15 Mobil Balap Keren di Seluruh Dunia, Salah Satunya Pecahkan Rekor Dunia

Ternyata banyak mobil balap keren yang dipasarkan bebas, salah satunya memecahkan rekor dunia.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 02 Sep 2020, 18:45 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2020, 18:45 WIB
Koenigsegg RS Agera
Koenigsegg RS Agera. (Motor1)

Liputan6.com, Jakarta Di masa sekarang, produsen otomotif berlomba-lomba menciptakan produk terbaiknya. Tidak terkecuali mobil balap keren yang menjadi primadona bagi banyak kalangan. Kemunculan jenis mobil balap keren tersebut, seakan menjadi ajang pembuktian produsen mobil dalam merancang mesin dengan kualitas dan performas yang di luar akal sehat.

Bagaimana tidak? Hampir seluruh mesin yang diusung oleh mobil balap keren tersebut mampu menawarkan performa yang jauh di atas rata-rata mobil pada umumnya. Bagi para penggila kecepatan, memang hadirnya mobil balap keren ini seakan menjadi obat yang bisa memuasakan adrenalin mereka.

Meski begitu, jangan harap bisa dengan mudah untuk mendapatkan mobil balap keren yang banyak ditawarkan. Sebab perlu merogoh kocek cukup dalam agar bisa menikmati sensasi berkendara dengan mobil balap keren tersebut. Bahkan selain mengeluarkan dana yang cukup besar, biaya perawatan mobil balap keren pantas disebut sangat mahal. Hal ini tidak lepas dari komponen yang digunakan.

Sebenarnya, apabila berbicara mengenai mobil balap keren, yang menjadi perhatian utama ada pada sektor mesin. Sebab sektor mesin menjadi sumber performa mobil, dan mesin tersebut yang bisa menentukan mobil pantas disematkan embel-embel balap atau tidak.

Nah, supaya tidak semakin penasaran tentang berbagai mobil balap keren yang ada di dunia, maka di bawah ini Liputan6.com telah melansir dari Otosia.com apa saja mobil balap keren yang bisa ditemui dan sudah dijual di pasaran otomotif, Rabu (2/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mobil Balap Keren yang Pertama

Hennessey Venom F5
Hennessey Venom F5 bertenaga 1.600 Tk.(Carscoops)

1. Hennessey Venom F5

Mungkin mobil balap keren ini bisa dikatakan menjadi salah satu mobil balap tercepat di dunia saat ini. Benar saja, Hennessey Venom F5 bisa mencapai tenaga maksimum sebesar 301 mph. Sumber kecepatan tersebut tidak lain dihasilkan dari mesin 7.4 liter, twin-turbo V8 yang diusung.

Tapi, gelar mobil tercepat di dunia yang ada pada Hennessey masih belum tercatat secara resmi di buku Guinness Book of World Records. Sehingga sampai saat ini mobil tercepat di dunia yang masih terdaftar adalah Koenigsegg Agera RS.

2. Koenigsegg Agera RS

Secara resmi, Koenigsegg Agera RS masih tercatat menjadi mobil balap tercepat di dunia. Padahal dari segi kecepatan, mobil ini hanya mampu mencapai 278 mph, yang sudah pasti terpaut jauh dengan mobil balap Hennessey Venom F5 yang bisa mencapai 301 mph.

3. Hennessey Venom GT

Sedangkan mobil balap keren yang meraih gelar tercepat selanjutnya masih merupakan produk besutan Hennessey. Mobil balap keren ini bisa mencapai kecepatan hingga 270 mph. Sebenarnya, capaian kecepatan mobil balap ini hampir sama dengan kecepatan Koenigsegg Agera RS.


Mobil Balap Keren Selanjutnya

Bugatti Veyron
(Foto:Therichest)

4. Bugatti Veyron

Bugatti seakan juga ingin unjuk gigi di kancah mobil balap keren di dunia. Dengan produk andalannya yaitu Bugatti Veyron Super Sport, produk Bugatti tersebut mampu mencapai kecepatan hingga 268 mph. Asal kecepatan tersebut dari mesin quad-turbocharged W16 yang disematkan pada mobil tersebut.

Sebenarnya kemampuan produk Bugatti dalam mencapai kecepatan tersebut tidak hanya karena adanya mesin quad-turbocharged W16, namun dimaksimalkan dengan adanya desain mobil yang memiliki aerodinamis sangat baik.

5. Bugatti Chiron

Produk dari Bugatti ini menawarkan kecepatan 261 mph serta berbagai fitur mewah dan modern yang mampu memanjakan pengemudi. Semakin terlihat dari bagian interiornya yang didesain sangat cantik dengan paduan teknologi canggih dan memiliki beragam warna menarik. Dari segi fitur juga sudah terdapat digital display dengan resolusi tinggi pada bagian dashboardnya.

6. Rimac Concept Two

Berbeda dari jenis di atas, mobil balap keren ini justru menggunakan bahan bakar yang berasal dari listrik. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.914 hp dengan torsi puncak sebesar 1.696 Nm. Meski dengan tenaga listrik, mobil balap ini bisa mencapai kecepatan 60 mph hanya dalam hitungan waktu 1.85 detik, serta raihan kecepatan maksimal yang bisa mencapai 258 mph.

Mengingat bahan bakar yang digunakan berasal dari listrik, rasanya menjadi sesuatu yang cukup membanggakan. Meski mampu mencapai kecepatan yang disebutkan barusan, mobil ini dengan baterai penuh sekitar 120 kilowatt, mampu menjelajah hingga sejauh 404 mil.


Mobil Balap Keren yang Tidak Kalah Menarik

SSC Ultimate Aero
SSC Ultimate Aero (Zing)

7. SSC Ultimate Aero

SSC merupakan singkatan dari Shelby SuperCars. Dengan mesin 6.3 liter twin-turbocharged V8 dan dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 1.287 Hp, kecepatan maksimal yang bisa diraih yaitu 256 mph.

8. Aston Martin Valkyrie

Untuk menyemarakkan pasar mobil balap keren di dunia, Aston Martin menghadirkan Aston Martin Valkyrie. Yang cukup menarik dari mobil balap keren ini, sebab menggunakan teknologi Formula 1. Dari segi mesin, Aston Martin Valkyrie menggunakan jenis mesin 6.5 liter V12.

Dengan mesin tersebut mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.130 hp dengan kecepatan tertinggi yaitu 250 mph. Bahkan, meski konsumsi bahan bakar yang memang cukup besar, mobil ini digadang-gadang ramah lingkungan. Hal tersebut tidak lepas dari penggunaan teknologi hybrid pada mobil besutan Aston Martin ini.

9. Tesla Roadster

Salah satu produsen mobil listrik yaitu Tesla, turut meluncurkan salah satu produk mobil balapnya yang diberi nama Tesla Roadster. Dari segi desain, mobil balap besutan Tesla ini menggunakan basis Lotus Elise. Tesla Roadster menggunakan mesin yang mampu memuntahkan kecepatan hingga 60 mph hanya dalam waktu 1.9 detik.

Lalu untuk mencapai kecepatan 100 mph, Tesla Roadster hanya butuh 4.2 detik dengan kecepatan maksimalnya mencapai 250 mph. Mobil ini juga cukup hemat, sebab dengan keadaan baterai penuh, mobil ini diklaim mampu diajak berkeliling sejauh 620 mil. 


Mobil Balap Keren yang Cukup Unik

Milan Red Hypercar
Milan Red Hypercar (www.autocar.co.uk)

10. Milan Red

Jangan salah paham dahulu, mobil balap keren ini bukan berasal dari Italia, melainkan dari Austria. Salah satu yang membuat mobil ini unik ada pada desain bodinya yang menyerupai wajah alien. Milan Red mengusung mesin 6.2 liter quad-turbocharged V8 dan bisa mencapai kecepatan 62 mph hanya dalam waktu 2.47 detik. Sedangkan dari sisi top speed, Milan Red mampu mencapai 249 mph. Hal tersebut juga dibantu dengan tenaga sebesar 1.307 hp dengan torsi 1.303 lb-ft yang dihasilkan dari mesin tersebut.

11. Saleen S7

Bisa dibilang jika mobil balap keren ini sangat bersejarah. Mobil ini mulai diproduksi tahun 2000. Saleen S7 Twin Turbo mengusung mesin 7.0 liter V8 dan mampu memuntahkan tenaga sebesar 550 hp. Saleen S7 hanya butuh waktu 3.3 detik untuk mencapai kecepatan 60 mph tentunya dengan kecepatan maksimum mencapai 248 mph.

12. Koenigsegg CCR

Selain Koenigsegg Agera R, pabrikan ini juga memiliki Koenigsegg CCR. Mobil ini sebenarnya pernah menjadi mobil balap tercepat di dunia sebelum hadirnya Bugatti Veyron dan mobil penerusnya. Kecepatan penuh yang bisa dicapai Koenigsegg CCR yaitu 242 mph. Kecepatan tersebut dihasilkan dari mesin 4.7 liter V8 yang didukung bodi dari serat karbon.


Mobil Balap Keren yang Terakhir

Jarang Dipakai, McLaren F1 Ini Dijual Rp 161 Miliar
upercar asal Inggris ini adalah satu-satunya yang diproduksi dengan kelir White Marlboro,

13. McLaren F1

McLaren F1 sendiri merupakan mantan mobil balap tercepat di dunia. Bodi mobil ini menggunakan serat karbon dan didukung dengan mesin 6.1 liter BMW M V12. Mobil balap keren keluaran McLaren ini mampu menghasilkan kecepatan penuh yaitu 241 mph.

14. Pagani Huayra BC

Sedangkan Pagani Huayra BC merupakan salah satu mobil yang cukup dikenal luas dikalangan pecinta kecepatan. Mobil ini mampu meraih top speed 238 mph dengan mesin V12 dengan 6.0 liter twin-turbocharged yang diusungnya. Mesin bahkan mampu memuntahkan 730 tenaga kuda dengan torsi puncak sebesar 738 lb-ft. Dengan tenaga sebesar itu, Pagani Huayra BC bahkan mampu meraih kecepatan 96 mph hanya dalam waktu 3.3 detik saja.

15. Zenvo TS1

Salah satu mobil balap keren yang perlu diperhitungkan yaitu Zenvo TS1. Mobil dibekali mesin 5.8 liter twin-supercharged V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.163 hp dengan torsi puncak sebesar 811 lb-ft. Dengan mesin tersebut, mobil balap keren ini bisa meraih kecepatan 62 mph dalam waktu 2.8 detik saja dengan kecepatan maksimal yang bisa dicapai 233 mph.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya