Serba-serbi Penobatan Raja Charles III, Bagaimana Prosesi dan Siapa Tamu Undangannya?

Penobatan Raja Charles III yang akan digelar 6 Mei mendatang akan sedikit berbeda dari tradisi biasanya, yaitu prosesi yang lebih singkat dan tamu undangan yang lebih sedikit.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 27 Jan 2023, 17:32 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2023, 17:32 WIB
Raja Charles III. (Foto: Carl de Souza/Pool via AP)
Raja Charles III. (Foto: Carl de Souza/Pool via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Penobatan Raja Charles III akan berlangsung pada 6 Mei 2023 mendatang di Westminster Abbey di London.

Dalam upacara tersebut, Raja akan dimahkotai bersama Camilla sebagai Permaisuri Ratu. 

Walaupun pihak Kerajaan belum sepenuhnya terbuka soal rencana penyelenggaraan penobatan raja, namun berikut adalah sejumlah informasi yang telah dibagikan kepada publik, berdasarkan laporan dari media asing. 

Dilansir BBC, Jumat (27/1/2023), berikut adalah serba-serbi penyelenggaraan acara penobatan Raja Charles III:

1. Apa itu Penobatan?

Penobatan adalah upacara keagamaan simbolis di mana seorang penguasa dimahkotai dan dikenakan mahkota secara fisik sebagai tanda atas perannya sebagai raja. 

Upacara itu meresmikan peran raja sebagai kepala Gereja Inggris dan menandai pengalihan gelar dan kekuasaan mereka.

2. Apakah Akan Ada Hari Libur Nasional?

Rencananya, akan ada hari libur tambahan di seluruh Inggris pada Senin (8/5).

Pada hari yang sama, orang-orang diundang untuk mengambil bagian dalam proyek sukarela lokal di komunitas lokal mereka sebagai bagian dari inisiatif Big Help Out.

Istana Buckingham telah mengumumkan berbagai acara untuk akhir pekan, termasuk konser dan pertunjukan sinar laser di Kastil Windsor pada hari Minggu.

Perayaan Pesta Makan Siang Besar juga akan diadakan pada hari tersebut. 


3. Bagaimana Prosesi Acara Penobatan?

Camilla, Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II, Kate Middleton, Pangeran William, Pangeran George, Putri Charlote, dan Pangeran Louis
Camilla, Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II, Kate Middleton, Pangeran William, Pangeran George, Putri Charlote, dan Pangeran Louis berdiri untuk menyaksikan flypast khusus dari balkon Istana Buckingham setelah Parade Ulang Tahun Ratu, Trooping the Colour, sebagai bagian dari perayaan ulang tahun platinum Ratu Elizabeth II, di London pada 2 Juni 2022. (DANIEL LEAL / AFP)

Kurang lebih, acara penobatan akan tetap sama selama lebih dari 1.000 tahun. Penyelenggaraan upacara di Inggris adalah satu-satunya acara yang tersisa di Eropa. 

Namun, Istana Buckingham mengatakan bahwa meskipun penobatan akan "berakar pada tradisi lama", itu juga akan "mencerminkan peran raja hari ini dan melihat ke masa depan".

Skalanya mungkin akan lebih pendek dan lebih kecil daripada penobatan Ratu Elizabeth II tahun 1953, dengan lebih banyak sisi agama yang terwakili.

Prosesi penobatan juga diharapkan lebih sederhana. Prosesi Ratu Elizabeth dihadiri 16.000 peserta, dan membutuhkan waktu 45 menit untuk melewati titik stasioner mana pun pada rute sepanjang 7 km (4,3 mil).

Kali ini, Raja dan Ratu akan melakukan perjalanan ke Westminster Abbey dalam prosesi, dan kembali ke Istana Buckingham dalam prosesi penobatan yang lebih besar, di mana mereka akan bergabung dengan anggota keluarga Kerajaan lainnya. Terkait ini, pihak istana belum menyebutkan siapa yang kemudian akan muncul di balkon istana.

Berikut adalah tahapan yang akan terjadi di acara penobatan:

  • Pengakuan: Saat berdiri di samping Kursi Penobatan, raja dipersembahkan kepada mereka yang berkumpul di Biara oleh Uskup Agung Canterbury. Jemaat meneriakkan "God Save the King!", dan diiringi suara terompet.
  • Sumpah: Yang berdaulat bersumpah untuk menegakkan hukum dan Gereja Inggris.
  • Pengurapan: Jubah upacara Raja dilepas dan dia duduk di Kursi Penobatan. Kain emas diletakkan di atas kursi untuk menyembunyikan Raja dari pandangan. Uskup Agung Canterbury mengurapi tangan, dada, dan kepala Raja dengan minyak suci yang dibuat berdasarkan resep rahasia tetapi diketahui mengandung ambergris, bunga jeruk, mawar, melati, dan kayu manis.
  • Penobatan: Yang berdaulat diberikan barang-barang termasuk Royal Orb, yang mewakili otoritas agama dan moral; Tongkat Kerajaan, melambangkan kekuatan; dan Tongkat Kerajaan, sebatang tongkat emas dengan burung merpati berenamel putih di atasnya, sebagai simbol keadilan dan belas kasihan. Akhirnya, Uskup Agung menempatkan Mahkota St Edward di atas kepala Raja.
  • Penobatan dan penghormatan: Raja meninggalkan Kursi Penobatan dan pindah ke tahta. Rekan-rekannya berlutut di depan raja untuk memberi penghormatan Permaisuri kemudian akan diurapi dengan cara yang sama dan dimahkotai.

4. Siapa saja Tamu yang Akan Hadir?

FOTO: Warga Inggris Berperilaku Seolah Terjangkit COVID-19, Jalanan London Sepi
Suasana sekitar The Mall di depan Istana Buckingham, London, Inggris, 21 Desember 2020. Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock mendesak warga Inggris untuk berperilaku seolah-olah mereka sudah terjangkit virus corona COVID-19. (Xinhua/Han Yan)

Upacara penobatan merupakan acara kenegaraan, yang berarti pemerintah akan mengontrol daftar tamu yang hadir.

Selain Keluarga Kerajaan, yang akan hadir termasuk perdana menteri, perwakilan dari Gedung Parlemen, kepala negara, dan bangsawan lainnya dari seluruh dunia.

Lebih dari 8.000 tamu menghadiri penobatan Ratu Elizabeth II, tetapi dalam persiapannya, Biara Westminster harus ditutup selama lima bulan untuk memungkinkan dibangunnya tempat duduk tambahan.

Kapasitas normalnya sekitar 2.200 dan sepertinya ini akan menjadi jumlah maksimum kali ini.

Sementara itu, Pangeran Harry, putra bungsu Raja Charles belum mengatakan pasti apakah ia akan datang atau tidak. 


5. Mahkota Apa yang Akan Dikenakan?

Mahkota Ratu Elizabeth II
Perhiasan mahkota kerajaan Inggris berharga tak ternilai, terutama dari historisnya. Berikut adalah beberapa perhiasan paling terkenal dan termahal (Foto: Instagram @theroyalfamily)

Raja akan dimahkotai dengan Mahkota Emas Abad ke-17 St Edward.

Mahkota ini sangat berat dan hanya digunakan pada saat penobatan, dan juga dikenakan oleh Ratu Elizabeth pada penobatannya sendiri.

Sejak kematian Ratu, telah terjadi perdebatan baru tentang bagaimana Kerajaan Inggris mendapatkan beberapa batu permata. Sebagian besar kontroversi berpusat pada berlian yang ditemukan di dua mahkota.

Salah satunya adalah Mahkota Negara Kekaisaran, yang akan dikenakan raja menjelang akhir upacara penobatan, dan yang juga akan dikenakannya saat muncul di balkon Istana Buckingham.

Mahkota itu memiliki berlian Cullinan II, terkadang disebut Bintang Kedua Afrika. Itu diberikan kepada Edward VII pada hari ulang tahunnya yang ke-66 oleh pemerintah Transvaal - bekas koloni mahkota Inggris - di tempat yang sekarang menjadi Afrika Selatan.

Tidak diketahui apakah Permaisuri akan mengenakan mahkota penobatan Ibu Suri, yang mengandung berlian kontroversial lainnya, Koh-i-Noor. Ini adalah salah satu berlian potong terbesar di dunia, dan India, Pakistan, Afghanistan, dan Iran pun telah mengklaimnya.


6. Berapa Biaya Acara Penobatan?

Raja Charles III Resmi Dinobatkan Sebagai Raja Baru Kerajaan Inggris
Raja Charles III dinobatkan sebagai raja baru Inggris (Tangkapan layar YouTube The Guardians)

Sebagai acara kenegaraan, penobatan akan dibiayai penuh oleh pemerintah Inggris.

Meskipun kemungkinan akan mendapat tekanan untuk menunjukkan kepekaan terhadap krisis biaya hidup saat ini, pemerintah diharapkan menggunakan upacara tersebut sebagai kesempatan diplomatik yang penting untuk memperkenalkan Inggris kepada dunia.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya