Racun Siput Bisa Obati Penderita Diabetes, Bahaya Tapi Bermanfaat

Racun mematikannya bisa obati diabetes.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 12 Jan 2023, 10:20 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2023, 10:20 WIB
Siput Kerucut Laut
Racun Siput Bisa Obati Penderita Diabetes (Sumber: Pexels/daniel-torobekov, Jon G. Fuller-VWPics-Alamy Stock Photo)

Liputan6.com, Jakarta Hidangan seafood kerap menyajikan olahan siput yang menggugah selera. Tak heran jika mengolah hidangan eksotis ini perlu ketelitian dalam memilih jenis siput hingga cara memasaknya. Salah-salah mengonsumsi siput tertentu tak menutup kemungkinan bisa keracunan. 

Di balik siput yang beracun, para ilmuwan justru membuat penemuan unik. Racun siput bisa obati penderita diabetes atau pengidap tingginya kadar gula dalam darah. Jika penderita diabetes harus rutin menerima suntikan insulin, insulin ini bisa disediakan dalam racun siput kerucut yang kerap ditemukan di laut. 

Para peneliti di University of Utah di AS telah memetakan fungsi insulin siput kerucut. Mereka selangkah lebih dekat untuk mengembangkan insulin yang bekerja lebih cepat untuk mengobati diabetes. 

"Siput ini telah mengembangkan strategi untuk menyerang dan menaklukkan mangsanya dengan 200 senyawa berbeda, salah satunya adalah insulin," kata Helena Safavi-Hemami, asisten profesor di University of Utah.

Seperti apa kandungan di dalam racun siput kerucut hingga bisa obati penderita diabetes? Berikut Liputan6.com merangkum penemuan unik ini melansir dari Scientific America, Kamis (12/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gantikan Peran Obat Insulin

Insulin untuk diabetes
Ilustrasi Insulin. Foto (Ade Nasihudin/Liputan6.com).

Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur gula darah, terdiri dari dua segmen yang disebut rantai A dan B.

Gugus B membentuk dimer dan heksamer yang memungkinkan pankreas menyimpan hormon untuk digunakan nanti. Segmen ini juga diperlukan untuk mengaktifkan reseptor insulin yang memberi sinyal pada tubuh untuk mengambil gula dari darah.

Insulin harus mengalami beberapa kali konversi menjadi de cluster sebelum dapat menurunkan gula darah. Seseorang dengan diabetes tipe 1 tidak dapat memproduksi insulin dan membutuhkan suntikan setiap hari untuk mengelola gula darahnya. 

Para peneliti memeriksa fungsi tujuh urutan insulin yang ditemukan dalam racun dari tiga spesies siput kerucut geografis (Conus geographus), Conus tulipa dan Conus kinoshitai. Ketiga siput ini punya warna cangkang yang menarik tapi juga punya racun mematikan. 


Beda Siput Kerucut Beda Kadar Insulin

Siput
Racun siput laut conus regius untuk obat penghilang rasa sakit. (Foto: Carribean360)

Para peneliti sedang menyelidiki lebih lanjut keamanan dan stabilitas dari racun siput kerucut laut ini. Pasalnya Safavi dan Hemami menemukan fakta bahwa siput kerucut punya jenis dan kadar insulin yang berbeda untuk manusia. 

“Spesies siput kerucut yang berbeda memiliki koktail racun yang berbeda, kemungkinan besar termasuk jenis insulin unik dan molekul berharga lainnya. Dengan racun yang terbuat dari ribuan zat, siput kerucut memiliki banyak hal untuk ditawarkan jika kita terus mencarinya dengan cermat,” kata Safavi-Hemami. 

Tak disangka, setiap spesies memproduksi insulin dengan struktur yang sedikit berbeda. Terlepas dari perbedaan ini, setiap insulin bekerja cepat karena tidak memiliki bagian lengket rantai B yang ditemukan pada insulin manusia.


Insulin Racun Siput Lebih Kuat dari Insulin Manusia

Apa Guna Insulin Bagi Penyandang Diabetes?
Apa Guna Insulin Bagi Penyandang Diabetes?

Tim menguji bagaimana masing-masing urutan insulin menurunkan gula darah pada ikan zebra dan tikus. Hewan model diobati dengan streptozotocin untuk menginduksi gejala diabetes tipe 1 sebelum hewan diberi insulin sintesis yang berbeda.

Menggunakan garis sel, mereka menemukan urutan insulin siput kerucut mampu mengikat dan mengaktifkan reseptor insulin manusia, meskipun kehilangan bagian dari rantai B yang ditemukan pada insulin manusia. Urutan ini, bagaimanapun, adalah 10 sampai 20 kali lebih kuat daripada insulin manusia.

"Evolusi mungkin menjadi kekuatan pendorong untuk meningkatkan keragaman molekul dari molekul toksin yang digunakan spesies siput kerucut untuk berburu mangsa," kata Danny Hung-Chieh Chou, asisten profesor di University of Utah.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya