Paskibraka 2018 Harus Tahu Makna Sakral dari Pengibaran Bendera Merah Putih

Sebelum bertugas, para Calon Paskibraka 2018 Tingkat Nasional diingatkan kembali tentang makna sakral dari pengibaran Sang Saka yang akan mereka laksanakan pada 17 Agustus.

oleh Giovani Dio Prasasti diperbarui 31 Jul 2018, 10:00 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2018, 10:00 WIB
Calon Paskibraka 2018
Pemateri pada Senin, 30 Juli 2018, Malam Adalah Kasgartap 1/Jkt Brigjen TNI Heriyanto Syahputra S Ip MSi. Tema yang Diberikan Mengenai Sakralnya di Balik Proses Penarikan Bendera Merah Putih (Foto: Sammy Azmi)

Liputan6.com, Jakarta Sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2018, seluruh peserta harus lebih dulu tahu mengenai makna sakral di balik prosesi penarikan bendera merah putih.

Menurut Kasgartap 1/Jkt Brigjen TNI Heriyanto Syahputra S. Ip., M. Si, di balik itu ada makna perjuangan para pahlawan yang berusaha menaikannya.

"Ini harus jadi motivasi. Awalnya kemerdekaan itu dengan berkibarnya bendera sang merah putih," ujar Heriyanto pada calon Paskibraka 2018 di PP-PON Kemenpora, Cibubur pada Senin, 30 Juli 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Calon Paskibraka 2018
Sebanyak 68 Orang Calon Paskibraka 2018 Tingkat Nasional Diingatkan Kembali Makna Sakral di Balik Prosesi Pengibaran Bendera Merah Putih yang Akan Mereka Laksanakan pada HUT ke-73 RI di Istana Negara (Foto: Sammy Azmi)

Mengingat hal itu adalah sesuatu yang sakral, lanjut Heriyanto, proses penarikan dan penurunan bendera harus dilakukan Paskibraka dengan sikap sempurna.

"Zaman perjuangan dulu, para sesepuh, almarhum, yang sudah meninggalkan kita itu menaikkan bendera itu taruhannya nyawa," kata Heriyanto.

 

Calon Paskibraka 2018
Heriyanto Mengingatkan Seluruh Calon Paskibraka 2018 Bahwa Para Pahlawan Harus Mempertaruhkan Nyawanya Saat Akan Mengibarkan Bendera Merah Putih (Foto: Sammy Azmi)

Menurut Heriyanto, dahulu kala, ketika mereka mencoba mengibarkan bendera, musuh tidak akan segan untuk menembak atau membunuh mereka.

"Begitu dia naikkan, dihantam sama musuh. Ditembak sama musuh, " katanya.

 

Calon Paskibraka 2018
Menurut Heriyanto, Perjuangan Para Pahlawan Itulah yang Harus Selalu Diingat oleh Calon Paskibraka 2018. Tidak Mudah Bagi Para Pahlawan untuk Mengibarkan Sang Saka Merah Putih karena Musuh Tidak Sungkan Menembak Mereka (Foto: Sammy Azmi)

Inilah yang harus menjadi motivasi bagi para calon Paskibraka 2018 ketika nanti bertugas mengibarkan bendera di Istana Negara.

"Ini suatu motivasi buat kita semua, termasuk saya sendiri, kalau sudah bendera dikibarkan, kita menghadap penuh, melakukan penghormatan. Di situ, rasa kebangsaan kita akan timbul, " ujar Heryanto.

 

Calon Paskibraka 2018
Heriyanto pun Berharap Agar Seluruh Calon Paskibraka 2018 Dapat Memberikan yang Terbaik pada Saat Mereka Bertugas Nanti (Foto: Sammy Azmi)

Sehingga, ketika nantinya para Paskibraka masuk ke lapangan saat bertugas, hal tersebut harus dilakukan dengan konsentrasi penuh, serius, akan tetapi juga tidak boleh tegang.

"Karena kalau terlalu tegang, stres terlalu tinggi, lupa nanti dengan formasi yang sudah dilatihkan, " ujar Heryanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya