20 Makanan Khas Sunda Terkenal yang Enak dan Unik, Bikin Ketagihan

Makanan khas Sunda merupakan berbagai sajian makanan yang berasal dari daerah Jawa Barat.

oleh Husnul Abdi diperbarui 20 Feb 2023, 19:52 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2023, 19:20 WIB
Pepes Ikan Kembung
Ilustrasi Pepes Ikan Kembung Credit: Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Sunda merupakan berbagai sajian makanan yang berasal dari daerah Jawa Barat. Biasanya kuliner Jawa Barat ini didominasi dengan rasa manis dan berbahan dasar sayuran. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan beberapa makanan Sunda ini.

Berbagai makanan khas Sunda seperti sayur asem, pepes, empal gepuk, seblak, batagor, dan lain sebagainya cukup mudah ditemukan di berbagai daerah. Tidak hanya manis, kuliner Sunda juga memiliki cita rasa yang beragam dan biki ketagihan.

Makanan khas Sunda yang enak dan unik ini dapat bikin kamu ketagihan. Apalagi, sebagian makanan khas daerah Jawa Barat ini sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Kamu tentunya kerap kali menemukan seblak, batagor, sate maranggi, hingga lotek di berbagai daerah lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/2/2023) tentang makanan khas Sunda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Makanan Khas Sunda

ilustrasi seblak
ilustrasi seblak (sumber: Freepik)

Pepes

Makanan khas sunda pertama yaitu pepes. Pepes sendiri merupakan teknik memasak yang banyak dijumpai di daerah di Indonesia, bukan nama makanan. Pepes biasanya makanan berupa ikan, tahu, jamur, dan bahan-bahan lainnya. Cara memasaknya yaitu dengan dibungkus daun pisang, kemudian dikukus atau dibakar sampai matang. Makanan ini kemudian dibumbui dengan rempah-rempah pilihan yang diolah dengan cara dihaluskan. Pepes paling enak jika dihidangkan bersama nasi hangat dan sayur asem.

Seblak

Seblak merupakan makanan khas Sunda dengan rasa pedas. Bahan utama seblak adalah kerupuk yang direbus dengan bumbu kencur pedas, kemudian ditambahkan berbagai macam topping pilihan, seperti ceker, makaroni, bakso,sosis, ayam, dan lain sebagainya.

Karedok

Karedok adalah makanan khas Sunda yang unik dari segi pengolahan. Karedok disajikan dari sayuran yang mentah dan tidak diolah. Karedok memiliki yang rasa unik karena perpaduan dari kencur dan saus kacang yang menjadi satu. Sayur-sayuran yang digunakan untuk membuat karedok cukup beragam, seperti timun, tauge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil, dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya.

Nasi Timbel

Makanan khas Sunda ini mempunyai cita rasa yang kuat dan unik. Nasi timbel biasanya dibungkus dengan daun pisang. Ditemani dengan aneka lauk untuk menemani nasi timbel yang pulen seperti ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goring, dan japuh. Kemudian dilengkapi dengan lalapan serta sambal untuk menambah nilai tradisional.

Surabi

Surabi adalah makanan khas Sunda berupa olahan adonan tepung beras yang dimasak dengan tungku. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.


Makanan Khas Sunda

Peuyeum Bandung
Peuyeum khas Bandung. (Foto: Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Nasi Tutug Oncom

Makanan khas Sunda ini berupa sajian nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Jadi proses mengaduk dan menumbuk nasi dengan oncom di Sunda dikenal dengan nama tutug oncom. Nasi tutug oncom bisa disajikan bersama lauk pendamping seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur, dana sambal terasi. 

Empal Gentong

Empal gentong atau gulai daging sapi ini dihidangkan bersama lontong atau nasi. Makanan khas daerah Cirebon, Jawa Barat ini biasanya disajikan dengan kucai dan sambal yang dibuat dari abai kering giling. Cita rasa yang ditimbulkan oleh daging sapi sangat spesial, Hal tersebut wajar karena terdapat saripati bumbu empal yang melekat di dalam gentong tersebut. 

Peuyeum

Peuyeum adalah makanan khas Sunda yang sangat terkenal. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan tape yang banyak ditemui di daerah lain, tetapi peuyeum lebih berair dan agak encer. Selain dibuat dengan ketela pohon, ada juga peuyeum yang terbuat dari beras ketan hasil fermentasi seperti kebanyakan peuyeum yang ditemui.

Colenak

Colenak adalah olahan peuyeum bakar yang disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Makanan ini termasuk makanan khas Sunda yang sangat legendaris.

Ongol-Ongol

Kue ongol-ongol dikategorikan sebagai makanan khas Sunda yang unik. Kue ini berbentuk kubus dengan balutan kelapa parut, wajib dicicipi jika berkunjung ke wilayah Jawa Barat bagian utara seperti Indramayu dan Cirebon. Ongol-ongol merupakan kue yang memiliki tekstur kenyal, manis, gurih, dan warnanya cokelat. Bahan dasar pembuatan kue ongol-ongol adalah tepung singkong dan hunkue.


Makanan Khas Sunda

[Bintang] Ilustrasi Makanan Sayur Asem
Menjadi salah satu santapan favorit orang Indonesia, yuk ketahui khasiat sayur asem. (Sumber Foto: resepseharihari.com)

Nasi Liwet

Nasi liwet mempunyai dua versi. Versi pertama berasal dari Solo, sedangkan versi kedua berasal dari Sunda. Perbedaan keduanya adalah, kalau yang di Solo nasi liwetnya dibuat dengan santan dan dihidangkan bersama labu siam yang dimasak dengan santan. Versi Sunda, tidak menggunakan santan dalam proses masaknya.

Rasa gurihnya diperoleh dari hasil penggunaan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia seperti batang serai, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jambal roti, daun kemangi, dan daun salam. Biasanya nasi liwet disantap bersama ikan asin.

Sayur Asem

Makanan khas Sunda ini dinamakan sayur asem karena menggunakan asam jawa untuk memberikan cita rasa asam pada kuahnya. Sayur-sayuran yang digunakan seperti labu siam, jagung, kacang panjang, nangka muda, belimbing sayur, melinjo, dan kacang tanah. Sayur asem makin nikmat jika dinikmati dengan nasi hangat dan lauk pendamping seperti ikan asing serta sambal.

Basreng

Bareng atau bakso goreng adalah makanan khas Sunda yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Makanan ini terbuat dari olahan bakso sapi atau bakso ayam yang diiris tipis, lalu digoreng. Biasanya, basreng ditaburi dengan bumbu pedas.

Lotek

Lotek adalah makanan khas sunda yang memiliki kemiripan dengan gado-gado. Lotek terbuat dari rebusan bayam, wortel, labu siam, dan disiram dengan saus kacang yang terbuat dari kacang tanah, bawang putih, kencur, air asam jawa, gula merah dan garam.

Mi Kocok

Mi kocok termasuk makanan khas Sunda yang unik karena pengolahannya. Terbuat dari mi kuning, tauge, bakso, dan kiki yang disiram dengan kuah kaldu sapi. Biasanya, mi kocok disajikan dengan tambahan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Mi ini dimasak dengan cara mengocok-ngocok mi-nya dalam wadah khusus sembari dicelupkan ke dalam air panas.


Makanan Khas Sunda

Sate Maranggi Khas Cianjur
Sate Maranggi Khas Cianjur (sumber: WIkipedia)

Bakakak Hayam

Makanan khas Sunda ini merupakan masakan yang menggunakan bahan utama berupa ayam yang diberikan bumbu khusus bercita rasa Sunda, dan diolah dengan cara dipanggang. Disajikan berupa satu ekor ayam utuh dan ditemani dengan dua macam pilihan sambal seperti sambal merah dan sambal hijau. Selain sambal, bakakak hayam juga lebih spesial jika dinikmati bersama lalapan sayur. Cocok untuk dinikmati bersama-sama. 

Empal Gepuk Daging

Makanan ini dibuat dari sayatan tipis daging sapi yang dipukul-pukul alias digepuk sampai gepeng. Kemudian dimasak bersama lumuran bumbu bercita rasa manis. Setelah daging gepeng dan dibumbui, kemudian diungkep hingga bumbu meresap. Kalau sudah empuk dan bumbu meresap, empal akan digoreng hingga kering atau bisa juga langsung disantap tanpa harus digoreng lagi. Empal gepuk makin  nikmat dimakan bersama nasi hangat, lalapan, dan sambal terasi. 

Batagor

Batagor atau bakso tahu goreng adalah makanan khas Sunda yang biasanya dimakan dengan saus sambal dan saus kacang. Batagor sangat populer dan mungkin sudah tersebar ke seluruh Indonesia. Kamu akan dengan mudah menemukannya di depan sekolah.

Sate Maranggi

Sate maranggi adalah makanan khas Sunda yak tak kalah populer. Sate ini hanya diberi siraman kecap dan acar tomat serta cabai. Daging pada Sate Maranggi biasanya dimarinasi dengan bawang merah, bawang putih, garam, ketumbar, air asam jawa. Ada juga yang membungkus daging dengan daun pepaya agar teksturnya lebih empuk.

Jojorong

Jojorong merupakan makanan khas Sunda yang bikin ketagihan. Kue Jojorong terbuat dari tepung kanji, tepung beras, dan isiannya gula merah cair. Sepintas kudapan legit ini mirip dengan puding namun lebih lembut dengan tambahan santan diatasnya. Tekstur kue jojorong basah dan lengket. Tekstur ini yang membuat jojorong tidak bisa tahan lama. Jika dibuat pagi, kue jojorong hanya bisa bertahan sampai sore hari pada suhu ruang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya