Apa Itu Definisi? Ketahui Pengertian dan Jenis-Jenis Definisi

Apa itu definisi dapat dipahami bahwa definisi adalah bagian definiens dalam kalimat definisi.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 12 Des 2022, 18:55 WIB
Diterbitkan 12 Des 2022, 18:55 WIB
4 Kamus Digital Ini Bantu Kamu Belajar Bahasa Daerah Gratis
Ilustrasi kamus

Liputan6.com, Jakarta Definisi adalah sesuatu yang sering ditanyakan ketika kita menemukan kata atau istilah asing, yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Apa itu definisi, adalah sesuatu yang menjelaskan tentang arti dari suatu kata atau istilah-istilah yang artinya tidak dimengerti.

Apa itu definisi? Menjawab pertanyaan itu sama seperti mendefinisikan definisi. Pengertian definisi merupakan kata serapan yang berasal dari bahasa Inggris, yakni definition. Sementara itu menurut Cambridge Dictionary, definisi adalah pernyataan makna kata atau kelompok kata atau tanda atau simbol.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa apa itu definisi dapat dipahami sebagai arti atau makna dari sesuatu, baik itu kata, frasa, maupun istilah.

Untuk lebih memahami apa itu definisi, berikut penjelasannya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (12/12/2022).


Apa itu definisi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi diartikan sebagai kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Selain itu, dapat dipahami pula bahwa definisi adalah batasan arti dari sesuatu. Definisi adalah rumusan tentang ruang lingkup dan ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan atau studi.

Sementara itu menurut Cambridge Dictionary, definisi adalah pernyataan yang menjelaskan arti dari kata atau frase. Hal serupa juga dijelaskan dalam Merriam-Webster, di mana definisi dipahami sebagai pernyataan yang merupakan makna dari kata, kelompok kata, tanda, atau simbol.

Selain itu, definisi juga dipahami sebagai tindakan dari sebuah proses membuat makna dari kata atau kelompok kata; tindakan atau kekuatan menggambarkan, menjelaskan, atau membuat pasti dan jelas.

Dalam bahasa Indonesia juga dikenal dengan istilah kalimat definisi. Ada dua unsur penting dalam kalimat definisi, yakni definiendum dan definiens. Definiendum adalah unsur dalam kalimat definisi berupa istilah, kata, atau frasa yang didefinisikan atau dijelaskan maknanya. Sedangkan definiens adalah unsur dalam kalimat definisi berupa kata, frasa, atau klausa, yang berfungsi untuk menjelaskan atau menguraikan pengertian definiendum.

Dari penjelasan tersebut, apa itu definisi dapat dipahami bahwa definisi adalah bagian definiens dalam kalimat definisi. Definisi adalah kata, frasa, atau klausa, yang berfungsi untuk menjelaskan atau menguraikan pengertian definiendum, kata atau istilah yang dijelaskan maknanya. Apa itu definisi adalah suatu istilah yang memiliki hubungan sinonim dengan kata pengertian, makna, dan arti.


Jenis-Jenis Definisi

Rajin Membaca Kamus
Ilustrasi Membaca Kamus Credit: unsplash.com/Priscilla

Apa itu definisi juga dapat dibedakan berdasarkan penjelasannya. Adapun jenis-jenis definisi antara lain adalah definisi nominal, definisi formal, definisi operasional, dan definisi paradigmatis, dan definisi luas.

1. Definisi Nominal

Definisi nominal adalah definisi yang menjelaskan sesuatu dalam bentuk sinonim atau makna yang dipakai dalam kamus. Contohnya saja kata laki-laki memiliki sinonim pria.

2. Definisi Formal

Definisi formal adalah definisi yang menjelaskan sesuatu yang khusus, yang dirangkai berdasarkan logika formal dengan unsur kelas, genus, ataupun pembeda. Definisi logis berisi penjelasan tentang kekhususan sesuatu. Misalnya, istilah menulis didefinisikan sebagai bentuk penyampaian pesan dengan menggunakan simbol tulisan seperti huruf.

3. Definisi Operasional

Definisi operasional adalah definisi yang digunakan untuk menjelaskan mengenai langkah-langkah suatu kegiatan atau pekerjaan. Definisi operasional biasanya berkaitan dengan konsep waktu, tempat, pekerjaan, aksi dan seterusnya.

4. Definisi Paradigmatis

Menurut Pamela S. Maykut dan Richard Morehouse dalam Beginning Qualitative Research: A Philosophic and Practical Guide (1994), paradigma adalah seperangkat asumsi yang menyeluruh dan saling berhubungan tentang sifat realitas. Sehingga, kalimat definisi paradigmatis adalah kalimat yang berisi nilai-nilai yang dipandang seseorang dan bertujuan untuk memengaruhi pembacanya. Definisi jenis ini disusun berdasarkan pendapatan nilai-nilai tertentu. Adapun fungsi definisi paradigmatis dapat dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu

a. Pertama, untuk mengembangkan pola berpikir.

b. Kedua, mempengaruhi sikap pembaca atau pendengar.

c. Ketiga, mendukung argumentasi atau pembuktian dan memberikan efek persuasif.

5. Definisi Luas

Definisi luas adalah definisi yang batasan artinya terdiri atas satu paragraf. Definisi luas memiliki penjelasan yang lebih panjang, rumit sehingga memerlukan kalimat yang lebih rinci dan panjang dengan satu gagasan. Definisi Luas memiliki tujuan antara lain sebagai berikut:

a. Menjelaskan konsep yang mudah kabur dalam pengertian banyak orang. Sebagai contoh adalah istilah modern, rasionalisme atau kemerdekaan.

b. Memberikan pengertian yang lebih utuh tentang sebuah konsep.

c. Memberikan makna yang ideal daripada makna yang cuma memperlihatkan fakta-fakta saja.


Ciri-Ciri Definisi

Ilustrasi buku, kamus, kata
Ilustrasi buku, kamus, kata. (Photo by Joshua Hoehne on Unsplash)

Apa itu definisi dapat diketahui dari ciri-ciri yang ada padanya. Adapun ciri-ciri definisi antara lain sebagai berikut:

1. Penggunaan kata adalah, ialah, yaitu, merupakan, yaitu, dan yakni.

2. Kalimatnya berisi penjelasan arti ataupun makna suatu objek.

3. Digunakan dalam karya ilmiah untuk memberikan fakta.

4. Digunakan dalam karya fiksi untuk menguatkan cerita.

5. Maknanya tidak berubah jika kalimat dibalik (objek berada di awal maupun di akhir kalimat).

6. Diakhiri dengan tanda titik.

7. Ciri definisi adalah terdapat definiendum atau unsur kata serta istilah yang didefinisikan.

8. Menguraikan pengertian dari unsur kata, frasa, ataupun kalimat.

9. Ciri definisi biasanya diawali kata ada-lah ataupun kata benda.

10. Ciri definisi juga bisa diawali kata yaitu- dengan kata kerja.

11. Ciri definisi menguraikan pengertian rupa, wujud dengan diawali kata merupakan.

12. Definisi bisa diawali dengan sebuah sinonim serta diawali kata ialah.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya