Israel Bagikan Selebaran untuk Informasi Hamas di Gaza dan Berhadiah Rokok

Selebaran tersebut, yang disertai dengan sebatang rokok, mengatakan orang-orang yang menelepon nomor dengan informasi tentang pejuang di Gaza akan menerima lebih banyak tembakau.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 13 Agu 2024, 18:35 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 18:35 WIB
Ilustrasi Israel. (PublicDomainPicture/Pixabay)
Ilustrasi Israel. (PublicDomainPicture/Pixabay)

Liputan6.com, Gaza - Israel dilaporkan menjatuhkan rokok di Gaza sebagai insentif untuk informasi terhadap kelompok tersebut.

Mengutip Al Jazeera, Selasa (13/8/2024), quadcopter Israel menjatuhkan selebaran di atas tenda-tenda orang yang mengungsi di Gaza selatan.

Selebaran tersebut, yang disertai dengan sebatang rokok, mengatakan orang-orang yang menelepon nomor dengan informasi tentang pejuang di Gaza akan menerima lebih banyak tembakau.

"Anda mau rokok atau pemimpin? Pesawat nirawak pendudukan Israel menjatuhkan selebaran di atas tenda-tenda warga Palestina yang mengungsi di daerah Al-Mawasi, menuntut informasi tentang perlawanan di Gaza dan berupaya memeras mereka dengan rokok yang ditempelkan pada selebaran tersebut," demikian dilaporkan Quds News Network.

The Jerussalem Post melaporkan, IDF atau tentara Israel menjatuhkan rokok dari langit di atas wilayah pesisir Khan Younis di Jalur Gaza pada hari Kamis (8/8) bersama dengan pesan yang memperingatkan penduduk setempat terhadap bahaya Hamas, N12 melaporkan pada hari Jumat (9/8).

Meskipun IDF diketahui telah menjatuhkan selebaran secara konsisten sebelum menyerang, yang meminta agar masyarakat segera mengungsi dari daerah tersebut demi keselamatan mereka sendiri, beberapa telah digunakan untuk menawarkan hadiah bagi para pemimpin Hamas.

Tidak seperti selebaran sebelumnya, yang dijatuhkan pada hari Kamis oleh IDF tidak meminta warga Gaza untuk mengungsi atau memberikan informasi, N12 mencatat. Sebaliknya, penduduk diberi hadiah rokok.

Terlampir pada rokok tersebut, berbagai selebaran bertuliskan, "Merokok itu berbahaya, tetapi Hamas lebih berbahaya," dan "Hamas membakar Gaza." Di samping tulisan tersebut, IDF menambahkan nomor kontak ke 'Departemen Pengaruh' untuk informasi lebih lanjut.

Selebaran tambahan menawarkan hadiah yang tidak ditentukan untuk setiap warga Gaza yang mengumpulkan lima selebaran.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sejak Awal Perang Hamas Mengendalikan

Ilustrasi Hamas Palestina (7)
Ilustrasi Hamas Palestina

Sejak awal perang, Hamas telah mengambil alih kendali penuh atas pasokan dan permintaan di Gaza, menaikkan harga hasil bumi, bantuan kemanusiaan, dan rokok, terkadang dengan jumlah yang mengkhawatirkan.

Dalam laporan The Jerussalem Post, Hamas disebut telah mencuri bantuan, hasil bumi, dan rokok hanya untuk menjualnya kembali dengan harga selangit.

Harga sebatang rokok saat ini di Jalur Gaza adalah 27 USD atau sekitar Rp427 ribu, sementara sebungkus dijual seharga 430 USD atau sekitar Rp6,8 juta, catat N12. 'Pajak' ini telah membantu Hamas terus mendanai kelangsungan hidupnya sendiri selama perang dengan mengorbankan penduduk Gaza.

Seorang pejabat keamanan yang berbicara dengan N12 menyatakan bahwa distribusi rokok dengan pesan yang diumumkan dimaksudkan untuk menyampaikan pesan terhadap Hamas, yang tidak dapat mengendalikan pemerintahan di jalur tersebut.

Menurut pejabat tersebut, tujuannya adalah untuk mempromosikan pembangkangan dan kutukan terhadap organisasi teroris dan kurangnya kemampuannya untuk menciptakan ketertiban umum. "Penting untuk menekankan bahwa rokok tidak masuk ke jalur tersebut dan bahwa ini adalah kejadian satu kali," ungkapnya.

Harga rokok yang sangat tinggi yang digelembungkan oleh Hamas telah menyebabkan krisis besar di Jalur Gaza, yang menyebabkan penduduknya terpaksa melakukan penyelundupan dan berbagai cara alternatif untuk mendapatkan produk tersebut.

 


Kala Harga Bawang Rp1,1 Juta 1 Kg, Warga di Gaza Utara Kelaparan dan Bertahan Hidup Makan Roti

Perang hanya Membawa Duka
Warga Palestina menerima makanan di sekolah yang dikelola PBB di Rafah, di Jalur Gaza selatan pada 23 Oktober 2023. (Mohammed Abed/AFP)

Perang antara Israel dan Hamas telah membuat kehidupan warga di bagian utara Jalur Gaza, begitu memprihatinkan. Di sana, warga Palestina paling terdampak kelaparan, mereka mengatakan kekurangan sayur-sayuran, buah-buahan dan daging sehingga bertahan hidup hanya dengan roti.

Makanan yang bisa ditemukan di pasar dijual dengan harga selangit, kata mereka: satu kilo paprika hijau, yang harganya sekitar satu dolar sebelum perang, dihargai 320 shekel atau hampir $90 atau Rp1,4 juta. Para pedagang meminta $70 atau sekitar Rp hanya untuk satu kilo bawang.

Um Mohammed tetap di sana selama lebih dari delapan bulan pemboman Israel. Namun dia dan keluarganya telah beberapa kali meninggalkan rumah mereka menuju tempat penampungan yang ditunjuk di sekolah-sekolah PBB.

"Kecuali tepung, roti, kami tidak punya apa-apa lagi, tidak punya apa-apa untuk dimakan, jadi kami makan roti saja,” ujar Um Mohammed.

Pada akhir Mei, militer Israel mencabut larangan penjualan makanan segar ke Gaza dari Israel dan Tepi Barat yang diduduki, kata pejabat Palestina dan pekerja bantuan internasional.

Namun dalam unggahan di media sosial, warga Gaza menuduh pedagang yang tidak bermoral mengeksploitasi kebutuhan dengan membeli barang dengan harga reguler di Israel dan Tepi Barat dan menjualnya dengan harga yang sangat mahal.

Mereka mengatakan para pedagang mengambil keuntungan dari lemahnya kepolisian di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

"Tidak ada daging atau sayur-sayuran dan jika ada sesuatu yang tersedia, maka akan dijual dengan harga fiktif yang luar biasa," kata Um Mohammed kepada Reuters melalui aplikasi obrolan.

Infografis Militer Israel Perluas Serangan ke Gaza Selatan
Infografis Militer Israel Perluas Serangan ke Gaza Selatan (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya