Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama? Ini Jawaban dan Bentuk-Bentuknya

Pengertian kerja sama sebagai kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 18 Feb 2023, 12:50 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2023, 12:50 WIB
Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama? Ini Jawaban dan Bentuk-Bentuknya
Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor. (Photo by CoWomen on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Mengapa kita perlu bekerja sama dalam mengerjakan sesuatu adalah lebih mudah dan cepat selesai. Kerja sama dapat dilakukan bukan hanya di lingkungan kerja namun juga bisa di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kerja sama sebagai kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

Alasan mengapa kita perlu bekerja sama merupakan salah satu bentuk interaksi sosial dengan manusia lainnya di dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dari manusia lain.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai alasan mengapa kita perlu bekerja sama dan bentuk-bentuknya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pengertian Kerja Sama

Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama? Ini Jawaban dan Bentuk-Bentuknya
Ilustrasi bekerja, bercanda bersama teman di kantor. (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Secara umum, kerja sama adalah kekuatan dari beberapa orang dalam mencapai satu tujuan yang diinginkan. Kerja sama akan menyatukan kekuatan ide-ide yang akan mengantarkan pada kesuksesan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kerja sama adalah sesuatu yang ditangani oleh beberapa pihak. Kerja sama adalah sebuah sikap mau melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama tanpa melihat latar belakang orang yang diajak bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.

Selain itu, kemampuan kerjasama mampu meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berinteraksi, serta melatih peserta didik beradaptasi dengan lingkungan baru. Kerja sama merupakan salah satu bentuk interaksi sosial.

Kerja sama juga diartikan sebagai kegiatan yang di lakukan secara bersama-sama dari berbagai pihak untuk mencapai tujuan bersama. Secara sederhana, kerja sama berarti bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.


Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama

Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama? Ini Jawaban dan Bentuk-Bentuknya
Ilustrasi bekerja. (Photo by Brooke Cagle on Unsplash)

Seperti yang dijelaskan di atas, alasan mengapa kita perlu bekerja sama dalam mengerjakan sesuatu adalah lebih mudah dan cepat selesai, kerja sama tersebut akan membuat beban tiap orang di dalamnya jadi ringan. 

Selain itu, ada alasan lain mengapa kita perlu bekerja sama dalam mengerjakan sesuatu, yakni:

1. Mendekatkan satu sama lain

Kerja sama membantu mendekatkan satu sama lain. Jika Anda menemukan ada orang yang jarang berinteraksi satu sama lain, dengan kerja sama, komunikasi akan terjalin dan kedekatan akan terbentuk.

2. Meningkatkan produktivitas

Manfaat kerja sama yang bisa sangat dirasakan adalah meningkatnya produktivitas. Saat mulai bekerja sama secara lebih kolaboratif, produktivitas secara keseluruhan kemungkinan akan meningkat. Misalnya, orang akan merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari kelompok yang lebih besar. Mereka akan lebih cenderung memiliki rasa loyalitas dan memiliki kelompok. Mereka akan memberikan upaya yang lebih baik agar tidak mengecewakan kelompok.

3. Membuka saluran baru untuk komunikasi

Manfaat kerja sama juga bisa membuka pintu relasi. Bekerja dengan orang-orang baru membuka relasi yang tertutup. Menemukan cara baru untuk berkomunikasi dan berbagi informasi penting untuk relasi. Itulah sebabnya kerja sama harus digunakan bila memungkinkan untuk membentuk ikatan.

4. Pekerjaan lebih efisien

Bekerja secara mandiri memang memiliki kelebihan. Anda dapat fokus sepenuhnya pada satu proyek tanpa harus mempertimbangkan berapa banyak waktu yang akan hilang jika terganggu, atau bagaimana membuat tim bekerja sama tepat waktu untuk memenuhi tenggat waktu yang singkat.

Namun, untuk banyak jenis proyek, kerja sama akan jauh lebih efisien. Ketika proyek itu rumit dan menuntut, Anda harus bisa mengakui pada diri sendiri bahwa kamu membutuhkan bantuan. Di situlah kolaborasi masuk. Hal ini membantu membagi beban kerja yang berat, menemukan solusi kreatif untuk masalah sulit, dan memahami gambaran besarnya.

5. Melatih simpati

Alasan lain mengapa kita perlu bekerja sama adalah akan melatih simpati. Dengan bekerja sama antar manusia lainnya maka kita akan dilatih untuk meningkatkan rasa peduli dan simpati kita terhadao manusia lainnya.

6. Saling belajar

Satu di antara hal terbaik tentang kerja sama adalah tiap individu akan saling belajar. Hal ini karena saat kerja sama, tiap individu bekerja secara kolaboratif dengan orang-orang yang membawa keahlian dan latar belakang berbeda.

Dari sini, individu akan belajar dari kesalahan, keberhasilan, kegagalan, alur kerja, dan lainnya. Tim yang berkolaborasi tidak hanya memiliki kesempatan untuk saling belajar, mereka juga akan memperoleh pemahaman tentang perspektif tim lain.


Bentuk Kerja Sama

Mengapa Kita Perlu Bekerja Sama? Ini Jawaban dan Bentuk-Bentuknya
Ilustrasi kerjasama, gotong royong (Photo by Randy Fath on Unsplash)

Adapun beberapa bentuk kerja sama yang dibagi menjadi dua yakni berdasarkan kepentingan pelaksanaan dan urgensi. Berikut penjelasannya:

1. Berdasarkan kepentingan pelaksanaan

a. Kerja sama spontan adalah kerjasama serta merta atau tanpa pamrih.

b. Kerja sama langsung adalah hasil dari perintah atasan atau penguasa.

c. Kerja sama kontrak adalah adanya perjanjian.

d. Kerja sama tradisional dapat tercipta karena adanya sebuah adat atau kebiasaan yang telah turun-menurun dalam masyarakat.

2. Berdasarkan kepentingan pelaksanaannya

a. Kerukunan adalah kerja sama yang dilakukan secara sukarela untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tertentu demi mencapai suatu tujuan bersama.

b. Bargaining adalah kerja sama berupa perjanjian pertukaran barang atau jasa antara dua organisasi atau lebih.

c. Kooptasi adalah bentuk kerja sama berupa penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan dan pelaksanaan organisasi guna menghindari konflik.

d. Koalisi adalah kerja sama antara dua organisasi atau lebih yang memiliki tujuan yang sama.

e. Join venture adalah kerja sama terjadi dalam beberapa tim atau perusahaan dalam bidang perdagangan atau penanganan suatu proyek.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya