KFC Bikin Dupa Aroma Ayam Goreng Dalam Rangka Imlek, Tertarik?

KFC Thailand baru-baru ini bekerja sama dengan beberapa ahli wewangian untuk membuat dupa, yang tidak hanya terlihat dapat dimakan tetapi juga berbau seperti ayam goreng KFC saat dibakar.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 23 Jan 2023, 19:10 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2023, 19:10 WIB
Ilustrasi dupa. (Freestockcenter/Freepik)
Ilustrasi dupa. (Freestockcenter/Freepik)

Liputan6.com, Bangkok - KFC Thailand baru-baru ini bekerja sama dengan beberapa ahli wewangian untuk membuat dupa, yang tidak hanya terlihat dapat dimakan tetapi juga berbau seperti ayam goreng KFC saat dibakar.

Mengutip Oddity Central, Kamis (23/1/2023), disebutkan bahwa resep rahasia Kolonel Sanders yang mengandung 11 bumbu dan rempah terkenal sulit ditiru di dapur, apalagi di dupa, tetapi KFC Thailand mengklaim telah mencapai hal yang mustahil itu. Bermitra dengan sejumlah pakar wewangian dan parfum, rantai makanan cepat saji internasional cabang Thailand ini berhasil menghadirkan formula dupa yang tidak hanya terlihat cukup enak untuk dimakan, tetapi juga mengeluarkan aroma yang sama dengan ayam goreng KFC saat dinyalakan.

Pak Wansiri, CCO dari perusahaan pemasaran Wunderman Thompson Thailand, mengatakan bahwa tujuan dari proyek unik ini adalah untuk membuat merek KFC menjadi perhatian publik pada Tahun Baru Imlek dengan memanfaatkan tradisi berusia berabad-abad – menyalakan dupa untuk memberi hormat kepada para dewa.

Membuat dupa ayam goreng ternyata jauh lebih menantang dari yang diperkirakan tim sebelumnya. Mereka tidak harus meniru 11 resep bumbu dan rempah KFC, tetapi harus mengandalkan penyedap makanan untuk mencapai tujuan mereka. Untuk melakukan ini, KFC Scent bekerja sama dengan Sense Laboratory Co.,Ltd. dan Dupa Klinkasem.

Tampilan dan tekstur dupa yang unik ini juga merupakan tantangan, karena harus terlihat sedap seperti baunya.

Sayangnya, dupa beraroma ayam goreng KFC ini tidak untuk dijual, tetapi bagian dari undian yang unik. Peserta harus mengomentari halaman Facebook KFC Thailand untuk kesempatan memenangkan salah satu dari 100 hadiah senilai 32.000 baht sekitar Rp 14,6 juta dan sekotak dupa ayam goreng.

Namun, jangan sedih, sepertinya dupa aroma ayam goreng KFC ini juga bakal muncul di platform lelang seperti eBay.


7 Hal yang Jarang Orang Ketahui Tentang KFC

KFC.
ilustrasi gerai KFC. (Dok. Denvit/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan keranjang ayam goreng KFC berwarna merah dan putih yang selalu ada dan wajah Kolonel Sanders yang menyenangkan.

Atau kamu memang salah satu penggemar yang hampir tidak pernah absen untuk memakan ayam ini kapan pun dan di mana pun.

Banyak dari kita yang telah mencicipi dan jatuh cinta dengan rasa ayam goreng KFC yang unik dan menggiurkan.

Siapa saja pasti menyukai ayam KFC selain dari rasa dan tekstur yang luar biasa, pergi ke KFC menciptakan suatu kenangan masa kecil bersama keluarga yang tidak terlupakan.

Namun, kamu mungkin tidak tahu kisah sebenarnya di balik restoran cepat saji yang sudah ada sejak tahun 1952 ini atau beberapa rahasia lainnya.

Ada begitu banyak rahasia tentang KFC dan resep ayam goreng terkenal dari sang pendiri yaitu Kolonel Sanders, sehingga sulit untuk memisahkan fiksi dari fakta.

Banyak orang-orang melakukan riset besar-besaran untuk mengetahui sejarah merek, resep menu, item yang harus dihindari, dan bahkan beberapa wawasan tentang resep-resep rahasia tersebut.

Sama seperti setiap merek terkenal di dunia, ada puluhan fakta aneh KFC yang selama ini dirahasiakan. 

Meskipun berstatus sebagai pusat kekuatan global, asal-usul KFC masih tetap diselimuti misteri.

Di balik setiap mangkuknya, terdapat sejarah kerahasiaan resep rahasia dan transaksi bisnis yang cerdik. Salah satunya, KFC pertama kali bernama Sanders Court & Cafe.

Mengutip dari laman Eat This Not That, Kamis (10/11/2022) berikut tujuh hal yang jarang orang ketahui tentang KFC: Klik di sini...


Heboh, KFC di Korea Selatan Tawarkan Ayam Goreng Pakai Saus Cokelat Mint

Ilustrasi
Ilustrasi gerai KFC. (dok. unsplash/Maxime Lebrun)

Hal lain yan jadi sorotan adalah restoran cepat saji KFC di seluruh Korea Selatan baru-baru ini memperkenalkan saus baru yang aneh untuk ayam gorengnya. Kemunculannya ini bikin orang-orang menaikkan alisnya lantaran warna dan rasanya yang tidak biasa, yaitu cokelat mint.

Rasa 'gila' akan cokelat mint saat ini melanda Korea Selatan akhir-akhir ini, dan perusahaan berusaha memanfaatkannya.

Perusahaan besar Korea Selatan seperti Starbucks, Haitai Confectionery and Foods, atau Orion semuanya telah menambahkan produk rasa cokelat mint ke dalam jajaran produk mereka.

Yang terbaru adalah raksasa makanan cepat saji KFC, yang baru-baru ini meluncurkan saus cokelat mint, seperti dikutip dari laman Oddity Central, Jumat (22/7/2022).

Makanan cepat saji ini menampilkan warna biru muda yang agak mencolok dan tekstur yang lengket, saus ayam goreng yang unik baru-baru ini telah menjadi viral di media sosial.

KFC menggambarkan saus biru sebagai kombinasi dari “rasa menyegarkan dari dark sweet chocolate dan mint”.

Ini masih terdengar seperti sesuatu hal yang aneh untuk melengkapi ayam goreng, tetapi tanggapan umum untuk saus yang unik agak positif.

Bahkan jika Anda bukan penggemar makanan mint, KFC mengklaim ayam goreng kreasi terbaru mereka patut dicoba.

“Kami berharap orang-orang merasakan pengalaman KFC yang benar-benar baru dengan set menu cokelat mint yang terdiri dari ayam dan burger,” kata seorang pejabat KFC Korea Selatan.


Edisi Perdana Kosmetik Kolaborasi Brand Lokal dan KFC yang Tak Pandang Gender

Edisi Perdana Kosmetik Kolaborasi Brand Lokal dan KFC yang Tak Pandang Gender
Dua produk kosmetik yang mengawali rangkaian produk kolaborasi KFC dan Dear Me Beauty. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Di Indonesia, KFC berkolaborasi dengan brand kosmetik lokal Dear Me Beauty pada Oktober 2021. Mereka meluncurkan sembilan produk kecantikan secara berkala hingga tahun 2022.

Dua di antaranya diluncurkan sebagai awalan, yakni primer sunstick dan hydrating primer sheet mask. Kedua produk itu mengusung nilai genderless, yakni bisa dipakai pria maupun wanita, dari remaja hingga dewasa.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, primer sunstick itu merupakan produk hybrid, yakni mengombinasikan tabir surya dan primer. Produk itu dapat digunakan pada wajah dan tubuh dengan dioles. Formulanya dirancang agar terasa ringan dan halus, meski dilengkapi dengan SPF 50+ PA++++ untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Sementara, hydrating primer sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Cara pakainya cukup 15 menit saja sebelum pengguna bisa beraktivitas ke luar rumah.

"Kali ini, kami ingin mendobrak anggapan bahwa skincare hanyalah ranah kecantikan perempuan," ujar Nikita Wiradiputri, CEO dari Dear Me Beauty.

Ia menyebut rangkaian kosmetik itu sebagai collectible item. Keduanya diluncurkan secara eksklusif di salah satu e-commerce kosmetik mulai 20 Oktober hingga 3 November 2021, sebelum diedarkan di e-commerce lain pada 4 November 2021. 

Infografis harga telur dan ayam naik
Infografis harga telur dan ayam naik (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya