Mengenal VATS, Metode Bedah Kanker Paru dengan Bantuan Kamera Canggih

Kemajuan teknologi medis sudah mendorong lahirnya metode bedah kanker paru yang lebih modern.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 22 Jul 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 22 Jul 2024, 12:00 WIB
Mengenal VATS, Metode Bedah Kanker Paru dengan Bantuan Kamera Canggih
Mengenal VATS, Metode Bedah Kanker Paru dengan Bantuan Kamera Canggih. Foto: Freepik.

Liputan6.com, Jakarta - Opsi penanganan kanker paru kian beragam, salah satu yang teranyar adalah Video Assisted Thoracoscopic Surgery atau VATS.

Secara historis bedah kanker paru dilakukan dengan sayatan besar (torakotomi) untuk membuka dan memasukkan alat bedah ke rongga dada hingga mencapai organ paru. Kini, kemajuan teknologi medis sudah mendorong lahirnya metode bedah yang lebih modern.

Inovasi teknologi bedah minimal invasif mendorong hadirnya thoracoscopy, yakni bedah toraks dengan sayatan minimal dan dibantu video kamera atau dikenal dengan nama VATS.

“Bedah toraks dengan VATS dilakukan dengan memasukkan kamera video kecil dan instrumen bedah melalui lubang yang dibuat di dinding dada, kira-kira berukuran kurang lebih 5 milimeter. Penggunaan video ini bertujuan untuk membuka pandangan saat operasi, walau dengan sayatan yang kecil,” ujar dokter spesialis bedah toraks kardiovaskular RS Siloam MRCCC Semanggi, Hariadi Hadibrata dalam keterangan pers, Senin (22/7/2024).

Gambar dari kamera akan muncul di monitor yang dapat disaksikan juga oleh tim bedah lainnya. Berbeda dari bedah terbuka, tindakan VATS hanya memerlukan sayatan kecil (sekitar 1-2 sentimeter) sehingga menjadikan risiko nyeri dan infeksi luka pasca-bedah jauh berkurang.

Perkembangan teknologi pengolahan gambar dan cahaya penerangan dengan transmisi serat optik, membuat VATS lebih mudah dalam pengoperasian. Dengan memanfaatkan VATS, dokter spesialis bedah toraks, kardiak, dan vaskular dapat melakukan tindakan yang lebih akurat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Saja Keunggulan Tindakan VATS?

dokter spesialis bedah toraks kardiovaskular RS Siloam MRCCC Semanggi, Hariadi Hadibrata
Dokter spesialis bedah toraks kardiovaskular RS Siloam MRCCC Semanggi, Hariadi Hadibrata soal VATS untuk bedah kanker paru. Foto: Siloam Hospitals.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, prosedur VATS dilakukan dengan menggunakan kamera video yang mengirimkan gambar real-time dari dalam dada melalui endoskopi. Ini memungkinkan dokter untuk melihat dan bergerak dengan presisi di dalam rongga dada tanpa membuat sayatan besar.

Berbeda dengan bedah konvensional yang memerlukan sayatan besar di dada, VATS memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Minimal invasif: VATS melibatkan sayatan kecil, yang mengurangi risiko infeksi, nyeri, perdarahan, dan waktu pemulihan setelah operasi.
  • Pemulihan yang lebih cepat: Karena ukuran sayatan yang lebih kecil dan minimnya kerusakan jaringan, waktu pemulihan pasien biasanya lebih cepat daripada operasi konvensional.
  • Minimal terhindar dari kerusakan struktural: VATS memungkinkan dokter untuk secara tepat menargetkan area yang harus ditangani, mengurangi risiko kerusakan struktural sekitarnya.

Kriteria Pasien yang Bisa Jalani Tindakan VATS

Hariadi mengatakan, tidak setiap kasus kanker paru memenuhi syarat untuk VATS. Setiap pasien memiliki kondisi yang berbeda dan dokter akan mengevaluasi setiap kasus secara individu. Termasuk lokasi dan stadium kanker, sebelum menentukan apakah VATS adalah metode yang tepat untuk pasien tersebut.

Beberapa kriteria pasien yang dapat menjalani tindakan VATS ditentukan dengan:

Lokasi dan Ukuran Tumor

VATS biasanya lebih efektif jika tumor berada pada lokasi yang dapat dijangkau melalui torakoskopi. Tumor dengan ukuran kecil hingga sedang, biasanya kurang dari 6 sentimeter.

Stadium Kanker

VATS direkomendasikan untuk pengangkatan tumor paru stadium awal. Sedangkan untuk stadium lanjut, VATS bisa direkomendasikan untuk pemeriksaan biopsi.

Kondisi Fisik Pasien

Kondisi fisik pasien, seperti paru-paru yang baik dan kesehatan jantung yang memadai, dapat memengaruhi kelayakan VATS. Pasien harus memiliki kapasitas paru-paru yang cukup untuk mengatasi prosedur VATS dan pemulihan pasca operasi.

Riwayat Medis Pasien

Faktor-faktor seperti usia, riwayat operasi sebelumnya, adanya kondisi medis yang berhubungan dengan risiko operasi (misalnya, penyakit jantung), dan faktor-faktor risiko lainnya akan dievaluasi untuk menentukan kelayakan VATS.


Teknologi Kamera VATS

Alat VATS terbaru dilengkapi dengan kamera 4K berkualitas tinggi. Alat VATS memungkinkan visualisasi yang lebih detail dan akurat selama prosedur bedah thorakoskopi.

Kualitas gambar yang tajam dan jelas dari kamera 4K memungkinkan dokter untuk melihat secara mendetail struktur internal paru-paru dan dada pasien. Dalam hal ini, adopsi teknologi kamera 4K menghadirkan keuntungan besar termasuk akurasi diagnosis dan pemilihan terapi yang tepat.

Selain itu, penggunaan kamera Cameron yang dapat berputar juga memungkinkan dokter melakukan manuver visual yang lebih fleksibel selama prosedur VATS. Kemampuan kamera untuk berputar memungkinkan dokter melihat berbagai sudut dan kesulitan maupun tampilan yang optimal dari area yang sedang ditangani. Hal ini dapat meningkatkan presisi pada saat menghilangkan tumor, biopsi, atau prosedur bedah lainnya.

Infografis: Redam Kanker dengan Cukai Rokok (Liputan6.com / Abdillah)
(Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya