8 Penyebab Keputihan Berlebihan Pada Wanita, Jangan Disepelekan

Penyebab keputihan berlebih pada wanita, mulai dari ketidakseimbangan hormon hingga infeksi jamur.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 01 Sep 2022, 13:25 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2022, 13:25 WIB
Mengobati Kandidiasis Vagina
Ilustrasi Penyakit Kandidiasis Vagina Credit: pexels.com/Olenka

Liputan6.com, Jakarta Penyebab keputihan berlebihan pada wanita bisa karena hal umum seperti ketidak seimbangan hormone saat menstruasi atau karena infeksi jamur. Keputihan merupakan kondisi yang normal dialami oleh setiap wanita secara alami.

Kondisi keputihan ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih atau bening dari vagina. Merupakan hal yang wajar terjadi, keputihan juga bisa menjadi tanda adanya infeksi pada organ kewanitaan. Sehingga penting untuk mengetahui penyebab keputihan berlebihan untuk dapat mengatasinya.

Seringkali menjadi penyebab wanita mengalami kekhawatiran. Semakin cepat mengetahui penyebab keputihan berlebihan, maka semakin cepat pula pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang penyebab keputihan berlebihan dan cara mengatasinya, Kamis (1/9/2022).


Penyebab Keputihan Berlebih

stress
Konflkmu terselesaikan/Copyright pexels.com/Liza Summer

1. Ovulasi

Penyebab keputihan berlebih yang pertama adalah sekitar siklus ovulasi. Setelah telur dilepaskan, debitnya bisa berkurang dan menjadi keruh atau kental. Gejala ovulasi lainnya termasuk peningkatan suhu tubuh basal, nyeri perut satu sisi (mittelschmerz), dan bercak.

Keputihan meningkat di tengah siklus menstruasi anda, sekitar hari ke 14 saat tubuh anda bersiap untuk melepaskan sel telur dari ovarium. Saat ovulasi semakin dekat, keputihan anda mungkin menjadi lebih basah, lebih jernih, dan lebih elastis dari sebelumnya.

 

2. Stres atau Ketidak Seimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon karena stres atau kondisi kesehatan lainnya, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), juga dapat menyebabkan peningkatan keputihan. PCOS mempengaruhi sekitar 10 persen wanita usia reproduksi.

Sementara beberapa wanita mengalami lebih sedikit keputihan, yang lain melaporkan mengalami lebih banyak keputihan. Gejala lain termasuk rambut wajah dan tubuh yang tumbuh berlebihan dan penambahan berat badan hingga menstruasi yang tidak teratur atau ketidaksuburan.

 

3. Vaginitis

Vaginitis mengacu pada peradangan pada vagina, yang dapat terjadi akibat infeksi atau iritasi karena faktor-faktor seperti douche, pelumas, dan pakaian yang tidak pas. Vaginitis dapat menyebabkan keputihan kental yang mungkin berwarna putih, abu-abu, kuning, atau hijau.

Gejala lain dari vaginitis termasuk bau vagina yang tidak sedap, sensasi gatal atau terbakar di area genital, kemerahan atau peradangan pada vagina, rasa sakit atau ketidaknyamanan saat buang air kecil dan nyeri saat berhubungan seksual.

 

4. Vaginosis Bakterial

Vaginosis bakterialis adalah suatu kondisi yang dihasilkan dari pertumbuhan berlebih bakteri di vagina. Infeksi vagina ini paling sering terjadi pada wanita berusia 15 - 44 tahun. Penyebab pasti vaginosis bakterial masih belum jelas. Wanita dapat mengembangkan vaginosis bakteri setelah hubungan seksual. Namun, kondisi ini bukanlah infeksi menular seksual.

Wanita yang memiliki bakterial vaginosis mungkin melihat keputihan berwarna seperti susu atau abu-abu. Beberapa juga melaporkan bau vagina yang kuat dan amis, terutama setelah berhubungan seksual. Vaginosis bakterial juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat buang air kecil dan rasa terbakar atau gatal yang menyakitkan di vagina.

 


Penyebab Keputihan Berlebih

Infeksi Jamur pada Selangkangan dan Cara Mengatasinya
Infeksi Jamur pada Selangkangan dan Cara Mengatasinya

5. Infeksi Jamur

Infeksi jamur vagina hasil dari pertumbuhan berlebih dari jamur Candida. Wanita dari segala usia dapat mengembangkan infeksi jamur vagina, dan hampir 70 persen akan memiliki infeksi jamur di beberapa titik dalam hidup mereka. Gejala yang paling umum dari infeksi jamur vagina adalah rasa gatal yang hebat pada vagina dan vulva.

Infeksi jamur vagina juga dapat menyebabkan keputihan yang tidak berbau yang terlihat mirip dengan keju cottage. Infeksi jamur vagina dapat diobati di rumah menggunakan salep antijamur yang dijual bebas. Gejala akan membaik dalam beberapa hari. Namun, infeksi parah dapat bertahan lebih lama dan mungkin memerlukan perawatan medis.

 

6. Trikomoniasis

Penyebab keputihan berlebih yang selanjutnya adalah Trikomoniasis. Trikomoniasis adalah penyakit seksual menular yang disebabkan oleh parasit. Wanita dapat mengembangkan trikomoniasis setelah berhubungan seks dengan seseorang yang memiliki parasit.

Meskipun kebanyakan orang yang memiliki trikomoniasis tidak mengalami gejala apapun, beberapa mungkin merasakan gatal atau terbakar di area genital. Infeksi trikomoniasis juga dapat menyebabkan keputihan berlebih yang berbau busuk atau amis dan berwarna putih, kuning, atau hijau. Mungkin juga lebih tipis dari biasanya.

 

7. Menyusui

Lochia adalah jenis keputihan yang mungkin Anda alami dalam beberapa minggu setelah melahirkan. Saat anda menyusui, cairan ini bisa bertambah volumenya. Biasanya dimulai sebagai perdarahan merah tua dan kemudian berubah menjadi merah muda berair atau coklat sebelum meruncing menjadi warna kuning krem.

Lochia umumnya berhenti empat hingga enam minggu setelah anda melahirkan. Namun, wanita di tahap selanjutnya dan masih menyusui secara anekdot melaporkan peningkatan debit dengan tekstur yang bervariasi.

 

8. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Penyebab keputihan berlebih yang terakhir adalah karena penggunaan alat kontrasepsi. Alat kontrol kelahiran hormonal dapat memiliki beberapa kelebihan, seperti melindungi dari kehamilan dan membantu mengobati menstruasi yang berat, jerawat, dan kista.

Namun anda juga mungkin akan mengalami efek samping tertentu termasuk peningkatan keputihan yang menyesuaikan dengan perkembangan hormon. Anda juga mungkin juga mengalami sakit kepala, mual, dan perubahan bentuk payudara.


Cara Mengatasi Keputihan Berlebih

7 Macam Bau Vagina dan Artinya Bagi Kesehatan Reproduksi Wanita
Macam bau vagina dan artinya untuk kesehatan reproduksi wanita. (pexels/cliffbooth).

Bahkan jika keputihan berlebih yang anda alami disebabkan oleh hal yang normal dan alami, keputihan bisa menjadi sumber ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas sehari- hari. Anda mungkin dapat meminimalkan dampaknya dengan melakukan beberapa hal:

- Kenakan panty liner saat anda mengalami keputihan berlebih. Panty liner juga dapat melindungi celana dalam dan juga membantu anda merasa lebih kering sepanjang hari.

- Tetap dengan celana dalam katun untuk sirkulasi udara yang maksimal. Kapas juga dapat membantu mencegah infeksi jamur dibandingkan dengan bahan lain, seperti nilon, yang lebih mudah memerangkap panas dan mendorong pertumbuhan ragi.

- Lap dari depan ke belakang saat menggunakan kamar mandi. Ini dapat mengurangi risiko infeksi tertentu.

- Pilih pembersih yang tidak beraroma untuk mengurangi risiko iritasi. Secara umum, yang terbaik adalah menghindari douche, atau menggunakan sabun di dalam vagina. Sebagai gantinya, anda harus membersihkan area luar (vulva) dengan lembut dan membilasnya dengan air untuk menjaga jaringan tetap sehat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya