Belum Ada Negara yang Bisa Klaim Keluar dari Krisis COVID-19, Apalagi Indonesia

Apakah benar semua negara sudah keluar dari krisis pandemi COVID-19?

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 13 Des 2021, 17:47 WIB
Diterbitkan 13 Des 2021, 15:57 WIB
FOTO: Antrean Warga Cairkan Bantuan Sosial COVID-19
Warga usai melakukan penarikan uang bantuan sosial tunai (BST) di ATM Bank DKI di Jakarta, Selasa (20/7/2021). BST sebesar Rp 600 ribu bagi warga DKI Jakarta yang terdampak pandemi COVID-19 langsung masuk ke rekening masing-masing penerima. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Kabar Indonesia telah keluar dari krisis pandemi COVID-19 tengah dipertanyakan. Sebagaimana yang disampaikan Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Adib Khumaidi.

“Kita sudah keluar dari krisis. Mudah-mudahan kita tidak kembali kepada krisis. Ini kan kita harus siapkan adalah adaptive recovery dengan resiliensi dari sistem kesehatan,” kata Adib dalam acara Sarasehan Nasional di kanal Youtube ILUNI FKUI belum lama ini.

Menanggapi hal ini, epidemiolog dari Griffith University, Australia, Dicky Budiman mengatakan bahwa situasi memang sudah membaik, tapi terkait keluar dari krisis COVID-19 sayangnya belum.

“Situasi membaik iya, tapi kalau sudah benar aman atau keluar dari krisis COVID sayang saya harus jujur bicara, belum,” katanya kepada Health Liputan6.com melalui pesan teks pada Senin, 13 Desember 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Berikut Ini


Bagaimana dengan Negara Lain?

epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman
Epidemiolog dari Griffith University Dicky Budiman. Foto: dokumentasi pribadi.

Dicky menambahkan bahwa belum ada negara yang sudah dapat mengklaim keluar dari krisis COVID-19.

“Belum ada negara yang sudah bisa mengklaim keluar dari krisis COVID-19, apalagi Indonesia yang dengan cakupan 3T (testing, treatment, tracing) yang rendah dan surveilans genomic yang lemah.”

Sejauh ini, Indonesia masih ada dalam level transmisi kategori penularan komunitas. Artinya, transmisi yang paling buruk dan belum terkendali.

“Jadi, yang dimaksud keluar dari krisis itu adalah krisis Delta kemarin. Kalau itu benar kita sudah lewati. Ketua IDI (Adib) ini mengatakan bahwa ya kita mengalami mengalami guncangan di fasilitas kesehatan, betul, tapi kalau Indonesia keluar dari krisis pandemi secara umum, belum," Dicky menambahkan.


Indikator Suatu Negara Keluar dari Krisis

Dijelaskannya bahwa indikator suatu negara dapat keluar dari krisis pandemi COVID-19 salah satunya ketika status pandemi dicabut. Pencabutan status pandemi baru bisa dilakukan jika 70 persen populasi di mayoritas negara sudah tervaksinasi dosis lengkap.

“Ini akan membuat kriteria pertama terpenuhi. Indikator kedua adalah jika kasus infeksinya rata-rata sudah masuk kategori terkendali atau satu per 100 ribu," katanya.

Indikator ini juga termasuk angka positivity rate, angka reproduksi yang semuanya di bawah satu.

“Jadi kalau melihat ini (situasi sekarang) ya belum (keluar dari krisis) lah. Dalam prediksi saya paling cepat triwulan terakhir 2022," pungkas Dicky.

 


Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan COVID-19 Varian Omicron

Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Cara Efektif Hadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya