Sontek Pola Makan Pengidap Diabetes untuk Hidup Lebih Sehat

Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah tak hanya baik untuk orang dengan diabetes, tapi semua orang.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 27 Apr 2018, 09:00 WIB
Diterbitkan 27 Apr 2018, 09:00 WIB
Ilustrasi sayur dan buah
Mengonsumsi banyak sayuran dapat membantu diet dan memiliki manfaat kesehatan lainnya. (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah tak hanya baik untuk orang dengan diabetes, tapi semua orang.

Indeks glikemik (IG) adalah angka yang menunjukkan kecepatan makanan dalam menaikkan gula darah. Orang dengan diabetes disarankan mengonsumsi makanan dengan IG rendah yakni di bawah 55. Makanan tersebut relatif lambat dalam menaikkan gula darah. Contoh makanan dengan IG rendah adalah singkong dan kedelai.

Menurut ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Made Astawan, ada beberapa keuntungan  mengonsumsi makanan dengan IG rendah. Salah satunya, tubuh berenergi lebih lama.

"Penting sekali mengonsumsi makanan ber-IG rendah karena makanan ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga bisa mencegah obesitas dan mempermudah penurunan berat badan," kata Made dalam diskusi bersama SoyJoy di Jakarta.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:


Menganggu metabolisme lemak

Lemak perut
Ilustrasi lemak perut. (iStockphoto)

Selain itu, makanan dengan IG rendah dalam tubuh mampu menganggu metabolisme lemak. Sehingga, kata Made, bisa mencegah penyakit kardiovaskular dan mencegah lemak dalam darah.

"Jadi, jangan berpikir mengonsumsi makanan dengan IG rendah itu hanya untuk diabetesi, tapi ini cocok untuk semua," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya