Cara Membuat Perangkap Nyamuk dengan Botol Bekas, Perhatikan Kebersihan Juga

Cara membuat perangkap nyamuk banyak dicari untuk membantu membasminya.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 13 Mar 2023, 16:55 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2023, 16:55 WIB
Membuat Perangkap Nyamuk yang Mudah,  Murah dan Aman
Nyamuk merupakan serangga yang merugikan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat perangkap nyamuk banyak dicari untuk membantu membasminya. Nyamuk adalah salah satu serangga yang dapat menyebarkan berbagai jenis penyakit yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh nyamuk antara lain malaria, demam berdarah, dan virus Nipah.

Nyamuk betina menggigit manusia untuk memperoleh darah yang diperlukan sebagai sumber protein untuk bertelur. Saat menggigit ini, beberapa jenis nyamuk dapat menularkan penyakit yang merugikan kesehatan manusia. Selain dapat menularkan penyakit, nyamuk juga dapat mengganggu kenyamanan dan kualitas hidup manusia. Gigitan nyamuk dapat menyebabkan gatal, iritasi, dan kadang-kadang reaksi alergi yang serius. Nyamuk juga dapat mengganggu kualitas tidur dan istirahat manusia karena suara gemerincing sayapnya yang cukup mengganggu. Oleh sebab itu banyak uang mencari cara membuat perangkap nyamuk.

Penting untuk membasmi nyamuk agar dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit yang ditularkan oleh nyamuk serta menjaga kenyamanan dan kesehatan. Namun, dalam membasmi nyamuk, harus memperhatikan keseimbangan lingkungan dan tidak mengganggu keberadaan hewan-hewan lain yang juga merupakan bagian dari ekosistem. Berikut cara membuat perangkap nyamuk dengan botol bekas yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (13/3/2023).


Cara Membuat Perangkap Nyamuk

Anopheles
Nyamuk /Source blog.mosquito.buzz

Alat dan Bahan:

- Botol plastik bekas berukuran 2 liter

- Gula merah pasir

- 1 gram ragi

- Air hangat

- Gelas

- Mangkuk berukuran sedang

- Spidol

- Cutter

- Penggaris

- Isolasi

Cara membuat perangkap nyamuk dari botol:

1. Ukur 10cm dari bibir botol kemudian beri tanda 

2. Buat garis melingkar pada botol tepat pada pada titik 10 cm yang sudah ditandai. Kemudian potong botol mengikuti garis lingkaran menggunakan cutter.

3. Masukkan sepertiga cangkir air hangat ke dalam bagian potongan bawah botol.

4. Masukkan seperempat mangkok gula merah ke dalam air pada botol dan biarkan beberapa menit hingga air menjadi dingin.

5. Masukkan 1 gram ragi ke dalam larutan air dan gula merah.

6. Masukkan bagian potongan atas botol secara terbalik ke dalam bagian botol dengan larutan gula merah dan ragi.

7. Apabila air terlalu banyak sehingga tidak ada ruangan bagi nyamuk untuk terbang, kurangkan sedikit airnya.

8. Rekatkan kedua bagian pinggir botol dengan isolasi agar kedua posisi pinggir botol sejajar dan tidak ada celah bagi nyamuk untuk kabur.

9. Letakkan perangkat nyamuk di tempat-tempat yang sering dikunjungi nyamuk.


Cara Membasmi Nyamuk

Nyamuk Culex
Nyamuk /Source mosquito.buzz

Selain cara membuat perangkap nyamuk, ada beberapa cara membasmi nyamuk yang efektif. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membasmi nyamuk.

1. Membersihkan Lingkungan 

Langkah pertama untuk membasmi nyamuk adalah dengan membersihkan lingkungan sekitar. Pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah, karena nyamuk biasanya bertelur di air yang tenang. Selain itu, pastikan semua sampah dan limbah rumah tangga dibuang dengan benar dan tidak menumpuk di dalam atau di luar rumah.

2. Menggunakan Insektisida 

Insektisida dapat digunakan untuk membasmi nyamuk dalam rumah. Gunakan semprotan insektisida atau bahan-bahan alami seperti minyak lavender atau eucalyptus yang diketahui dapat mengusir nyamuk. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan insektisida dengan teliti dan menghindari penggunaan berlebihan yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan hewan peliharaan.

3. Menggunakan Kelambu 

Menggunakan kelambu pada tempat tidur atau area yang sering digunakan untuk beristirahat dapat membantu mencegah nyamuk masuk dan menggigit saat sedang beristirahat. Pastikan untuk memilih kelambu yang berkualitas dan rapat agar nyamuk tidak bisa masuk.

4. Menggunakan Jala Serangga

Jala serangga dapat digunakan untuk menahan nyamuk keluar dari rumah. Pastikan untuk memasang jala serangga pada jendela dan pintu rumah agar nyamuk tidak bisa masuk.


Cara Mengatasi Gigitan Nyamuk

Gambar Ilustrasi Sengatan Nyamuk Demam Berdarah
Bekas gigitan nyamuk Sumber: Freepik

Meski sudah melakukan cara membuat perangkap nyamuk dan upaya pembasmian lainnya, ada kalanya gigitan nyamuk tetap ada di tubuh. Gigitan nyamuk dapat sangat mengganggu dan menyebabkan gatal serta iritasi pada kulit. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi gigitan nyamuk.

1. Kompres Dingin 

Mengompres gigitan nyamuk dengan air dingin dapat membantu mengurangi rasa gatal dan mempercepat pemulihan kulit yang teriritasi. Anda bisa menggunakan kain yang dibasahi dengan air dingin atau es batu yang dibungkus dalam kain untuk mengompres gigitan nyamuk selama beberapa menit.

2. Salep Anti-Gatal 

Salep anti-gatal atau krim kortikosteroid dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit akibat gigitan nyamuk. Anda bisa membeli salep atau krim ini di apotek, dan ikuti petunjuk penggunaannya.

3. Jangan Menggaruk Gigitan 

Cara mengatasi rasa gatal karena gigitan nyamuk dengan menggaruknya sangat tidak dianjurkan. Meskipun menggaruk gigitan nyamuk dapat memberikan rasa lega pada kulit yang gatal. Garukan akan merusak kulit dan dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, menggaruk gigitan juga dapat menyebabkan infeksi bakteri pada kulit dan menyebabkan luka.

4. Menggunakan Minyak Esensial 

Minyak esensial seperti minyak lavender atau minyak tea tree dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit akibat gigitan nyamuk. Oleskan minyak tersebut langsung pada kulit yang tergigit nyamuk dengan kapas atau tangan bersih.

5. Menghindari Gigitan Nyamuk 

Cara terbaik untuk mengatasi gigitan nyamuk adalah dengan menghindarinya. Menghindari gigitan nyamuk bisa dilakukan dengan memasang kelambu pada tempat tidur atau area yang sering digunakan untuk beristirahat, menghindari aktivitas di luar rumah saat nyamuk paling aktif (terutama pada malam hari), dan mengenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh saat berada di luar rumah.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya