Peringati 25 Tahun Berkuasa, Raja Bahrain Ampuni 457 Tahanan

Hal ini menandai pembebasan massal tahanan lainnya di Bahrain yang telah berulang kali menindak perbedaan pendapat pada tahun-tahun setelah protes Musim Semi Arab 2011.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 06 Sep 2024, 08:03 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 08:03 WIB
Ilustrasi penjara.
Ilustrasi penjara. (Dok. pixabay)

Liputan6.com, Manama - Raja Bahrain memberikan pengampunan terhadap 457 tahanan pada Rabu (4/9/2024) malam untuk menandai ulang tahunnya yang ke-25 sebagai penguasa negara itu.  Pengumuman tersebut disampaikan oleh kantor berita Bahrain.

Tidak ada daftar nama tahanan yang dibebaskan atas perintah Raja Hamad bin Isa Al Khalifa, yang pertama kali memerintah Bahrain pada tahun 1999 sebelum negara itu menjadi kerajaan pada tahun 2002.

Pemerintah Bahrain seperti dilansir AP, Jumat (6/9) menyatakan, "Pengampunan ini menunjukkan komitmen Bahrain terhadap peradilan pidana, dengan kesempatan hari ini bagi lebih dari 450 orang untuk berintegrasi kembali secara positif ke dalam masyarakat."

Sayed Ahmed Alwadaei, yang menjabat sebagai direktur advokasi untuk Institut Hak dan Demokrasi Bahrain, menggambarkan banyak tahanan politik yang kini dibebaskan dari Pusat Rehabilitasi dan Reformasi Rahang. Penjara itu telah menyaksikan demonstrasi dan mogok makan oleh para tahanan atas kondisi di sana.

"Pihak berwenang telah bertemu dengan ... ratusan orang, mengatakan kepada mereka bahwa mereka akan segera dibebaskan," kata Alwadaei. "Tampaknya sebagian besar tahanan politik menjadi sasarannya."

Dia menambahkan, "Ini adalah langkah yang sangat optimistis dan tampaknya juga terjadi dalam konteks regional di mana Bahrain tengah mencoba menormalisasi hubungan dengan Iran."

Mayoritas syiah Bahrain telah lama mengeluhkan perlakuan buruk dan pelecehan dari pemerintah yang diawasi oleh keluarga sunni Al Khalifa yang berkuasa. Menanggapi keluhan para aktivis dapat membantu Bahrain meredakan ketegangan dengan Iran meskipun telah terjadi permusuhan selama puluhan tahun, terutama setelah Arab Saudi mencapai gencatan senjata dengan Iran yang dimediasi oleh China tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kritik Internasional

Ilustrasi Bahrain
Ilustrasi Bahrain (AFP)

Pada bulan April, Raja Hamad bin Isa Al Khalifa mengampuni 1.584 tahanan, termasuk lebih dari 650 yang dianggap sebagai tahanan politik oleh Institut Hak dan Demokrasi Bahrain.

Aktivis terkemuka Bahrain yang ditahan termasuk Abdulhadi al-Khawaja. Dia adalah pemegang kewarganegaraan ganda Bahrain-Denmark yang dihukum karena tuduhan terorisme.

Penahanan Abdulhadi dikritik secara internasional, di mana panel PBB menggambarkannya sebagai pemenjaraan sewenang-wenang.

Bahrain, rumah bagi Armada ke-5 Angkatan Laut AS yang berbasis di Timur Tengah, adalah sebuah pulau di lepas pantai Arab Saudi yang luasnya kira-kira sama dengan Kota New York dengan populasi sekitar 1,5 juta orang.

Sejak Bahrain menghentikan protes tahun 2011 dengan bantuan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, negara itu telah memenjarakan para aktivis, mendeportasi yang lain, mencabut ratusan kewarganegaraan mereka, dan menutup surat kabar independen terkemukanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya