8 Arti Penting Perdamaian Dunia bagi Kemajuan Sebuah Negara, Dukung Kesejahteraan

Dengan perdamaian, negara dapat mencapai kesejahteraan.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 27 Des 2021, 17:10 WIB
Diterbitkan 27 Des 2021, 17:10 WIB
Perdamaian
Perdamaian (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara mendukung perkembangannya. Perdamaian merupakan ide dari kebebasan, perdamaian, dan kebahagiaan di antara semua orang. Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara mencakup berbagai aspek.

Perdamaian dunia dapat berarti persamaan hak asasi manusia, pendidikan, teknologi, dan kesehatan. Semua bidang ini bisa terkait dengan arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara. Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara tak lepas dari agen-agen perdamaian di seluruh dunia.

Melalui arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara, negara dapat mencapai kesejahteraan dan kemakmurannya. Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara juga bisa mencegah timbulnya perang, perpecahan, dan kehancuran negara.

Berikut arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara, yang berhasil Liputan6.com rangkum dari The Institute for Economics and Peace (IEP), Senin(27/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa itu perdamaian dunia?

Negara Ini Akan Mengalami Ledakan Penduduk di Masa Depan
(Foto: Pixabay) Ilustrasi penduduk.

Perdamaian dunia dapat didefinisikan sebagai keadaan orang-orang dari semua negara di dunia yang bahagia dan hidup rukun satu sama lain. Perdamaian menjadi kebutuhan dasar yang sangat diinginkan dan dicari orang-orang di tengah konflik kekerasan.

Perdamaian dunia menciptakan satu komunitas internasional yang dapat berkonsentrasi pada isu-isu yang lebih besar. Ketika negara-negara bekerja sama, mereka menguntungkan warganya karena mereka dapat dengan bebas berpindah dari satu negara ke negara lain untuk pekerjaan, pendidikan atau pariwisata. Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara dapat mengarah pada peningkatan globalisasi.


Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara

Ilustrasi kata-kata, mutiara bijak, kedamaian
Ilustrasi kata-kata, mutiara bijak, kedamaian. (Photo by Christian Wiediger on Unsplash)

Menurut The Institute for Economics and Peace (IEP) ada delapan pilar spesifik yang mendukung perdamaian positif. Perdamaian positif ini memiliki karakteristik ekonomi, politik dan sosial yang menguntungkan. Delapan pilar ini bisa menjadi arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara. Berikut arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara:

Pemerintah yang berfungsi dengan baik

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara akan mendukung pemerintah yang berfungsi dengan baik. Pemerintah mengendalikan sebagian besar sumber daya negara. Ini memiliki dampak besar pada kesejahteraan individu melalui seberapa baik dan adil pemerintahan dijalankan. Perdamaian berfungsi mendorong stabilitashubungan masyarakat, mendorong optimisme dan memungkinkanorang untuk merencanakan masa depan mereka dengan lebih baik.

Negara yang diperintah dengan buruk akan dapat menciptakan benih-benih ketegangan. Sebaliknya, pemerintah yang baik akan melahirkan kesejahteraan dan kedamaian.

Lingkungan bisnis yang sehat

Lingkugan bisnis yang sehat bisa menjadi output dari perdamaian. Bisnismenyediakan lapangan kerja, yang berperan penting dalam memberikanbasis perpajakan yang layak, penggunaan sumber daya manusia yang produktif,dan memberikan kemampuan bagi individu untuk mengakses modal. Hubungan antara bisnis dan perdamaian sangat kuat. Perdamaian dapat menciptakan lingkungan bisnis yang sehat karena tidak adanya persaingan yang kotor.


Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara

Pengertian Toleransi
Ilustrasi Persatuan Credit: pexels.com/people

Sumber daya yang adil

Keadilan menggambarkan sejauh mana individu dan kelompokdiperlakukan secara adil, terlepas dari karakteristik pribadi merekaseperti posisi sosial mereka, ras, agama atau jenis kelamin. Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara akan mendorong distribusi sumber daya yang adil.

Penerimaan hak orang lain

Perdamaian dunia bisa mendukung penerimaan hak orang lain. Penerimaan hak orang lain adalah kategori yang dirancang untuktermasuk lembaga formal yang menjamin hak-hak dasardan kebebasan serta sosial dan budaya informalnorma-norma yang berhubungan dengan perilaku warga negara. Penerimaan hak orang lain bisa menjadi upaya mengukur tingkat toleransi dan penerimaan yang diberikan kepadaindividu dan kelompok dalam suatu masyarakat.


Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara

Manfaat Toleransi
Ilustrasi Demonstrasi Credit: unsplash.com/Cackier

Hubungan baik dengan tetangga

Hubungan baik dengan tetangga mengacu pada hubunganantara individu, masyarakat dan negara. Perdamaian bisa mendukung hubungan baik dengan negara tetangga. Karena hubungan yang lebih baik dikaitkan dengan yang lebih kuatikatan antar kelompok masyarakat, diharapkannegara-negara yang memiliki hubungan lokal dan regional yang lebih baikakan lebih terintegrasi secara ekonomi, lebih kecil kemungkinannya untuk terlibat dalamkonflik, lebih mungkin untuk mencegah kejahatan, dan lebih mungkinuntuk berusaha mempertahankan hubungan regional yang produktif.

Arus informasi yang bebas

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara selanjutnya adalah mendukung arus informasi yang bebas. Arus informasi sangat penting bagi masyarakat yang terinformasi. Arus informasi yang bebas menangkap bagaimanadengan mudah warga dapat memperoleh akses informasi.


Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara

Ilustrasi toleransi. (UNDP Ukraina/Oleksandr Ratushnyak)
Ilustrasi toleransi. (UNDP Ukraina/Oleksandr Ratushnyak)

Tingkat modal manusia yang tinggi

Modal manusia menggambarkan stok keterampilan suatu negara,pengetahuan dan perilaku. Sedangkan konsep modal manusia sering didefinisikan secara sempit sebagai manfaat ekonomiterkait dengan pendidikan, pendekatan ini mempertimbangkan definisi dalam konteks yang lebih luas untuk tidak hanya mencakup pendidikan tetapi juga kesehatan dan sikap individu yang secara materialdampak kontribusi mereka kepada masyarakat. Perdamaian mendukung perkembangan kemampuan manusia.

Kecenderungan untuk tingkat pendidikan yang lebih tinggi initerkait dengan tingkat perdamaian yang lebih besar juga didukung olehAnalisis IEP yang menemukan negara-negara yang lebih damai cenderungmemiliki hasil pendidikan yang lebih baik, yang diukur denganskor pendidikan dalam Indeks Pembangunan Manusia.

Tingkat korupsi yang rendah

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara juga bisa menurunkan tingkat korupsi. Sebaliknya, korupsi akan merusak perdamaian di sebuah negara. Korupsi juga dapat menghasilkan generasi yang lebih luasketegangan masyarakat, sehingga merusak perdamaian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya