Penting Diperhatikan Bila Ingin Bebaskan si Kecil dari Obesitas

Memusatkan perhatian pada faktor tunggal seperti tingkat BMI pada anak obesitas, dapat mengabaikan hasil penting terhadap kesehatan lainnya.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 19 Agu 2013, 18:00 WIB
Diterbitkan 19 Agu 2013, 18:00 WIB
obesitas-130709b.jpg
Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Jurnal Childhood Obesity,menyatakan, terlalu memusatkan perhatian pada indeks massa tubuh anak-anak obesitas cenderung menyebabkan pengabaian pada faktor penting lain, yakni kesehatan secara umum.

Selain indeks massat ubuh atau BMI (body mass index) ada faktor-faktor lain yang perlu diperhatikan bila ingin mengatasi persoalan kegemukan pada anak-anak.

Karena itu, menurut penelitian, sebuah upaya memerangi obesitas dapat memiliki efek yang menguntungkan untuk kondisi kesehatan lain seperti kebugaran, kardiovaskular, terlepas dari pengaruhnya terhadap BMI.

Maria Kalotourou dan tim penulis yang terlibat dalam proses memikirkan, latihan, dan pemberian nutrisi, meneliti metode ini secara maksimal. Para peneliti mengukur BMI, tingkat perubahan di BMI, lingkar pinggang, kebugaran kardiovaskular, akivitas fisik, dan harga diri.

Dalam studinya, para peneliti melaporkan adanya perbaikan, di beberapa parameter yang diukur, terlepas apakah seorang anak yang obesitas BMI-nya akan menurun, meningkat, atau tetap sama.

Seperti dilansir ZeeNews, Senin (19/8/2013) Pemimpin Redaksi Childhood Obesity and Direktur Pusat Riset Pencegahan Univeritas Yale ( Yale University Prevention Research) David L. Katz, MD, MPH, mengatakan, intervensi baik yang bertujuan membantu anak-anak kelebihan berat badan yang menurunkan berat badan, harus sama-sama diarahkan untuk membantunya menemukan kehidupan yang lebih sehat lagi.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya