8 Cara Mencuci Karpet Bulu di Rumah yang Mudah dan Efektif

Cara mencuci karpet bulu di rumah tidak begitu sulit dan cukup efektif membersihkan.

oleh Husnul Abdi diperbarui 05 Agu 2020, 09:45 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2020, 09:45 WIB
Cara Mencuci Karpet Bulu
Cara Mencuci Karpet Bulu (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Cara mencuci karpet bulu tentunya menjadi salah satu hal yang memusingkan bagi banyak orang. Bagaimana tidak, karpet yang sangat panjang dan lebar dengan bulu-bulu yang tebal tentunya akan membutuhkan usaha dan waktu yang cukup lama untuk dicuci.

Oleh karena itu, banyak orang yang tidak mau repot dan memilih untuk mencucinya ke tempat pencucian karpet. Padahal, sebenarnya mencuci karpet tidak sesulit yang kamu bayangkan. Jika menerapkan cara yang benar, maka hal ini tidak akan begitu membebanimu.

Cara mencuci karpet bulu di rumah tidak begitu sulit dan efektif membersihkan. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang benar, kamu tidak perlu bersusah-susah dalam mencuci karpet. Selain itu, perawatan secara rutin juga perlu dilakukan agar karpet tetap bersih dan nyaman digunakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/8/2020) beberapa cara mencuci karpet bulu.


Bersihkan dengan Sikat Lembut atau Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner
Vacuum Cleaner (Sumber: Pixabay)

Bersihkan dengan Sikat Lembut atau Vacuum Cleaner

Cara mencuci karpet bulu yang pertama adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu dengan sikat lembut atau vacuum cleaner. Kamu perlu menghilangkan debu-debu yang menempel di karpet bulu terlebih dahulu sebelum mencucinya.

Hal ini berguna untuk membuatnya semakin mudah dicuci. Jika langsung dicuci menggunakan air, karpet akan semakn sulit dibersihkan karena debu yang masih ada makin menempel pada bulu karpet.

Untuk itu, gunakan sikat lembut untuk membasuh karpet bulu sehingga seluruh kotorannya berjatuhan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan vaccum cleaner.

Menghilangkan debu dengan vacuum cleaner harus dilakukan di dua sisi. Namun untuk sisi atas atau bagian yang berbulu, sebaiknya lapisi dengan kain agar sedotan vacuum cleaner tidak merusak bulunya. Kemudian sedotlah debu di bagian bawah karpet tanpa melapisinya dengan kain.

Kibaskan dan Cuci dengan Cara Digantung

Setelah debu hilang, bentangkan karpet dengan cara digantung di tempat jemuran yang terbuat dari bambu atau pipa besi dengan diberi penyangga yang cukup kuat. Hal ini agar kamu bisa mencucinya dengan lebih mudah dan lebih detail membersihkannya.

Selain itu, mencuci dengan cara digantung ini juga membuat air yang digunakan lebih mengalir dibandingkan mencucinya di lantai. Bahkan, kamu tidak perlu susah-susah mengangkatnya lagi setelah dicuci, karena sudah tergantung untuk dijemur.


Gunakan Semprotan Air, Cuka, dan Bedak Bayi

Karpet
Ilustrasi karpet (iStockphoto)

Gunakan Semprotan Air

Cara mencuci karpet selanjutnya adalah menggunakan semprotan air. Semprot karpet dengan air dingin. Menggunakan alat penyemprot air yang bertekanan akan lebih baik, seperti yang biasa dipakai untuk mencuci mobil atau motor. Hal ini agar kotoran dan debu pada karpet dapat lebih maksimal dikeluarkan.

Gunakan Cuka dan Baking Soda untuk Hilangkan Noda

Untuk menghilangkan noda yang menempel di karpet, kamu bisa menggunakan cuka yang dicampur baking soda dan air lalu bersihkan secara perlahan. Pasalnya, karpet bulu cenderung sensitif, dan jika jenis detergennya cukup keras risikonya akan merontokkan bulu-bulu pada karpet. Akan lebih aman juga jika kamu mencucinya menggunakan detergen untuk pakaian bayi.

Gunakan Bedak Bayi dan Baking Soda untuk Hilangkan Bau

Cara mencuci karpet selanjutnya adalah dengan menggunakan bedak bayi dan baking soda. Jika ada aroma tak sedap pada karpet, taburi karpet dengan bedak bayi atau boleh juga menggunakan baking soda. Biarkan selama 12 jam agar aromanya terserap oleh bedak atau baking soda ini. Setelah itu bersihkan sisa bedak dengan sikat lembut atau gunakan vacuum cleaner.

 


Bilas dengan Sikat Halus dan Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari

Karpet
Ilustrasi karpet (iStockphoto)

Bilas dengan Sikat Halus

Gunakan sikat yang halus dan gosok dengan lembut di bagian karpet yang kotor. Jangan menyikat terlalu keras supaya bulunya tidak rontok. Setelah bersih, lakukan pembilasan dengan semprotan yang tidak keras (lembut), dan biarkan air membawa semua kotoran dari karpet.

Ulangi pembilasan ini, sampai karpet bersih dari sabun dan kotoran-kotorannya. Kamu juga bisa memberi pelembut dengan cara dilarutkan dengan air dingin secukupnya sesuai kebutuhan.

Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari

Cara mencuci karpet bulu yang tidak kalah penting adalah menjemurnya dengan cara diangin-anginkan saja dan tidak langsung terkena sinar matahari. Hal ini agar menghindari bulu karpet menjadi kasar.

Selain itu, pastikan kamu menjemur karpet di tempat yang sirkulasi udaranya cukup baik, supaya karpet tidak bau.

Bersihkan Secara Rutin

Cara mencuci karpet bulu yang telah disebutkan di atas tentunya tidak akan berarti jika kamu tidak melakukannya secara rutin. Kamu harus merawat karpet setidaknya seminggu sekali, apalagi jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah.

Membersihkan karpet secara rutin dapat membuat tugasmu saat mencucinya secara menyeluruh lebih mudah. Segera bersihkan noda yang ada pada karpet jika ada, karena noda yang baru menempel akan lebih mudah dibersihkan dibandingkan noda yang sudah mengendap terlalu lama.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya