Apa yang Dimaksud dengan Kata Kunci? Pengertian dan Jenisnya dalam SEO

Apa yang dimaksud dengan kata kunci? berikut ini pengertian kata kunci, jenis kata kunci dalam SEO dan kualitas penerapannya dalam SEO.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 14 Des 2022, 13:30 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 13:30 WIB
Google - Vania
Ilustrasi Google/https://unsplash.com/Nathana Reboucas

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan kata kunci mungkin menjadi pertanyaan yang sering muncul saat pertama kali belajar tentang SEO. Kata kunci sendiri adalah kata atau frasa yang digunakan sebagai kode untuk mendapatkan suatu informasi tertentu di situs web.

Memahami apa yang dimaksud dengan kata kunci, membantu pengguna internet dan pemilik halaman web untuk mencari serta membuat konten yang baik dan ramah SEO. Memilih dan membuat kata kunci yang tepat, membuat informasi yang ingin diberikan jadi lebih mudah dan cepat untuk tersampaikan.

Selain itu kata kunci juga dapat digunakan untuk mencari inti dari informasi yang didapatkan. Memahami apa yang dimaksud dengan kata kunci, dapat membantu anda dalam memahami informasi yang dibaca dengan lebih cepat. Lantas bagaimana cara menggunakan kata kunci yang baik dan benar? 

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (14/12/2022), pengertian kata kunci, jenis, dan kualitas penerapannya dalam SEO. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Yang Dimaksud dengan Kata Kunci?

Google - Vania
Ilustrasi Google/https://unsplash.com/Solen Feyissa

Apa yang dimaksud dengan kata kunci adalah kata atau frasa individual yang membantu mewakili konten situs web. Kata kunci bermanfaat bagi pengguna dan pemilik halaman web karena kata kunci membantu mengatur banyak informasi menjadi kata dan frasa yang dapat dicari dan dikelola.

Pengguna: Saya mencari [kata kunci x].

Situs web: Saya memberikan [kata kunci x].

Contoh kata kunci seperti ini mungkin sederhana, tetapi mewakili hubungan yang ideal antara audiens dan situs web. Ini menunjukkan niat dari kedua belah pihak. Dalam SEO, adalah tugas pembuat untuk memastikan situs web muncul di halaman pertama ketika ada audiens yang mencari [kata kunci x].

Untuk mencapai hal ini, kita membutuhkan lebih dari sekadar memilih kata kunci representatif yang paling tepat. Sebaliknya, kita harus mempertimbangkan maksud di balik istilah pencarian, bagaimana mesin pencari memberi peringkat kata, dan bagaimana kita meningkatkan peringkat SEO kita.

Pemilik situs web menggunakan kata kunci untuk meningkatkan peringkat mereka di mesin pencari seperti Google untuk meningkatkan lalu lintas mereka dan mendorong bisnis tetap bergerak. Anda dapat membuat daftar kata kunci dengan membuat kata kunci primer dan sekunder yang relevan dengan bisnis.


Jenis Kata Kunci Dalam SEO

Google - Vania
Ilustrasi Google/https://unsplash.com/Arkan Perdana

Untuk mesin pencari online, apa yang dimaksud dengan kata kunci adalah titik penghubung antara pengguna dan situs web. Jenis kata kunci yang anda gunakan dapat bervariasi dalam strategi anda untuk terhubung dengan audiens yang lebih besar. Berikut adalah beberapa jenis kata kunci dalam SEO:

1. Kata kunci berekor pendek

Cakupannya luas, ini adalah frasa yang terdiri dari tidak lebih dari tiga kata, yang digunakan untuk menelusuri suatu topik. Ini digunakan untuk menghasilkan daya tarik yang luas, misalnya: "pengacara pengadilan", "truk bekas", "gaun pengantin".

2. Kata kunci berekor panjang

Kata kunci berekor panjang membantu pengguna menentukan apa yang mereka cari dengan frasa kata kunci yang lebih panjang, misalnya: "Pengacara pembela di Connecticut", "Toyota Tacoma 2012 di bawah 100.000 mil", "Gaun pengantin berlengan lepas bertali Eropa".

3. Kata kunci pengindeksan semantik laten (LSI).

Kata kunci ini adalah kata kunci yang relevan dengan keseluruhan topik anda secara konseptual. Jadi, jika "bola basket" adalah kata kunci anda, kata kunci LSI mungkin menyertakan "tembakan melompat", "buzzer", "pelanggaran" atau "papan belakang".

4. Kata kunci penargetan geografis

Kata kunci ini membantu penelusur menemukan konten yang relevan dengan lokasi mereka, dan seringkali kata kunci penargetan geografis dapat disesuaikan dengan kata kunci utama anda, seperti "mobil bekas di dekat saya" atau "mobil bekas di Franklin, KY"

5. Kata kunci produk

Jenis kata kunci ini khusus untuk merek, dan sangat membantu jika Anda sudah membangun merek Anda sampai tingkat tertentu. Misalnya, “Sepatu tenis Nike” dan “pemutih baju bayclean”.


Kualitas Kata Kunci

Kualitas Kata Kunci

Dalam pembuatan kata kunci, terdapat beberapa hal atau kualitas kata kunci yang harus diperhatikan. Jadi ketika melakukan penelitian kata kunci dan khususnya, memutuskan kata kunci mana yang akan digunakan, berikut adalah kualitas yang perlu diperhatikan:

1. Volume Pencarian

Volume pencarian adalah berapa kali kata kunci dicari di Google setiap bulan. Semrush mengukur metrik ini dalam pencarian bulanan rata-rata berdasarkan lokasi. Metrik ini penting karena membantu anda memperkirakan berapa banyak lalu lintas potensial yang dapat anda peroleh dengan memberi peringkat untuk kata kunci tersebut di Google.

Berinvestasi dalam kata kunci dengan banyak volume pencarian berpotensi menarik lebih banyak pengunjung ke situs web anda. Namun, kata kunci dengan banyak pencarian juga cenderung lebih kompetitif untuk diperingkat. Itulah sebabnya situs yang lebih baru harus mencoba mengoptimalkan sekitar kata kunci berekor panjang dengan volume yang relatif rendah bila memungkinkan. 

2. Kompetisi

Tidak peduli berapa banyak pencarian yang didapat kata kunci, penting juga untuk memperhatikan persaingan kata kunci tersebut. Semakin banyak kata kunci yang dicari, semakin besar kemungkinan sudah ada banyak situs web yang bersaing untuk mendapatkan posisi teratas baik dalam hasil organik maupun berbayar.

Sebagian besar alat kata kunci memiliki cara untuk mengukur persaingan kata kunci. Di Semrush, ada dua metrik yang dapat anda gunakan untuk mengukur persaingan di halaman pertama Google:

- Kesulitan Kata Kunci : Metrik ini memberitahu anda tingkat upaya yang diperlukan untuk menentukan peringkat dalam 10 besar hasil organik Google untuk kata kunci. Ini didasarkan pada otoritas situs yang saat ini berperingkat di halaman pertama Google.

- Kepadatan Kompetitif : Metrik ini memberitahu anda seberapa kompetitif untuk menentukan peringkat iklan di bagian atas hasil pencarian. Ini didasarkan pada berapa banyak pengiklan yang menawar kata kunci tertentu.

3. Harga (Biaya Per Klik)

Berbicara tentang periklanan, setiap kata kunci memiliki harga, atau biasa disebut “biaya per klik" (BPK) yang memberi tahu anda berapa biaya pengiklan setiap kali pencari mengklik iklan mereka setelah mencari kata kunci. Saat anda merencanakan kampanye iklan, mengevaluasi BPK kata kunci target anda penting untuk memperkirakan biaya kampanye. 

BPK juga berperan dalam memilih kata kunci SEO. Meskipun lalu lintas SEO "gratis", kata kunci tertentu lebih berharga untuk di peringkat daripada yang lain. Ini adalah faktor penting dalam memilih kata kunci dalam kampanye SEO dan PPC. 

4. Jumlah kata

Jumlah kata mengacu pada jumlah kata yang membentuk satu kata kunci. Misalnya, istilah "pinjaman" memiliki jumlah kata satu, sedangkan "tanaman yang tumbuh di padang pasir" memiliki enam. Saat mencari kata kunci di alat riset kata kunci, volume pencarian dan daya saing kueri seringkali lebih penting daripada jumlah kata yang membentuk kata kunci. 

Namun, jumlah kata masih merupakan cara yang berguna untuk mempersempit penelitian anda. Karena semakin tinggi jumlah kata, semakin spesifik permintaan pencariannya.  Saat kueri penelusuran panjang, persaingan biasanya relatif rendah. Apa yang dimaksud dengan kata kunci sangat penting dipahami bagi Anda yang sedang belajar menulis untuk kebutuhan web atau internet.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya