Bahaya Buang Ingus Terlalu Keras

Bukan hanya masalah pada telinga buang ingus juga bisa menyebabkan patah tengkorak dan bahkan trauma otot jantung.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 07 Jan 2015, 13:00 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2015, 13:00 WIB
Bahaya Buang Ingus Terlalu Keras
Ilustrasi buang ingus. Foto: jetsandbowties.wordpress.com

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka kalau sebenarnya kita tidak dianjurkan untuk membuang ingus terlalu keras. Bukan hanya menyebabkan masalah pada telinga, buang ingus terlalu keras juga menyebabkan patah tengkorak dan bahkan trauma otot jantung.

Dokter di Birmingham City Hospital melaporkan bagaimana seorang wanita 20 tahun membuang ingusnya begitu keras. Dia kemudian mendapatkan perawatan setelah kesakitan hingga dokter menemukan ada celah di tengkoraknya dan rongga dadanya.

Beruntung, Dailymail, Selasa (6/1/2015), menuliskan kalau wanita tersebut akhirnya pulih setelah istirahat dan minum obat. Laporan ini kemudian ditulis dalam Journal of Laryngology & Otologi.

Kasus lain, pada Mei lalu, dokter Jerman melaporkan dalam American Journal of Otolaryngology bahwa ada seorang wanita yang kelopak matanya keluar setelah ia mencoba untuk membersihkan lubang hidung kanannya dengan menutup lubang hidung kiri dengan jarinya.

Dan pada bulan Juli tahun lalu, para dokter di Jerman melaporkan bagaimana seseorang berusia 69 tahun mengalami pecah pembuluh darah di dinding otot jantung gara-gara membuang ingus saking kerasnya.

Untuk itu, sebuah laporan di International Journal of General Medicine juga menyatakan untuk berhati-hati saat membuang ingus karena kebiasaan buruk ini juga diduga menyebabkan naiknya tekanan darah, stroke hingga lumpuh yang akan mereda dalam beberapa jam.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya