5 Bahan Alami untuk Mengatasi Kutu Rambut, Ada Minyak Zaitun Hingga Minyak Kelapa

Masalah kutu rambut juga dapat diatasi dengan beberapa bahan alami, termasuk di antaranya bisa disimak berikut ini.

oleh Iwan Tantomi pada 13 Feb 2023, 22:28 WIB
Diperbarui 13 Feb 2023, 22:33 WIB
5 Bahan Alami untuk Mengatasi Kutu Rambut, Ada Minyak Zaitun Hingga Minyak Kelapa
Credit: Shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Kutu rambut masih menjadi permasalahan yang kerap menjangkiti beberapa orang. Ketika mengalaminya, rambut dan kulit kepala lebih sering mengalami gatal-gatal. Bukan saja mengganggu, hal tersebut juga dapat menurunkan rasa percaya diri, terutama saat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Selain itu, masalah kutuan ini tak bisa cepat dihilangkan. Ini karena kutu rambut dapat bertelur dan berkembang biak dengan sangat cepat. Untungnya, masih banyak solusi yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya, seperti penggunaan sampo khusus anti kutu. Di samping itu, masalah kutu rambut juga dapat diatasi dengan beberapa bahan alami, termasuk di antaranya bisa disimak berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minyak Zaitun

Bahan alami pertama yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kutu rambut ini adalah minyak zaitun. Minyak satu ini bahkan bukan saja dapat membasmi kutu rambut, melainkan juga dapat mencegahnya muncul kembali. Selain itu, minyak zaitun juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.

Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil juga termasuk bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi kutu rambut. Ini karena minyak alami ini punya sifat anti mikroba. Namun perlu diketahui, beberapa orang mungkin tak cocok dengan bahan alami ini, karena minyak pohon teh juga bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan ruam.


Minyak Adas Manis

Bahan alami selanjutnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kutu rambut ini adalah minyak adas manis. Sejumlah penelitian mengungkapkan, jika bahan alami ini dapat mengatasi kutu rambut secara permanen. Bukan saja untuk orang dewasa, minyak adas manis juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kutu rambut pada anak-anak.

Minyak Ter

Tak kalah berkhasiat untuk menumpas kutu rambut ada minyak ter. Minyak alami ini diyakini dapat membasmi kutu rambut dan telurnya. Minyak satu ini bahkan dapat dijadikan alternatif pengganti sampo, bagi orang-orang dengan reaksi alergi pada bahan kimia tertentu. Namun, perlu membilas rambut beberapa kali jika ingin menggunakan minyak ini.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa seringnya dipakai untuk merawat kepala dan rambut kering. Namun, bahan alami ini juga efektif dijadikan obat alami untuk membasmi kutu rambut. Efektivitas minyak kelapa ini bahkan pernah diuji. Hasilnya, sebanyak 80 persen kutu rambut di kepala mati hanya dalam kurun waktu 4 jam saja setelah dioleskan.

Bagaimanapun tingkat efektivitas bahan-bahan alami tersebut dalam membasmi kutu pada masing-masing orang, bisa jadi berbeda-beda. Namun, tak ada salahnya dicoba mengingat minyak-minyak tersebut adalah bahan-bahan alami. Apabila masalah kutuan semakin parah, segeralah periksa ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya