HUT PDIP, Megawati Singgung Ibu-Ibu Tak Cuma Dandan tapi Perhatikan Asupan Gizi Anak agar Tak Stunting

Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyinggung isu stunting dalam pidatonya di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 partai yang dipimpinnya itu.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 23 Jan 2023, 13:39 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 17:05 WIB
Momen Peringatan HUT PDIP ke-50
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato politiknya dalam HUT ke-50 PDI Perjuangan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023). HUT ke-50 tahun PDI Perjuangan bertemakan Genggam Tangan Persatuan Dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam. (FOTO: Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Perjuangan Megawati Soekarnoputri tak hanya membahas soal politik dalam pidatonya di Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP ke-50. Di hadapan anggota partai yang dipimpinnya, Megawati juga menyinggung isu stunting. Dia merasa bahwa saat ini para ibu terlalu fokus dengan make-up dan dandan.

"Perempuan sekarang tuh maunya dandan melulu. Kan iklan kosmetik makin banyak ya ada pupur (bedak), penghalus kulit. Lha apa gituan terus yang dipikirin sampai anak stunting?" kata Mega di JIE Kemayoran Jakarta, Selasa, 10 Januari 2023.

Mega mengingatkan agar para ibu mau turun langsung ke dapur untuk memastikan asupan anaknya bergizi. Sehingga anak bisa tumbuh dengan baik dan tidak stunting.

Mega pun kemudian memberi tahu bahwa sebagai ibu, dirinya dahulu memasak bagi anak-anaknya sehingga kini tumbuh baik. 

"Saya dulu juga masak, lho. Lihat tuh anak saya keren-keren, ganteng-ganteng," kata Mega dalam acara yang juga dihadiri putrinya Puan Maharani.

Dalam kesempatan yang berbeda, Megawati juga mengatakan bahwa agar para ibu memiliki manajemen waktu yang baik sehingga bisa aktif di luar tapi juga bisa memasak masakan bergizi untuk keluarga.

"Ibu-ibu harus punya manajemen rumah tangga untuk memasak. Kelewatan kalau enggak bisa memasak," kata Megawati dalam kick off kolaborasi penurunan stunting pada Agustus 2022.

Megawati memaparkan bagaimana cara-cara memasak termasuk sayuran yang baik. Dia mengatakan dirinya banyak mendapat pelajaran memasak yang baik dari sang ibu, Fatmawati.

 


Canda Megawati Minta Bintang Penghargaan Atasi Stunting

Megawati Sukarnoputri
Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Sukarnoputri (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Di HUT PDIP ke-50, Megawati menyinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak memberinya bintang jasa terkait pemberantasan stunting yang dilakukan partainya.

"PDIP juga berantas stunting lho. Mbok saya dikasih bintang mbok yo. Pak Jokowi ngono yo. Mentang-mentang," seloroh Megawati dalam acara yang juga dihadiri Jokowi itu.

Selain itu, Mega menyebut tanpa PDIP, maka Jokowi akan sangat kasihan sebab tidak bisa maju Pilpres. "Padahal, Pak Jokowi kalau enggak ada PDIP juga, aduh kasihan deh," kata wanita 75 tahun itu.

 


Terbitkan Buku Resep Masakan Bergizi

Langkah nyata Megawati dalam upaya mengatasi stunting dengan membuat buku Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Generasi Emas Indonesia. Buku ini ditulis Hevearita G. Rahayu berdasarkan resep-resep masakan yang dimiliki Mega.

Buku tersebut juga berisikan berbagai ragam menu dengan komposisi gizi tinggi, dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan sangat ekonomis. 

Mega mengingatkan bahwa dalam memasak itu memang perlu kreativitas. Selain agar enak juga tidak membosankan.

“Kreatif yang saya maksud di sini misalnya, makanan tidak harus selalu digoreng, kan bisa juga direbus atau dikukus yang bahkan lebih bergizi," kata Mega.

 


Tentang Stunting

Ilustrasi Stunting (Istimewa)
Ilustrasi Stunting (Istimewa)

Seperti diketahui tingkat stunting di Indonesia di angka 24,4 persen pada tahun 2021. Angka ini masih jauh dari angka prevalensi yang ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, yakni 14 persen.

Stunting terjadi karena anak mengalami kekurangan gizi kronis alias dalam waktu yang lama. Kondisi ini bukan hanya berdampak pada fisik yakni anak pendek tapi juga intelegensia yang lebih rendah. 

Dalam jangka panjang, stunting dapat menimbulkan dampak pada gangguan metabolik yang meningkatkan risiko individu obesitas, diabetes, stroke, dan jantung.

 

Infografis Stunting, Ancaman Hilangnya Satu Generasi
Infografis Stunting, Ancaman Hilangnya Satu Generasi. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya