10 Jenis Mukena Terbaru dan Harganya, Ibadah Jadi Lebih Nyaman

Jenis-jenis mukena terbaru di Indonesia ada beragam, mulai dari one piece atau terusan, abaya sampai two piece atau potongan.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 17 Jan 2023, 17:10 WIB
Diterbitkan 17 Jan 2023, 17:10 WIB
Jenis Mukena Terbaru dan Harganya, Ibadah Jadi Lebih Nyaman
Mukena Premium dan Ramah Lingkungan dengan Bahan Serat Kayu. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis mukena terbaru di Indonesia ada beragam, hal ini dikarenakan banyaknya tren dalam berbusana. Mukena sendiri adalah busana perlengkapan salat untuk perempuan muslim khas Indonesia.

Dalam Islam tidak ada peraturan secara terperinci mengenai busana dalam beribadah salat untuk perempuan. Yang ada hanyalah rinsip-prinsip umum seperti menutupi aurat dan bersih dari noda atau kotoran. Namun, perempuan muslim Indonesia kemudian membuat mukena terbaru yang disesuaikan dengan cara berbusana Islam.

Secara umum, mukena dibedakan menjadi tiga jenis yakni, one piece atau terusan, abaya dan two piece atau potongan. Seiring dengan perkembangan jaman dan mode berbusana, mukena terbaru pun kini ikut mengalami modifikasi.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai jenis-jenis mukena terbaru dan harganya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jenis-Jenis Mukena Terbaru dan Harganya

Jenis Mukena Terbaru dan Harganya, Ibadah Jadi Lebih Nyaman
Rima Melati, Pengusaha Mukena Rima Bordir asal Bukit Tinggi, Sumatera Barat. Foto: BRI

1. Mukena Terusan

Mukena terbaru yang memiliki jenis terusan ini sangat cocok bagi anda yang ingin serba cepat. Mukena terusan memiliki banyak motif dan menggunakan bahan yang beragam mulai dari katun sampai rayon. Untuk harganya, mukena terbaru ini dibandrol dengan harga kisaran Rp60 ribu sampai Rp80 ribu.

2. Mukena Parasut

Mukena jenis ini sangat laris di pasaran karena praktis bukan hanya saat dipakai namun juga perawatannya. Dengan bahan parasut, mukena terbaru bisa tampil rapi tanpa perlu disetrika. Tapi, ada beberapa kekurangannya soal mukena parasut. Mukena jenis ini memiliki bahan yang tipis bahkan nerawang apabila salah dalam memilih, pastikan saat membeli mukena terbaru dengan bahan parasut adalah melihat ketebalan dari bahannya. Untuk harganya, mukena terbaru ini dibandrol dengan harga kisaran Rp30 ribu sampai Rp80 ribu.

3. Mukena Sutra atau Premium Silk

Mukena terbaru yang lain adalah mukena dengan bahan sutra atau premium silk. Jenis mukena terbaru ini memiliki harga yang mahal karena bahan yang digunakan pun terbilang premium. Selain adem di kulit, bahan sutra ini juga jatuh dan lemas. Bahkan bahan sutra ini juga sangat elegan saat digunakan karena bahannya yang mengkilau. Untuk harganya, mukena terbaru ini dibandrol dengan harga kisaran Rp200 ribu sampai Rp600 ribu.

4. Mukena Ponco

Jenis mukena terbaru yang lainnya adalah model ponco. Muslimah biasanya menyebut model mukena terbaru ini dengan sebutan mukena abaya. Karena bagian lehernya yang berlubang dan tanpa tambahan tutupan kepala. Jadi muslimah yang menggunakan model mukena ini harus mengenakan jilbab sendiri. Jenis mukena terbaru ini terbilang unik, karena anda tak perlu merapikan jilbab lagi dan sangat cocok bagi yang berjilbab. Untuk harganya, mukena terbaru ini dibandrol dengan harga kisaran Rp50 ribu sampai Rp100 ribu.

5. Mukena Rayon

Jenis mukena terbaru yang lainnya adalah mukena rayon. Mukena ini menggunakan bahan semisentisis yang dimodifikasi dari bahan katun namun sedikit lebih tipis dan rapuh. Mukena terbaru jenis ini banyak diminati oleh Muslimah karena bahannya yang ringan, adem dan mudah untuk diatur. Untuk harganya, mukena terbaru ini dibandrol dengan harga kisaran Rp60 ribu sampai Rp100 ribu.


Jenis-Jenis Mukena Terbaru dan Harganya

Jenis Mukena Terbaru dan Harganya, Ibadah Jadi Lebih Nyaman
Cerita Brand Lokal Berbisnis Mukena Kain Bali hingga 2 in 1 yang kini Menjadi Best Seller

6. Mukena Katun

Jenis mukena terbaru yang berikutnya adalah mukena katun. Mukena ini mempunyai bahan yang adem dan halus di kulit. Sehingga membuat ibadah salat menjadi lebih nyaman dan tak merasa kegerahan. Mukena katun memiliki bahan yang ringan, sehingga bahan katun ini banyak digunakan dalam pembuatan mukena. Mukena katun ini memiliki berbagai warna dan motif yang cantik untuk dikenakan. Untuk harganya, mukena terbaru ini dibandrol dengan harga kisaran Rp.70 ribu sampai Rp150 ribu.

7. Mukena Two Pieces

Selain itu, ada juga mukena terbaru yang bisa anda pilih, yakni mukena two pieces atau yang kerap dikenal dengan mukena 2 in 1. Dengan dua cara menggunakannya, mukena two pieces ini menghadirkan solusi bagi para hijabers yang terkadang ingin langsung salat tanpa melepas hijabnya dulu. Untuk harganya, mukena terbaru ini dibandrol dengan harga kisaran Rp90 ribu sampai Rp200 ribu.

8. Mukena Bordir

Jenis mukena terbaru yang selanjutnya adalah mukena bordir. Mukena jenis ini biasanya menggunakan bahan katun dan ada tambahan bordiran bunga atau daun pada pinggiran mukenah maupun bagian kepala dan badan. Mukena terbaru jenis ini tergolong mukena yang memiliki bahan berat, meski begitu mukena jenis ini sangat nyaman untuk dikenakan. Untuk harganya, mukena terbaru ini dibandrol dengan harga kisaran Rp150 ribu sampai Rp250 ribu.

9. Mukena Bali

Jenis mukena satu ini terbuat dari bahan kain Bali yang lemas dan jatuh ketika dipakai. Kain Bali sendiri terkenal dengan bahannya yang adem, ringan, dan halus dikulit. Selain itu, kain Bali juga memiliki ciri khas tersendiri yakni motif bunga dan daun yang terbilang ramai. Harga untuk mukena terbaru Bali ini mulai dari Rp60 ribu hingga Rp100 ribu.

10. Mukena Plisket

Bahan plisket menjadi tren karena kain yang digunakan diplisket atau dilipat rapi dari ujung atas sampai ke ujung bawah. Kini, jenis mukena terbaru sudah ada yang terbuat dari bahan plisket. Jenis mukena plisket ini memiliki warna yang kalem, namun tekstur bahan plisketnya memberikan keunikan dan keindahan tersendiri di mukena yang terurai panjang. Untuk harganya, mukena terbaru ini dibandrol dengan harga kisaran Rp50 ribu sampai Rp200 ribu. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya