Contoh Takdir Mubram adalah Datangnya Hari Kiamat, Simak Contoh Lainnya

Salah satu contoh takdir mubram adalah datangnya hari kiamat.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 04 Mei 2023, 10:45 WIB
Diterbitkan 04 Mei 2023, 10:45 WIB
Ilustrasi hari kiamat
Ilustrasi hari kiamat. (Photo created by liuzishan on www.freepik.com)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu contoh takdir mubram adalah datangnya hari kiamat. Dalam keyakinan umat Islam, hari kiamat adalah keniscayaan, dan pasti akan terjadi. Bahkan umat Islam diwajibkan untuk beriman kepada hari kiamat. Tidak sempurna iman seseorang tanpa mengimani datangnya hari kiamat.

Hari kiamat menjadi salah satu contoh takdir mubram, karena untuk membuat peristiwa itu terwujud kehendak manusia tidak diperlukan. Bahkan mau sekeras apa pun manusia berusaha, tidak akan mengubah atau mencegah datangnya hari kiamat.

Sekilas, dari penjelasan singkat tersebut kita dapat memahami bahwa contoh takdir mubram adalah peristiwa-peristiwa di mana usaha manusia tidak dapat mengubahnya. Bisa dikatakan, bahwa takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah SWT yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya.

Jadi, takdir mubram sudah ditentukan atau diputuskan dan akan terjadi. Takdir mubram tidak dapat diubah lagi, dan umat Islam harus menerimanya dengan ikhlas.

Untuk memahami lebih dalam mengenai takdir mubram, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (4/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa yang dimaksud dengan takdir?

Salah satu contoh takdir mubram adalah datangnya hari kiamat. Selain itu, masih ada banyak peristiwa lainnya yang termasuk dalam takdir mubram. Namun sebelum memahas lebih jauh mengenai apa saja contoh takdir mubram, penting bagi kita untuk memahami apa yang dimaksud takdir.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari takdir adalah ketetapan Tuhan; ketentuan Tuhan; nasib. Takdir juga dapat dipahami sebagai ketetapan dan ketentuan Allah Swt. terhadap manusia dan makhluk lainnya sesuai kadar atau ukurannya masing-masing.

Dengan kata lain, segala peristiwa yang terjadi di alam semesta ini adalah hasil dari ketentuan dan ketetapan ALlah SWT. Jika sudah terjadi ketetapan tersebut tidak bisa diprotes atau ditolak siapa pun.

Bahkan jika manusia telah berusaha semaksimal mungkin, namun jika Allah SWT tidak menghendaki, hasilnya bisa saja tidak sesuai dengan apa yang diupayakan. Meski demikian bukan berarti setiap yang kita upayakan sia-sia. Sebab ada pula takdir yang juga ditentukan oleh apa yang telah diupayakan manusia.


Takdir Mubram dan Takdir Muallaq

Presiden Jokowi Bertakziah ke Persemayaman Almarhum Buya Syafii Maarif
Presiden Joko Widodo melaksanakan Sholat Jenazah almarhum Buya Syafii Maarif di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Jumat (27/5/2022). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Salah satu contoh takdir mubram adalah datangnya kiamat. Takdir sendiri adalah ketetapan dan ketentuan Allah SWT yang berlaku terhadap semua makhluk sesuai kadar atau ukurannya masing-masing.

Meski demikian, bukan berarti bahwa apa yang kita upayakan tidak memiliki arti. Sebab, takdir dapat dibedakan menjadi dua macam, yakni takdir mubram dan takdir muallaq.

Takdir Mubram

Takdir mubram adalah ketentuan mutlak dari Allah Swt. yang pasti berlaku dan manusia tidak diberi peran untuk mewujudkannya. Jadi, takdir mubram sudah ditentukan atau diputuskan dan akan terjadi. Takdir mubram tidak dapat diubah lagi, dan umat Islam harus menerimanya dengan ikhlas.

Dengan kata lain, apa pun yang diupayakan manusia atau makhluk lainnya tidak akan mengubah peristiwa yang terjadi. Karena itulah salah satu contoh takdir mubram adalah datangnya hari kiamat. Sebab, bagaimana pun manusia berusaha kerasa untuk mencegahnya, hari kiamat tetap akan datang dan akan terjadi.

Takdir Muallaq

Takdir muallaq adalah ketentuan Allah SWT atas suatu peristiwa, di mana kontribusi manusia masih dapat memengaruhi hasilnya. Dengan kata lain, takdir muallaq adalah ketentuan Allah SWT, yang dengan ikhtiar manusia, hal itu masih dapat diubah.

Contoh takdir muallaq adalah keberhasilan dalam menggapai cita-citanya. Seseorang yang ingin meraih cita-citanya tentu harus mengupayakan sesuatu dengan bekerja kerasa dan belajar dengan giat. Tanpa upaya maksimal semacam itu, kecil kemungkinan hal itu akan terwujud.

Allah SWT berfirman,

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya:

Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (QS. Ar-Ra'd: 11)


Contoh Takdir Mubram

Ilustrasi penemuan mayat bayi (Istimewa)
Ilustrasi penemuan mayat bayi (Istimewa)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu contoh takdir mubram adalah datangnya hari kiamat. Selain itu masih ada banyak lagi contoh dari takdir mubram. Adapun contoh-contoh dari takdir mubram adalah sebagai berikut:

1. Kematian

Contoh dari takdir mubram adalah kematian. Umur seseorang sudah dituliskan sehingga apa pun itu tidak ada yang bisa mengubahnya. Bagaimana kita akan mati nanti dan apa sebabnya mungkin bisa kita upayakan dengan mengupayakan gaya hidup sehat dan segala macamnya, akan kapan kematian datang adalah murni ketetapan dari Allah SWT dan kita tidak bisa mengubahnya.

2. Kelahiran

Contoh takdir mubram adalah kelahiran. Tidak ada yang tahu kapan seseorang akan dilahirkan. Semua menjadi rahasia Allah SWT dan terjadi sesuai ketetapan-Nya.

3. Jenis Kelamin

Contoh takdoir mubram adalah jenis kelamin. Kita tidak dapat mengubah jenis kelamin. Meski, ada beberapa orang yang berusaha mengubah jenis kelaminnya dengan operasi. Hasilnya tidak akan berbeda, orang-orang itu tidak akan pernah mencapai gender yang mereka inginkan karena ada kemampuan khusus untuk setiap gender yang tidak dapat ditukar.

4. Bencana Alam

Contoh takdir mubram adalah bencana alam. Bencana seperti gunung meletus, gempa bumi, merupakan takdir yang tidak bisa diubah. Kita sebagai umat manusia, hanya dapat terus berikhtiar serta berdoa kepada Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Mengetahui kapan bencana tersebut akan datang.

5. Hari Kiamat

Contoh takdir mubram adalah datangnya hari penghakiman atau kiamat. Allah SWT telah menentukan kapan hari kiamat akan datang. Setiap muslim wajib mengibani datangnya hari kiamat dan tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengubah ketentuan itu.


Contoh Takdir Muallaq

pernikahan
ilustrasi menikah/Photo by wendel moretti from Pexels

Meski ada banyak ketentuan dan ketetapan Allah yang tidak bisa kita ubah meski dengan upaya yang sangat keras. Bukan berarti upaya kita selama hidup tidak berarti apa pun. Kenyataannya, Allah SWt masih memberi kita kesempatan dengan adanya takdir muallaq, yakni takdir yang dapat diubah dengan ikhtiar. Adapun contoh takdir muallaq adalah sebagai berikut:

1. Kesehatan

Kesehatan dapat dicapai dengan menerapkan gaya hidup sehat, dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Selain itu, kesehatan juga dapat dicapai dengan mengelola stres dan istirahat yang cukup.

2. Kepandaian

Kepandaian juga dapat dicapai dengan upaya berupa belajar dengan giat, mengikuti majelis kajian ilmu, dan sebagainya.

3. Kesejahteraan

Kesejahteraan dapat dipahami dengan terpenuhinya segala macam kebutuhan. Banyak orang sering mengaitkan kesejahteraan dengan kekayaan. Hal itu masih dapat diupayakan dengan kerja keras dan mempelajari ilmu-ilmu dan meningkatkan kompetensi yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang.

4. Dikasihi Orang Sekitar

Untuk dapat dikasihi orang sekitar kita, tentu kita perlu mengupayakannya dengan menjadi pribadi yang baik dan penuh kasih pula. Cara untuk menjadi orang dengan pribadi yang baik adalah dengan mempelajari akhlak Rasulullah SAW dan meneladaninya.

5. Memperoleh Pasangan yang Baik

Salah satu cara memperoleh pasangan yang saleh tentu saja dengan berupaya untuk memantaskan diri. Sebelum memngharapkan dapat memiliki pasangan yang saleh, kita terlebih dahulu harus berusaha menjadi orang yang saleh, karena pasangan adalah cerminan diri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya