Dukung PHBS, Ribuan Paket Kesehatan Dibagikan untuk Anak Sekolah di 6 Provinsi

Setiap paket bantuan berisi produk-produk kebersihan seperti sabun cuci tangan, dan hand sanitizer, serta cairan disinfektan. Pasokan perlengkapan ini dirancang untuk mendukung kebutuhan masing-masing sekolah hingga dua sampai tiga bulan.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Nov 2021, 19:56 WIB
Diterbitkan 17 Nov 2021, 19:30 WIB
Paket kesehatan
Paket kesehatan. Dok. PT Sayap Mas Utama

Liputan6.com, Jakarta Penerapan pola hidup dan bersih dan sehat (PHBS) perlu ditekankan sejak dini agar ketika dewasa nanti anak-anak akan terbiasa menerapkan PHBS dimanapun mereka berada.

Dalam proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang berangsur mulai kembali dilakukan, mengajarkan kebiasaan baik seperti makan-makanan yang bergizi, menjaga kebersihan lingkungan, rajin mencuci tangan, olahraga teratur dan istirahat yang cukup sangatlah penting.

Untuk mendukung hal tersebut, bantuan Safe School Kit pun disalurkan melalui Kementerian Pendidikan & Kebudayaan dan Kementerian Agama.

Setiap paket bantuan berisi produk-produk kebersihan seperti sabun cuci tangan, dan hand sanitizer, serta cairan disinfektan. Pasokan perlengkapan ini dirancang untuk mendukung kebutuhan masing-masing sekolah hingga dua sampai tiga bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan UNICEF

Gabriella da Silva, Public Relations Head PT Sayap Mas Utama (Wings Group Indonesia) mengatakan, penyaluran donasi berupa paket Safe School Kit Wings untuk 5000 sekolah dan madrasah di 6 propinsi yang tersebar di 6 provinsi Indonesia, yaitu Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Papua. 

"Stimulasi pembelajaran tatap muka & sosialisasi anak-anak tidak dapat tergantikan dengan sistem daring. Untuk itu, pada kesempatan ini kami menyalurkan bantuan paket kebersihan sebagai wujud komitmen kami untuk mendukung masa depan generasi penerus Indonesia yang lebih sehat dan tangguh sekaligus membantu persiapan pemerintah membuka kembali sekolah di Indonesia. Harapan kami, kiranya seluruh siswa dan guru dapat kembali menjalani Pembelajaran Tatap Muka di lingkungan sekolah dan madrasah aman, bersih dan kondusif," katanya.

Dalam menjalankan inisiatif ini, Yayasan Wings Peduli juga bekerja sama dengan UNICEF Indonesia sebagai bagian dari Kemitraan Pemerintah dengan Swasta untuk CTPS (KSP - CTPS).

Inisiatif bantuan ini sangat disambut baik oleh pemerintah setempat, sebagai contoh di Kupang - NTT, bantuan diterima secara resmi oleh Pemerintah Provinsi untuk sekolah dasar dan Kantor Agama untuk madrasah yang dilangsungkan pada Hari Santri Nasional.

Di Jepara – Jawa Tengah, Bupati Dian Kristiandi juga antusias menyambut pembelajaran tatap muka dengan mengajarkan perilaku hidup bersih sehat pada Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang lalu. Di Jawa Timur, paket kebersihan ini disalurkan melalui Dinas Pendidikan Jawa Timur; dan di Aceh paket kebersihan disalurkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Yayasan Aceh Hijau, PKBI Aceh, Flower Aceh, Yayasan Darah untuk Aceh.

Tak hanya donasi paket kebersihan safe school kit, bantuan juga diberikan dalam bentuk makanan pokok, alat bantu pernapasan (ventilator), alat pelindung diri (APD), hingga membantu mendirikan banyak sentra vaksinasi Covid-19 di berbagai provinsi di Indonesia serta 1 unit Mobile Vaccination Truck kepada Pemerintah Kabupaten Bandung Barat agar dapat menjangkau masyarakat di pedesaan.


Infografis 4 Tips Pakai Hand Sanitizer

Infografis 4 Tips Pakai Hand Sanitizer untuk Jaga Kebersihan Tangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 4 Tips Pakai Hand Sanitizer untuk Jaga Kebersihan Tangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya