Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Usai Imunisasi, Dokter Anak: Harus Dipastikan Akibat Vaksin atau Kebetulan

Ayu Ting Ting menyampaikan bahwa keponakannya mengalami gejala itu tak lama setelah menerima imunisasi polio.

oleh Ade Nasihudin Al Ansori diperbarui 03 Sep 2024, 14:12 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 14:11 WIB
Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal
Keponakan Ayu Ting Ting yang masih bayi, anak dari Syifa Nuraini, meninggal dunia pada Sabtu (31/8/2024). Dok. via M. Altaf Jauhar)

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari keluarga pedangdut Ayu Ting Ting. Keponakannya yang belum genap berusia dua bulan, Rayaz Zoltan Fachrizal meninggal dunia usai mengalami gejala muntah dan buang air besar (BAB).

Pelantun “Alamat Palsu” itu menyampaikan bahwa keponakannya mengalami gejala itu tak lama setelah menerima imunisasi polio.

Sebagai informasi, Rayaz Zoltan Fachrizal adalah anak dari adik Ayu Ting Ting, Assyifa Nuraini yang menikah dengan Nanda Fachrizal.

“Saya kurang paham itu karena waktu pas ke sana, Syifa dan Nanda hari Jumat (anaknya) diimunisasi itu, sorenya dia sudah muntah. Sudah pup. Sabtunya dibawa langsung ke rumah sakit itu lagi,” kata Ayu Ting Ting mengutip ShowBiz Liputan6.com, Selasa (3/9/2024).

Peristiwa ini pun mendapat tanggapan dari dokter spesialis anak ahli nutrisi dan penyakit metabolik Yoga Devaera.

Menurutnya, kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) pada anak tergantung pada jenis imunisasinya.

“Tergantung jenis imunisasinya, setiap imunisasi punya efek samping tetapi sangat aman. Angka kejadiannya sangat kecil, kalau ada KIPI tentu laporin dulu, ini benar terkait sama vaksinnya atau cuma kebetulannya aja. Enggak semua berhubungan,” kata Yoga saat ditemui di acara Forum Ngobras di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Gejala Muntah dan BAB Dipicu oleh KIPI?

dokter spesialis anak ahli nutrisi dan penyakit metabolik Yoga Devaera
Dokter spesialis anak ahli nutrisi dan penyakit metabolik Yoga Devaera, Jakarta (3/9/2024). Foto: Liputan6.com/Ade Nasihudin.

Timbul tanya, apakah gejala muntah dan BAB dapat disebabkan KIPI dari imunisasi polio?

Terkait hal ini, Yoga tidak dapat memastikan karena perlu ada pemeriksaan terlebih dahulu.

“Makanya kita laporkan, kalau karena virus polionya, tentu kita akan mendapatkan virus polio di dalam penyebabnya. Tapi kalau ada bakteri, itu namanya kebetulan.”

“Itulah gunanya kalau ada KIPI dilaporkan maka departemen kesehatan akan mengambil sampel, ini penyebabnya apa. Berhubungan dengan vaksin atau kebetulan saja. Saya bukan bidang imunisasi, tapi secara umum begitu,” jelas Yoga.


Berkali-kali Muntah Sebelum Meninggal

Sebelumnya, Ayu Ting Ting menyampaikan, keluarga telah berkonsultasi dengan dokter. Kala itu dokter yang menangani keponakannya menyebut, muntah setelah imunisasi adalah hal wajar. Diagnosis seputar dehidrasi juga belum terbit. Pihak keluarga Ayu Ting Ting mencoba tenang.

“Ya, karena kita percaya apa kata dokter, saya juga enggak terlalu ngeh. Muntahnya doang saya pikir muntah sekali. Paling sehari sekali tapi ternyata ini enggak. Sehari itu bisa berkali-kali,” ujarnya.

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Intens Investigasi, Minggu (1/9/2024), Ayu Ting Ting menjelaskan keponakannya tak hanya muntah-muntah tapi juga buang air besar (BAB).


Diagnosis Dehidrasi

Dalam sehari, BAB pun berkali-kali. Awak media mempertanyakan diagnosis dokter sebelum akhirnya Rayaz Zoltan Fachrizal meninggal dunia. Bintang serial “Lapor, Pak!” menyinggung soal dehidrasi.

“Pup juga sehari bisa berkali-kali. Tapi memang sudah takdirnya Allah juga,” ungkap Ayu Ting Ting.

 “Bilangnya sih dehidrasi ya. Ya semua cepat banget terjadinya, kita juga bingung,” imbuhnya.

Keluarga Ayu Ting Ting masih syok. Kini, hanya doa yang bisa dilantun untuk mengantar almarhum menuju keabadian. Pihak keluarga pasrah dan legawa menerima takdir.

“Kita juga enggak tahu (bakal) seperti ini. Aduh, sudah enggak bisa ngapa-ngapainlah,” tutup Ayu Ting Ting.

Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Yuk Kenali Perbedaan Vaksin, Vaksinasi dan Imunisasi Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya