Adjective Adalah Unsur Grammar dalam Bahasa Inggris, Pahami Jenis dan Tingkatannya

adjective adalah kata sifat, berikut ini penjelasan lengkapnya beserta dengan jenis dan tingkatannya

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 01 Nov 2022, 17:20 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2022, 17:20 WIB
Ilustrasi adjective pada Kamus Bahasa Inggris
Ilustrasi Kamus Bahasa Inggris (Photo by Pisit Heng on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Adjective adalah unsur grammar dalam bahasa Inggris. Di mana jika diartikan secara bahasa, adjective adalah kata sifat. Adjective adalah kata yang digunakan untuk menjelaskan sifat dari sebuah benda. Seperti bulat, hitam, kecil, banyak, panas dan lain sebagainya.

Adjective atau kata sifat ini biasanya digunakan untuk menerangkan sifat yang dimiliki oleh suatu benda. Adjective menjadi unsur grammar yang akan sering kita temui saat belajar bahasa inggris maupun dalam percakapan sehari-hari.

Selain makna dari adjective, penggunaan kata adjective adalah hal juga penting untuk diketahui. Umumnya kata adjective diletakan di depan kata benda (noun) atau setelah kata ‘be’. Penting juga untuk memahami tingkatan dari kata sifat, agar dapat menggunakannya dengan benar dalam kalimat bahasa Inggris.

Untuk lebih memahami materi adjective, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (01/11/2022) tentang pengertian adjective, jenis dan tingkatannya dalam bahasa Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Adjective

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Ilustrasi belajar bahasa Inggris. (Photo Copyright by Freepik)

Adjective adalah kata sifat. Kata sifat menjelaskan atau memodifikasi kata benda dan kata ganti  dalam sebuah kalimat. Biasanya kata sifat ini menunjukkan kualitas, ukuran, bentuk, durasi, perasaan, isi, dan lebih banyak lagi tentang kata benda atau kata ganti.

Kata sifat biasanya memberikan informasi yang relevan tentang kata benda atau kata ganti yang mereka modifikasi atau jelaskan dengan menjawab pertanyaan: Apa jenisnya? Berapa banyak? Berapa harganya? Kata sifat memperkaya tulisan dengan menambahkan presisi dan orisinalitas.

Kata sifat adalah kata-kata yang menjelaskan atau memodifikasi kata-kata lain, membuat tulisan dan ucapan jauh lebih spesifik dan lebih menarik. Kata-kata seperti kecil, biru dan tajam yang bersifat deskriptif adalah contoh kata sifat. Karena adjective digunakan untuk mengidentifikasi atau mengukur, adjective biasanya diposisikan sebelum kata benda atau kata ganti yang mereka modifikasi. 


Tingkatan Perbandingan Adjective

Ilustrasi kamus bahasa Inggris
Ilustrasi kamus bahasa Inggris. (Photo created by rawpixel.com on www.freepik.com)

Tingkatan Perbandingan Adjective

Adjective juga dapat digunakan untuk membandingkan kualitas serupa dari subjek berbeda yang memiliki tindakan yang sama. Ada tiga bentuk adjective atau lebih tepatnya tiga derajat perbandingan. Yaitu:

1. Tingkatan Perbandingan Positive

Bentuk positif atau derajat perbandingan positif adalah bentuk kata sifat yang digunakan dalam bentuk aslinya. Contoh: He is a good boy. Bentuk kata sifat ini digunakan ketika tidak ada subjek lain untuk dibandingkan.

2. Tingkat Perbandingan Comparative

Bentuk komparatif dari kata sifat digunakan ketika dua subjek melakukan tindakan yang sama atau memiliki kualitas yang sama dibandingkan. Contoh: He is better than any other boy.

3. Tingkat Perbandingan Superlative

Tingkat perbandingan superlatif digunakan ketika membandingkan kualitas yang sama dari dua atau lebih subjek dan untuk menyatakan bahwa subjek lebih unggul dari dua atau lebih subjek dalam melakukan suatu tindakan. Contoh: He is the best boy.


Jenis Adjective

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Ilustrasi belajar bahasa Inggris. (Photo Copyright by Freepik)

Adjective atau kata sifat dapat memodifikasi serta menjelaskan kata-kata lain, dan anda akan lebih mudah mengidentifikasi berbagai jenis kata sifat ketika membacanya. Berikut adalah jenis-jenis kata sifat atau adjective dalam Bahasa Inggris.

1. Articles

Hanya ada tiga artikel, dan semuanya adalah kata sifat: a, an, dan the. Karena digunakan untuk membahas hal dan orang yang tidak spesifik, a dan an disebut artikel tak tentu. Sebagai contoh:

- I’d like a

- Let’s go on an

Kata the disebut artikel pasti. Ini adalah satu-satunya artikel yang pasti, dan digunakan untuk menunjukkan orang atau hal yang sangat spesifik:

- Please give me a banana. I’d like the one with the green stem.

- Let’s go on an adventure. The Grand Canyon mule ride sounds perfect!

2. Possessive Adjectives

Seperti namanya, kata sifat posesif digunakan untuk menunjukkan kepemilikan. Diantaranya adalah:

-ku = my

Milikmu = your

Miliknya laki-laki = his

Miliknya perempuan = her

Nya = its

Kita = our

Milik mereka = their

Kata sifat posesif juga berfungsi sebagai kata ganti posesif. berikut beberapa contohnya:

- My car is parked outside.

- His cat is very cute.

- Our job is almost done.

- Her books are interesting.

3. Demonstrative Adjectives

Seperti artikel the, kata sifat demonstratif digunakan untuk menunjukkan atau menunjukkan orang, hewan, atau benda tertentu. Ini (These), itu(those), ini (this) dan itu (that) adalah kata sifat demonstratif.

contohnya adalah:

- These books belong on that

- This movie is my favorite.

- Please put those cookies on the blue plate.

4. Indefinite Adjectives

Kata sifat tak tentu menjelaskan atau memodifikasi kata benda secara tidak spesifik. Mereka memberikan informasi tidak pasti/tidak spesifik tentang kata benda. Kata sifat tak tentu yang umum adalah  few, many, much, most, all, any, each, every, either, nobody, several, some, etc.  

- I gave some candy to her.

- I want a few moments alone.

- Several writers wrote about the recent incidents.

- Each student will have to submit homework tomorrow.

 


Jenis Adjective

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Ilustrasi belajar bahasa Inggris. (Photo Copyright by Freepik)

5. Interrogative Adjectives

Kata sifat interogatif  mengajukan pertanyaan. Kata sifat interogatif harus diikuti oleh kata benda atau kata ganti. Kata sifat interogatifnya adalah: which, what, who. Kata-kata ini tidak akan dianggap sebagai kata sifat jika kata benda tidak mengikuti tepat setelahnya.

- Which phone do you use?

- What game do you want to play?

- Whose car is this?

6. Proper Adjectives

Proper adjectives adalah bentuk adjective dari proper nouns . Ketika kata benda yang tepat memodifikasi atau menjelaskan kata benda/kata ganti lain, mereka menjadi kata sifat yang tepat.

Sebuah kata sifat yang tepat memungkinkan kita untuk meringkas sebuah konsep hanya dalam satu kata. Alih-alih menulis/mengatakan 'makanan yang dimasak dengan resep Cina', Anda dapat menulis/mengatakan 'makanan Cina'.

- American cars are very strong.

- Chinese people are hard workers.

- I love KFC burgers.

- Marxist philosophers despise capitalism.

7. Quantitative Adjectives

Kata sifat kuantitatif  memberikan informasi tentang jumlah kata benda/kata ganti. Tipe ini termasuk dalam kategori pertanyaan 'how much' dan 'how many'.

- I have 20 bucks in my wallet. (How much)

- They have three children. (How many)

- You should have completed the whole task. (How much)

8. Descriptive Adjectives

Kata  sifat deskriptif  adalah kata yang menjelaskan kata benda dan kata ganti. Sebagian besar kata sifat termasuk dalam jenis ini. Kata sifat ini memberikan informasi dan atribut pada kata benda/kata ganti yang mereka modifikasi atau gambarkan. Kata sifat deskriptif juga disebut kata sifat kualitatif.

Participle juga termasuk dalam jenis kata sifat ini ketika mereka memodifikasi kata benda.

- I have a fast car. 

- I am hungry. 

- The hungry cats are crying.

- I saw a flying Eagle.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya