Bulu Ayam Disulap Siswa SMA Ini Jadi Penutup Jalan Berlubang

David Ballas menyulap bulu-bulu ayam di Quebec jadi penutup jalan berlubang di Kanada

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 26 Agu 2015, 12:30 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2015, 12:30 WIB
20150803-World-Hen-Racing-Championships-Inggris
David Ballas menyulap bulu-bulu ayam di Quebec jadi penutup jalan berlubang di Kanada

Liputan6.com, Jakarta David Ballas menyulap bulu ayam yang terbuang sia-sia jadi penutup jalan berlubang di Kanada. Dan secara kebetulan, David yang masih duduk di bangku SMA Kepulauan Montreal Barat punya pengalaman buruk. Sang ibu hampir mengalami tabrakan ketika melintas di jalan berlubang daerah Dollard des Ormeaux.

"Itu adalah ide terakhir saya. Malam sudah cukup larut, tapi saya tak punya ide lagi. Saya coba mengingat sesuatu, dan dari situlah (kejadian yang menimpa sang ibu) ide saya berasal," kata David dikutip dari situs CBC.ca pada Rabu (26/8/2015)

Selain sang ayah, David juga menemui dua ahli kimia untuk menanyakan apa saja hal yang harus diperhatikan agar ide menggunakan bulu ayam sebagai aspal benar-benar dapat digunakan. "Saya mencari semua yang dibutuhkan di internet. Bersyukur, semua yang saya mau ada di sana," kata David.

David Ballas, si penemu penutup jalan yang terbuat dari bulu ayam (montrealgazette.com)

Setelah mendapat bulu ayam yang terbuang sia-sia di Quebec, Kanada, serta telah melakukan pengujian, siswa Grade 9 di West Island College menemukan bulu-bulu itu benar-benar dapat mengurangi retensi cairan sebesar 50 persen.

Ide ini membuat David berhak mendapat hadiah dan penghargaan tertinggi dari sekolahnya. Dia berharap, pemerintah kota memperhatikan penemuannya itu, dan mau menerapkan serta menindalanjutinya dengan penelitian yang lebih komprehensif.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya