Reward Adalah Penghargaan untuk Seseorang, Ketahui Tujuan dan Jenisnya

Reward adalah suatu bentuk penghargaan atau imbalan balas jasa yang diberikan kepada seseorang atau kelompok.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 10 Jan 2023, 17:10 WIB
Diterbitkan 10 Jan 2023, 17:10 WIB
Reward Adalah Penghargaan untuk Seseorang, Ketahui Tujuan dan Jenisnya
Ilustrasi Penghargaan, Kejuaraan, Piala. Kredit: Arek Socha (qimono) via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Reward adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti hadiah, ganjaran, penghargaan, ataupun imbalan. Istilah reward ini kerap kali diberikan untuk para siswa, mahasiswa, maupun para pekerja di perusahaan.

Reward adalah suatu bentuk penghargaan atau imbalan balas jasa yang diberikan kepada seseorang atau kelompok karena telah berperilaku baik, melakukan suatu keunggulan atau prestasi, memberikan suatu sumbangsih, atau berhasil melaksanakan tugas yang diberikan sesuai target yang ditetapkan.

Untuk memperoleh reward, biasanya seseorang memberikan kontribusi yang lebih terhadap perusahaan maupun instansi. Reward digunakan untuk menarik dan mempertahankan orang dan memotivasi mereka agar mencapai tujuan pribadi dan tujuan organisasi.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai pengertian reward beserta tujuan dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Reward

Reward Adalah Penghargaan untuk Seseorang, Ketahui Tujuan dan Jenisnya
Ilustrasi wanita bahagia. (Shutterstock/Jasen Wright)

Secara bahasa, kata reward berasal dari bahasa Inggris yang berarti hadiah, ganjaran, penghargaan, ataupun imbalan. Reward adalah suatu bentuk penghargaan atau imbalan balas jasa yang diberikan kepada seseorang atau kelompok karena telah berperilaku baik, melakukan suatu keunggulan atau prestasi, memberikan suatu sumbangsih, atau berhasil melaksanakan tugas yang diberikan sesuai target yang ditetapkan.

Reward adalah rencana insentif untuk memperkuat perilaku yang diinginkan pekerja atau pemberi kerja dan sebagai imbalan atas layanan mereka kepada organisasi. Reward dapat berupa uang dalam bentuk gaji atau non uang dalam bentuk penghargaan untuk beberapa layanan khusus kepada perusahaan atau hanya memberikan karyawan pekerjaan yang disukainya. Tujuan utama organisasi dalam memberikan reward adalah untuk menarik, mempertahankan, dan mempertahankan karyawan yang efisien, berkinerja tinggi, dan termotivasi.

Besar kecilnya reward yang diberikan bergantung kepada banyak hal, terutama ditentukan oleh tingkat pencapaian yang diraih. Selain itu bentuk reward ditentukan pula oleh jenis atau wujud pencapaian yang diraih serta kepada siapa reward tersebut diberikan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian reward adalah ganjaran yang memiliki arti hadiah (sebagai pembalasan jasa), hukuman (balasan). Sistem reward ini biasanya diberikan untuk semua komponen organisasi, termasuk orang-orang, proses, aturan dan prosedur, serta kegiatan pengambilan keputusan, yang terlibat dalam mengalokasikan kompensasi dan tunjangan kepada pegawai sebagai imbalan untuk kontribusi mereka pada organisasi.


Tujuan dan Fungsi dari Reward

Reward Adalah Penghargaan untuk Seseorang, Ketahui Tujuan dan Jenisnya
Ilustrasi medali (pexels.com/RODNAE Productions)

Ada berbagai jenis penghargaan yang dapat diberikan organisasi kepada karyawannya seperti uang, nilai, insentif berbasis kinerja atau pembayaran kinerja, kenaikan, kartu hadiah, pengakuan atau penghargaan, pembagian keuntungan, paket liburan, perlindungan medis, promosi, bonus, dan masih banyak yang lainnya.

Mereka diberikan hadiah maupun ganjaran dengan tujuan untuk menghargai kinerja karyawan dan untuk memotivasi mereka. Hal ini karena pekerja yang termotivasi menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi dan organisasi secara keseluruhan menjadi makmur.

Di sisi lain, jika pekerja tidak termotivasi, mereka dapat menyebabkan kegagalan organisasi dengan mengganggu dan menurunkan motivasi pekerja lain juga. Imbalan atau ganjaran dianggap terpisah dari gaji tetapi mungkin berupa uang dan perlu biaya lebih yang harus dileuarkan bagi perusahaan. Mereka umumnya selaras dengan tujuan organisasi, ketika seorang karyawan membantu organisasi untuk mencapai salah satu tujuan organisasinya, maka dia akan diberi penghargaan.


Jenis-jenis Reward Berdasarkan Tujuan

Reward Adalah Penghargaan untuk Seseorang, Ketahui Tujuan dan Jenisnya
Ilustrasi menghargai.

Sebelum memberikan reward terhadap karyawan, para organisasi perlu mengetahui beberapa kategori dari reward itu sendiri. Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis reward adalah:

1. Intrinsik

Jenis reward ini akan memuaskan karyawan secara internal. Hanya dengan uang saja tidak cukup untuk memotivasi orang dan penting untuk membuat orang menyadari kontribusi mereka terhadap masalah organisasi. Hal tersebut dapat memotivasi karyawan secara internal. Insentif intrinsik dapat berupa pekerjaan yang bermakna kepada karyawan, memberikan otonomi kepada karyawan, memungkinkan karyawan untuk mengambil tanggung jawab dalam bidang keahliannya dan memberikan kesempatan pengembangan kepada karyawan.

2. Ekstrinsik

Jenis reward ekstrinsik adalah penghargaan yang memberikan insentif nyata seperti gaji, kemajuan, pengakuan, waktu istirahat, dll. Penghargaan ekstrinsik yang lebih dicari oleh karyawan karena dapat meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja dalam jangka pendek dan mengatasi masalah langsung.


Contoh Reward

Reward Adalah Penghargaan untuk Seseorang, Ketahui Tujuan dan Jenisnya
Ilustrasi pekerja.

Sebuah perusahaan memberikan berbagai penghargaan kepada karyawannya dalam masa kerja mereka. Contoh penghargaan yang baik adalah promosi, kenaikan kompensasi, penghargaan uang, maupun pengakuan atas pekerjaan yang dilakukan. Karyawan dalam organisasi modern menginginkan penghargaan serta pengakuan atas pekerjaan yang mereka lakukan.

Bekerja dari rumah, pengaturan waktu yang fleksibel dan pilihan untuk memilih pekerjaan dan tanggung jawab juga dilihat sebagai penghargaan akhir-akhir ini dan memotivasi karyawan. Banyak perusahaan saat ini yang mengadakan upacara penghargaan untuk karyawan pada puncak kejayaan dari perusahaan tersebut. Penghargaan ini diberikan atas kontribusi karyawan terhadap organisasi. Penghargaan total terdiri dari penghargaan, tunjangan moneter, dan karyawan diidentifikasi sebagai pemimpin masa depan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya