Beredar Spekulasi Michelle Obama Bisa Kalahkan Donald Trump di Pilpres AS 2024

Nama Michelle Obama, mantan ibu negara AS bisa mengemuka dan disebut-sebut bisa mengalahkan Donald Trump, bukan sosok Kamala Harris yang dijagokan. Tapi apakah dia akan mencalonkan diri di bursa capres Pilpres AS 2024?

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 24 Jul 2024, 14:38 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 14:11 WIB
Foto Michelle Obama
Michelle Obama mendukung pendidikan perempuan melalui kampanye “Let Girl Learn”. (Foto: Website/Wikimedia Commons)

Liputan6.com, New York - Nama Michelle Obama terus mengemuka di pinggir perbincangan mengenai siapa yang pantas menggantikan Joe Biden sebagai calon presiden dari Partai Demokrat.

Mantan ibu negara ini tetap sangat populer di kalangan Demokrat, dan prospek dia mencalonkan diri melawan Donald Trump pada bulan November tampaknya juga menimbulkan kekhawatiran di kalangan Partai Republik.

Dan meskipun sebelumnya dia tidak mengindikasikan tertarik pada jabatan tersebut - justru sebaliknya yang terjadi - keluarnya Joe Biden dari pencalonan di bursa capres Pilpres AS 2024 telah memicu spekulasi baru: Nyonya Obama yang terkenal sejak menjadi ibu negara ketika suaminya menjadi presiden AS, mungkin bisa menjadi penantang kuat Donald Trump.

Jajak pendapat Ipsos baru-baru ini, seperti dikutip dari Sky News, Rabu (24/7/2024), menemukan bahwa Michelle Obama adalah satu-satunya kandidat hipotetis yang secara pasti mengalahkan Partai Republik secara head-to-head. Selain itu dia juga menduduki peringkat teratas dalam daftar favorit di kalangan pemilih terdaftar.

Meskipun memuji Joe Biden secara berlebihan pada hari Minggu (21/7), Barack Obama tidak mengikuti jejak presiden dalam mendukung Kamala Harris.

"Untuk saat ini, Michelle dan saya hanya ingin mengungkapkan cinta dan terima kasih kami kepada Joe dan Jill karena telah memimpin kami dengan sangat cakap dan berani selama masa-masa sulit ini - dan atas komitmen mereka terhadap cita-cita kebebasan dan kesetaraan yang menjadi landasan negara ini," kata Barack Obama.

Penggunaan kata "untuk saat ini" telah menimbulkan keheranan, meskipun itu bisa saja merupakan cara mereka menghindari dukungan terhadap kandidat lain secara langsung.

Senator Partai Republik Kevin Cramer baru-baru ini mengatakan kepada New York Magazine bahwa "Michelle Obama mungkin akan menjadi satu-satunya orang yang bisa turun tangan dan menjaga partai tetap bersatu dan mungkin memberikan sedikit awal yang mengharukan karena ketenarannya yang jelas".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apakah Michelle Obama akan Tertarik?

Michelle Obama
Michelle Obama terus berupaya memberdayakan remaja perempuan di seluruh dunia melalui pendidikan. (Foto: Instagram/michelleobama)

Awal tahun ini, kantor Michelle Obama mengatakan kepada NBC News bahwa dia tidak berencana mencalonkan diri pada tahun 2024.

Salah satu ajudannya menunjuk pada diskusinya tahun lalu dengan Oprah Winfrey untuk mencerminkan pemikirannya – dan mengapa dia sendiri kemungkinan besar tidak akan pernah muncul dalam pemungutan suara.

"Politik itu sulit," katanya dalam acara spesial Netflix. "Dan orang-orang yang terlibat di dalamnya... Anda harus menginginkannya. Itu harus ada dalam jiwa Anda, karena itu sangat penting. Itu tidak ada dalam jiwa saya."

 


Mundurnya Joe Biden dari Bursa Capres AS Ubah Strategi Partai Demokrat Vs Republik?

Joe Biden
Joe Biden juga mengucapkan terima kasih kepada Kamala Harris yang ia nilai sudah menjadi mitra yang luar biasa. (AP Photo/Matt Kelley, File)

Adapun prospek Kamala Harris menjadi calon dari Partai Demokrat mendapat dorongan besar dengan dukungan Joe Biden. Dia memberikan dukungan penuh kepada Harris, dan menyebut keputusannya untuk menjadikannya sebagai wakil presiden empat tahun lalu adalah keputusan terbaik yang pernah dia buat.

Kamala Harris menanggapinya dengan mengatakan bahwa dia merasa terhormat mendapat dukungannya dan akan melakukan segala kemungkinan untuk memenangkan nominasi.

Laporan BBC menyebut ada kemungkinan bahwa sebagian besar anggota Partai Demokrat akan mengikuti jejak presiden dan berada di belakang wakil presiden Kamala Harris untuk menghindari ketidakpastian yang sedang berlangsung kurang dari sebulan setelah konvensi Partai Demokrat.

Ada alasan praktis dan politis untuk melakukan hal tersebut.

Kamala Harris juga berada di urutan berikutnya dalam garis suksesi konstitusional. 

Memilih Harris adalah sebuah risiko bagi Partai Demokrat, namun saat ini tidak ada pilihan yang aman. Dan taruhannya – kemungkinan kemenangan Donald Trump – sangatlah besar.

Di sisi lain, Konvensi Partai Republik tahun 2024 ini adalah mesin yang dikalibrasi dengan cermat, mempromosikan agenda partai yang paling populer dan memfokuskan kritik pada satu orang, Presiden Joe Biden. Tapi ternyata Partai Republik menargetkan orang yang salah.

Dengan adanya berita mengenai pembatalan kampanye Biden untuk terpilih kembali, rencana permainan Partai Republik yang dipelopori oleh Donald Trump telah berubah arah.

Partai Republik menghabiskan satu minggu penuh acara yang dirancang dengan cermat dan berfokus pada kelemahan Partai Demokrat yang menentang mereka.

Kampanye tersebut telah menyoroti kekuatan dan vitalitas kandidat mereka dengan memberinya penampilan yang meriah, didahului dengan penampilan mantan pegulat Hulk Hogan dan impresario Ultimate Fighting Championship Dana White, serta penampilan Kid Rock.

Upaya untuk kontras dengan anggapan kelemahan Biden – dan strategi untuk menghilangkan pemilih laki-laki yang lebih muda – terlihat jelas. Namun dalam skenario apa pun saat ini, calon dari Partai Demokrat adalah seseorang yang jauh lebih muda dari presiden.

Strategi kuat vs lemah melawan Wakil Presiden Kamala Harris atau salah satu gubernur muda dari Partai Demokrat yang disebut-sebut sebagai calon penerus Biden tidak akan memberikan dampak yang sama.

Jika Harris adalah calon presiden, diperkirakan Partai Republik akan mencoba mengaitkannya dengan kegagalan pemerintahan saat ini. Selama berbulan-bulan mereka menjulukinya border czar.

Meskipun mantan jaksa tersebut sama sekali bukan berasal dari sayap progresif partai tersebut, serangan-serangan Partai Republik sebelumnya terhadap Kamala Harris menunjukkan bahwa mereka mungkin juga menggambarkannya sebagai sosok radical left.

Tidak peduli siapa calonnya, Partai Republik pasti akan menyalahkan Partai Demokrat karena menutupi kelemahan Biden yang berkaitan dengan usia – dan membahayakan negara.

Pada titik ini, semua orang menjadi buta karena hanya tinggal beberapa bulan lagi hingga pemungutan suara presiden yang pertama dilakukan.  


Siapa Calon Kuat Pengganti Joe Biden dari Partai Demokrat?

Joe Biden
Pria berusia 81 tahun itu mengumumkan dukungan untuk Kamala Harris yang akan menggantikannya sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. (AP Photo/Evan Vucci)

Pengumuman mundurnya Joe Biden dari bursa capres AS tentu saja membuka jalan bagi anggota dari partai Demokrat lainnya untuk menjadi kandidat presiden partai.

Meski Kamala Harris mendapat dukungan langsung dari Joe Biden, namun ia masih harus mendapatkan dukungan dari cukup banyak delegasi menjelang Konvensi Nasional Partai Demokrat bulan depan untuk menjadi calon resmi. Namun sebagai wakil presiden saat ini dan penerus yang dipilih sendiri oleh Joe Biden, dia jelas merupakan favorit.

Sejumlah nama pengganti Joe Biden mengemuka ke publik, Kamala Harris paling top. Lainnya, mengutip BBC, ada yang memberitakan Gubernur Michigan dua periode Gretchen Whitmer, sosok populer di kalangan Demokrat Midwest yang diyakini banyak orang akan mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2028.

Dia pernah berkampanye untuk Biden di masa lalu dan dia tidak malu dengan aspirasi politiknya. Dia mengatakan kepada New York Times bahwa dia ingin melihat presiden Generasi X pada tahun 2028, tetapi dia berhenti untuk menyarankan bahwa dia cocok untuk mengisi peran itu.

Selain itu ada Gubernur California Gavin Newsom, Menteri Transportasi Pete Buttigieg, Gubernur Pennsylvania Josh Shapiro, serta Gubernur Illinois JB Pritzker yang disebut-sebut berpeluang menggantikan posisi Joe Biden.

Profesor ilmu pemerintahan di Northeastern Martha Johnson mengatakan, jika tiket presiden Demokrat diberikan kepada Kamala Harris maka ini akan menjadi sejarah.

"Ini adalah waktu yang luar biasa bagi Partai Demokrat dan negara ini, dan masih banyak pertanyaan tentang proses yang akan berjalan ke depannya," kata Johnson.

Namun Johnson memperingatkan bahwa jalannya ke depan tidak akan mudah.

"Penelitian berulang kali menunjukkan bukti seksisme dan rasisme dalam politik Amerika Serikat, baik yang eksplisit maupun yang disengaja dan lebih halus, misalnya, dalam liputan media," kata Johnson, dikutip dari northeastern.edu.

"Wanita kulit berwarna sering kali menjadi sasaran utama stereotip dan serangan seksis dan rasis."

Sementara menurut Pengamat Hubungan Internasional Suzie Sudarman, peluang cukup baik bagi Kamala Harris. "Tantangannya hanya jarang capres Demokrat Perempuan bisa diterima rakyat Amerika," ucap Johnson.

   

Infografis Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya