Resep Sehat Megawati di Usia 77, Sarapan Sukun dan Jagung hingga Rajin Minum Jamu

Rahasia sehat Megawati salah satunya terletak pada pilihan asupan makanan.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 23 Jan 2024, 19:00 WIB
Diterbitkan 23 Jan 2024, 19:00 WIB
Pidato Megawati di HUT PDIP
Megawati kemudian mengatakan bahwa pemilu bukanlah alat elite politik untuk melambungkan kekuasaan dengan segala cara. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri genap berusia 77 tahun hari ini, Selasa, 23 Januari 2024. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati memperingatinya secara sederhana bersama orang-orang terdekat.

"Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, ulang tahun Ibu Megawati diadakan secara sederhana, dan dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat beliau," ujar Hasto dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Antara.

Meski demikian, seluruh kader PDIP di berbagai daerah merayakan ulang tahun Megawati dengan kegiatan kebudayaan. Hasto mengatakan, kolega-koleganya akan membagikan tumpeng pada masyarakat hingga menanam pohon.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo pun tak ketinggalan mengucapkan selamat ulang tahun pada Megawati. Jokowi mengirimkan karangan bunga berupa anggrek bulan berwarna ungu, mawar putih, lili dan baby breath yang ditujukan ke kediaman orang nomor satu di PDIP itu.

"Selamat ulang tahun Ibu Megawati Soekarnoputri. Dari: Presiden Joko Widodo," tulis pesan di karangan bunga itu.

Selain kiprahnya di dunia politik Tanah Air, yang juga menarik perhatian dari sosok Megawati Soekarnoputri adalah kesehatan dan kebugarannya. Putri presiden pertama Indonesia itu terlihat selalu bersemangat di tiap kesempatan.

Mengenai tubuh sehatnya, Megawati pernah berbagi tips bugar di usia yang tak lagi muda beberapa waktu lalu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sarapan dengan Menu Pangan Lokal

Rahasia sehat Megawati salah satunya terletak pada pilihan asupan makanan. Ia mengaku hampir setiap hari hanya menyerap panganan lokal.

Adapun panganan lokal yang dimaksud berupa umbi-umbian, jagung, sukun hingga pisang.

"Saya saja sebenarnya itu sudah hampir setiap hari sarapan umbi-umbian, jagung, sukun, pisang dan ternyata kan dengan umur saya yang seperti ini tetap masih sehat walafiat, semangat," ujar Megawati saat Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Oktober 2023, dikutip Antara.

 


Rutin Minum Jamu

Selain mengonsumsi pangan lokal, diketahui Megawati juga rutin minum jamu. Kebiasaan mengenai minum jamu ini dituturkan oleh sang putri, Puan Maharani.

Dalam sebuah kesempatan, Puan mengatakan kebiasaan minum jamu telah ditularkan sang ibu sejak dia kecil. 

"Sejak jadi perempuan kecil, saya selalu dicekokin kunyit asam oleh Ibu. Kata beliau, saya harus minum jamu mulai dari kecil supaya manfaatnya bisa dirasakan saat saya berusia 30 tahun ke atas," tutur Puan beberapa waktu silam.

Tradisi minum jamu itu terus dilakukan hingga jadi suatu kebiasaan di keluarga Megawati dan Puan Maharani. Menurut penuturannya, Megawati bahkan selalu menyediakan jamu disamping obat dari dokter pasca Puan melahirkan.

"Jadi 40 hari setelah melahirkan, minum obat iya, minum jamu juga. Jamu saya sampai setumpuk, entah itu kapur sirih pakai jeruk nipis atau lainnya. Saya ikut saja, dan sekarang seperti menjadi kebiasaan kalau nggak minum jamu apalagi kunyit asam kesukaan saya, lemas," papar dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya