexander Lumbantobing diperbarui 31 Mei 2015, 19:02 WIB
Diterbitkan 31 Mei 2015, 19:02 WIB
Awas Halusinasi Video Ini
Sebuah video YouTube yang diunggah oleh akun ScienceForum dapat mengundang halusinasi bagi pemirsanya.

Liputan6.com, Madrid - Sebuah video YouTube yang belum lama ini diunggah oleh akun ScienceForum dapat mengundang halusinasi bagi pemirsanya, seakan-akan sedang teler karena narkoba.

Video singkat itu berisi petunjuk dalam bahasa Inggris, antara lain berisi perintah untuk terus menatap huruf-huruf di dalam suatu lingkaran kecil di tengah layar menuju akhir tayangan. Tapi, Anda jangan menoleh sebelum diminta.

Dengan berjalannya waktu, ketika tiba di akhir tayangan, Anda akan diminta mengalihkan pandangan ke dinding, lantai atau benda rata yang luas sejenisnya.

Pandangan Anda pun akan tetap berpendar seperti ketika sedang menatap tayangan sebelumnya. Namun jangan khawatir karena halusinasi ini hanya akan berlangsung selama beberapa detik saja. Ilusi ini dikenal dengan motion after effect (MAE).

Namun demikian, ada amaran atau perintah penting untuk berhati-hati dalam menyaksikan video ini. Terutama kepada pemirsa yang menderita epilepsi dengan kepekaan terhadap sinar. (Alx/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya